Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home Nasional Kebangkitan Industri Militer Jepang, Paska Kekalahan Perang Dunia II.

Kebangkitan Industri Militer Jepang, Paska Kekalahan Perang Dunia II.

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 1
TerburukTerbaik 

Oleh Heri Hidayat Makmun

Paska perang dunia II yang menyakitkan bagi bangsa Jepang dengan kehancuran dua kota yang di bom atom oleh tentara sekutu pimpinan Amerika Serikat. Kota Hirosima dan Nagasaki. Kerusakan fatal Infrastruktur, bencana kemanusiaan, ambruknya ekonomi, dan polusi kimia nuklir yang masih tersisa sampai generasi sekarang ini.

Upaya-upaya rahasia dilakukan selama lebih dari tiga dasa warsa paska kekalahan Jepang. Jepang telah menempa kekuatan industri militernya yang potensil jika memang negara itu memutuskan memasuki bidang tersebut.

Secara ekonomi kekuatan Jepang sangat potensial. GNP Jepang telah tumbuh dari di bawah satu persen total GNP global pada tahun 1955 menjadi hanya sekitar 3 persen pada tahun 1970 hingga mencapai 15 persen untuk tahun ini. Angka ini merupakan seperenam hasil ekonomi seluruh dunia. Produksi seluruh industrinya dua kali lipat negara adidaya yang sudah runtuh (Uni Soviet) dan dapat melampaui Amerika Serikat dalam satu dasa warsa.

Jepang bersikeras untuk secara luas mengembangkan sektor-sektor teknologi tinggi yang berkaitan erat dengan kemampuan medan pertempuran pada era pasca perang dingin. Beberapa bidang teknologi yang berkaitan atau akan dikaitkan dengan mesin perang. Teknologi-teknologi ini dalam peranan di sipil telah melahirkan kamera, robot, televisi, mesin potocopy, dan industri sirkuit terpadu kelas dunia. Produk-produk ini telah merajai pasar dunia karena kecanggihan teknologinya.

Berbagai teknologi tersebut seperti sistem sensor elektronik dan pemandu yang sama yang menghasilkan foto 35 mm berkualitas tinggi, pemandu peluru kendali supersonik tanpa menyimpang dari sasarannya. Teknologi bom pintar yang dilengkapi dengan kamera mini Sony dan sejumlah tertentu Jepang yang menghancurkan jembatan Sungai Merah di Hannoi selama perang Vietnam yang selama ini misi tersebut dilakukan secara manual dan mengalami kegagalan oleh para pilot F-4 Phantom. Teknologi tinggi Jepang juga digunakan sebagai inti peluru-peluru kendali Tomhawk Amerika Serikat yang menghujani Baghdan selama Perang Teluk. Sistem sensor dan pemandu yang tepat dan canggih untuk peluru kendali, pesawat terbang dan alat peringatan dini yang semakin penting dan strategis pada masa yang akan datang.

Kemampuan Jepang dalam teknologi senjata dan peralatan militer tidak diimbangai oleh diplomasi politik diluar negeri untuk sekedar mendapat kesempatan membangun kembali kekuatan militer, tekanan Amerika Serikat dan negara-negara NATO atas kebangkitan kekuatan masa lalu Jepang. Walaupun sebagian besar negara-negara berkembang mantan jajahan Jepang sudah ada yang memaafkan.

Dalam memikirkan pilihan pertahanan Jepang pada masa depan, mempertimbangkan kekuatan jangka panjang yang condong dan secara dini menetapkan keputusan apa yang secara sadar benar-benar telah diambil oleh Jepang, merupakan suatu hal yang penting. Jelas dua faktor itu adalah menanjaknya kekuatan ekonomi dan teknologi Jepang. Dengan kekuatan ekonominya Jepang dapat dengan mudah menggalang kekuatan militer modern secara cepat. Nasionalisme Jepang, semangat shogun, kecerdasan, pendidikan, etos kerja, budaya dan tentunya ekonomi semuanya sudah mendukung untuk terjadinya kekuatan militer yang diharapkan, bahkan menjadi superpower pun.

Hanya satu kelemahan Jepang pada masa komtemporer ini, ialah rasa bersalah Jepang sendiri. Selain itu tekanan Amerika Serikat, negera-negara anggota NATO, dan negara-negara berkembang yang pernah dijajah Jepang dari tahun 1940-an sampai 1945 ketika Jepang bertekuk lutut terhadap sekutu.

Untuk memenuhi keperluan keamanan yang sedang tumbuh, sebagai hasrat yang terpendam dan tertekan. Dimana Jepang berenang dekat puncak imperialisme barat abad kesembilanbelas. Birokrasi Jepang sementara waktu hanya membangun industri otonom sebagai swadaya peralatan persenjataan hal yang pokok bagi keamanan nasional Jepang.

Kecendrungan menuju swadaya ini sangat jelas pada tahap awal kontroversi Amerika Serikat - Jepang pada tahun 1989 mengenai pembuatan pesawat tempur FSX generasi berikutnya, sehingga hal ini membuat Amerika Serikat gerah dan pada masa pemerintah Reagen - Bush dengan dukungan kongres, melalui tekanan lobbying yang kuat melawan konsep pengembangan industri militer Jepang yang independen. Akhirnya MITI, Badan Pertahanan Jepang, dan industri pertahanan Jepang, sepenuhnya tunduk dan setuju memproduksi pesawat tempur FSX generasi berikutnya yang skemanya ditentukan oleh Amerika Serikat.

Penolakan laten terhadap pembangunan bersama Amerika Serikat - Jepang muncul baik dari luar maupun dari dalam tim proyek pengembangan senjatanya sendiri. Pembangkangan dan penghambatan terhadap jalannya proyek ini, utamanya para generasi muda Jepang dan tokoh-tokoh nasionalis Jepang yang menyebabkan Proyek FSX terlambat lebih dari dua tahun pengerjaan di Jepang. Penyelesaian kapal terbang tersebut tidak mungkin tercapai hingga menjelang tahun 2000. Dengan biaya yang diperkirakan melampaui 100 juta dolar per unit, atau empat kali biaya pembuatan pesawat tempur F-16 AS.

Tekanan dan gejolak keinginan Jepang untuk bebas dan memproduksi sendiri tanpa dukungan luar negeri membuat Menteri Takeshita Noboru berjuang keras untuk melepaskan ikatan dan perjanjian kontrak kerja ini. Akhirnya dengan perjuangan pahit dan intervensi kuat dari Menteri Takeshita akhirnya Jepang menarik diri dari kerjasama yang merugikan Jepang ini. Akhir dari saat-saat indah hubungan Amerika Serikat - Jepang dalam upaya pertahanan dalam aliansi Amerika Serika akan semakin redup.

Keinginan Jepang menuju pengembangan militer independen telah mengalami kemajuan lebih jauh dalam sektor peluru kendali daripada yang mereka capai dalam sektor pesawat terbang, bahkan sekarang Jepang telah mempunyai banyak produsen peluru kendali domestik. Juga telah mengembangkan Stinger (peluru kendali yang dikendalikan dengan tangan dan terbukti sangat efektif di Afganistan), Sidewinder (pencegat udara ke udara), Harpoon (peluru kendali anti kapal selam) yang telah sipasok ke Amerika Serikat. Demikian juga peluru kendali Tomahawk dan Patriot, yang masih diproduksi di Jepang secara lisensi.

Swadaya Jepang dalam industri militer dipengaruhi dan diinspirasi oleh keberhasilan Jepang dalam pengembangan peluru kendali berupa peluncur roket pendorong H-II baru dan sepenuhnya buatan dalam negeri, yang secara potensial juga berfungsi sebagai ICBM.

Sekitar tahun 2005, sebagai usaha untuk menuju swadaya industri militer Jepang berusaha untuk manambah dan mengembangkan generasi baru peluru kendali (SAM) dari darat ke udara, sebagai usaha pengganti Patriot yang masih rancangan Amerika Serikat.

Muncul lagi masalah baru dalam menentukan siapa yang paling berjasa dalam penentuan design pesawat tempur FSX yang menjadi persengketaan sengit antara Jepang dan AS. Jepang telah banyak mengeluarkan anggaran yang besar atas design pesawat ini, tetapi dilain sisi Amerika memegang peranan atas penentuan design FSX. Demikian juga terjadi hal yang sama pada peluru kendali canggih TMD.

Walaupun usaha-usaha kemandirian industri militer telah mencapai hasil, tatapi sebenarnya bangsa Jepang sendiri terpecah menjadi dua, yaitu yang menyukai usaha nasionalisasi ini dan yang menentang perluasan militer Jepang. Mereka yang menentang berpendapat bahwa kondisi politik internasional pada masa yang akan datang dapat ditangani secara diplomatik dan ekonomi. Tetapi sebenarnya yang paling memberi pengaruh adalah rasa bersalah atas munculnya fasisme Jepang dan ketakuatan munculnya kembali pemerintahan militeristik. Dapat dikatakan semangat shogun sudah luntur untuk generasi baru Jepang, dan digantikan dengan semangat pengembangan teknologi untuk masa depan Jepang modern yang demokratis.


Artikel Terkait Lainnya :


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

Pemutakhiran Terakhir ( Selasa, 07 Agustus 2012 10:43 )  

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Sepuluh Ribu Warga Mesir Turun Kejalan Menyerukan Pengalihan Kekuasaan dari Militer ke Sipil
28/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Puluhan ribu warga Mesir menggelar unjuk rasa pada Jumat di Lapangan Tahrir yang merupakan ikon pusat Kairo, menyerukan "pegang martabat".

Para pengunjuk rasa menyerukan penyerahan kekuasaan dari mili [ ... ]


Massa Islam Indonesia Kutuk Pembantaian Militer Mesir
30/07/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Sejumlah organisasi massa Islam di Indonesia berkumpul dan mengecam pembantaian yang dilakukan oleh militer Mesir terhadap sipil pengunjuk rasa pendukung mantan Presiden Muhamed Moursi. "Kami menge [ ... ]


Afrika
Hugo Chavez : Carlos the Jackal Pahlawan Kaum Kiri
08/11/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Hugo Chavez, Selasa WIB, melukiskan militan kiri Venezuela "Carlos the Jackal" saat diadili akibat serangan mematikan di Prancis pada 1980an, sebagai "pewaris paling layak bagi perjuangan-per [ ... ]


Kuba Mendesak AS Melepaskan Rene Gonzales
18/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Mantan agen mata-mata Kuba, Rene Gonzales, bebas dari penjara Miami, Amerika Serikat pada Jumat (7/10) pagi, setelah menjalani 13 tahun dari 15 tahun masa hukumannya karena dianggap Pemerintah AS, Gon [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Intelejen Harus Proaktif Deteksi Separatis
17/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Institusi intelejen harus proaktif turun hingga "ke bawah" guna mendeteksi tumbuhnya gerakan separatis di tanah air yang memiliki potensi untuk memecah NKRI. Berbagai konflik di tanah air sangat er [ ... ]


Mahfud MD: Bukan Negera Asing Ancam Kelangsungan NKRI, Tapi Korupsi
26/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD mengatakan Negara Indonesia tidak sedang menerima ancaman dari luar negeri, justru ancaman utamanya datang dari dalam berupa korupsi yang dapat mengganggu kela [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Rusia, China dan Negara-Negara Asia Tengah Latihan Militer Bersama
09/04/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Rusia, China dan negara-negara Asia Tengah sedang menggelar latihan militer bersama di bawah organisasi Shanghai SCO yang akan terus dibangun sebagai bagian kerjasama multilateral Rusia, China dan A [ ... ]


Uzbekistan Akan Menolak Pangkalan Militer Asing
09/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Biro Penerangan Senat Uzbekistan kemarin (7/8) mengeluarkan berita bahwa pihaknya akan meratifikasi rancangan undang-undang tentang pelarangan disposisi pangkalan militer asing di Uzbekistan. Sidan [ ... ]


Perkembangan Militer
ASEAN sambut baik kesertaan AS dan Rusia
15/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Wakil tetap Republik Indonesia untuk ASEAN Ngurah Swajaya menyambut kesertaan Amerika Serikat dan Rusia dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-19 ASEAN di Nusa Dua, Bali, pertengahan November mendatang. [ ... ]


Sekretaris Jenderal ASEAN Meminta Perhatian Myanmar dan Banglades atas Kekerasan dan Pembasmian Etnis Rohingya
15/07/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Sekretaris Jenderal ASEAN, Dr Surin Pitsuwan nyatakan keprihatinannya atas kekerasan dan pembasmian etnis yang terjadi terhadap muslim Rohingya di Myanmar, menurut siaran pers dari Berita ASEAN sepert [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Serangan Umum 1 Maret 1949 Memperkuat Diplomasi Indonesia
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Agresi Militer Belanda II telah kembali menancapkan kuku penjajahan dibumi nusantara yang dilancarkan pada bulan Desember 1948. TNI perlu upaya untuk kembali memperkuat dan melakukan perlawanan agar d [ ... ]


Pergolakan Perjuangan Melawan NICA di Kalimantan Barat
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pasca perang dunia II. Konstelasi politik global dunia berubah total. Salah satunya adalah status negara-negara yang sebelum Jepang masuk ke berbagai negara di kawasan Pasi [ ... ]


Ki Hajar Dewantara Tokoh Pendidikan dan Pendiri Organisasi Modern Boedi Utomo
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Ki Hajar Dewantara Lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia berasal dari lingkungan keluarga kraton Yogyakarta. Raden Mas Soewardi Soeryani [ ... ]


Pergerakan Organisasi PNI 1926-1927, Perjuangan Menempuh Kemerdekaan Indonesia
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sesudah PKI dinyatakan sebagai organisasi terlarang oleh Pemerintah akibat pemberontakannya maka pada tahun 1926/1927 dirasakan perlunya suatu wadah baru untuk menyalurkan hasrat dan aspirasi rakyat y [ ... ]


Abdul Halim Perdanakusuma, Pahlawan Nasional dan Tokoh AURI yang Gugur Dalam Tugas
Tim Admin Indonesian Voices

Abdul Halim Perdanakusuma lahir di Sampang, Madura, 18 Nopember 1922. Setelah menamatkan MULO (setingkat sekolah Lanjutan Pertama), atas kemauan orang tua, ia memasuki Sekolah Pamongpraja di Magelan [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Turis China yang Berkunjung ke Indonesia Diperkirakan Melonjak
09/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Peningkatan ekonomi rakyat China telah meningkatkan kebutuhan untuk wisata. Indonesia termasuk tujuan wisata dari wisatawan China tersebut. Menurut data yang diumumkan Biro Statistik Pusat Pulau Bali  [ ... ]


Kota Jakarta Ulang Tahun yang Ke 485
25/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Berdasarkan sumber berita Kerajaan Portugal pada awal abad ke-15 ada permukiman yang bernama "kalapa", ada yang menyebut juga "Sunda Kalapa" yang menjadi bagian penting dari sebuah Bandar penting mas [ ... ]


Kebun Sayur di Kecamatan Cianjur, Jawa Barat
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Perkebunan sayur yang berada di pegunungan di Kabupaten Cianjur. Lokasi yang tinggi, suhu dingin dan lahan yang subur menyebabkan tumbuhan sayaur dapat tumbuh dengan subur di kawasan ini. Selain seb [ ... ]


Melihat Keindahan Gunung Sibayak dan Sinabung dari Brastagi
30/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Wisata alam pegunungan Sumatra Utara di Bratagilah tempatnya. Banyak pegunungan dengan fanorama indah disana. Berastagi merupakan objek wisata di dataran tinggi Karo. Berastagi berjarak sekitar 66  [ ... ]


Sejarah Jalur Kereta Api di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
29/07/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kabupaten Banyumas merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah dengan ibukota di Purwokerto. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes di utara; Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, da [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Rumah Adat Komering, Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan
17/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Suku Komering adalah satu klan dari Suku Lampung yang berasal dari Kepaksian Sekala Brak yang telah lama bermigrasi ke dataran Sumatera Selatan pada sekitar abad ke-7 dan telah menjadi beberapa Kebuay [ ... ]


Jembatan Akar Pohon di Kampung Baduy, Kabupaten Lebak, Banten
28/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Orang Kanekes atau orang Baduy/Badui adalah suatu kelompok masyarakat adat Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Populasi mereka sekitar 5.000 hingga 8.000 orang, dan mereka merupakan salah satu s [ ... ]


Uang Lama 10 Rupiah Cetakan Dai Nippon Jepang
29/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Saat menjajah Indonesia, pemerintah Jepang (Dai Nippon) membuat UU No. 2 tanggal 8 Maret 2602 (tahun Jepang Kooki atau tahun 1942) tentang mata uang. Semua mata uang yang ada digantikan oleh uang ker [ ... ]


Kendi/Kibuk Untuk Prosesi Pernikahan Adat Lampung
27/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kendi dikenal di seluruh dunia dan berkembang di Mesir, China, Jepang, Thailand, dan Indonesia yang tersebar hampir diseluruh nusantara. Salah satunya adalah di masyarakat adat Lampung. Kendi memil [ ... ]


Suku Baduy di Banten
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

 Suku Baduy di Banten yang masih tinggal di pedalaman dan hidup dengan car-cara yang masih tradisional. "Hutan adalah rumah kami". Itu merupakan semoyan mereka untuk bertahan di pedalaman hutan.  [ ... ]


Bubu Perangkap Ikan Masyarakat Jambi
12/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Bubu atau ada juga yang menyebutnya dengan keramba, sebenarnya termasuk perangkat ikan atau udang yang dipasang secara tetap di dalam air untuk jangka waktu tertentu yang memudahkan ikan masuk dan m [ ... ]