Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home Nasional Memperkokoh NKRI RMS Berupaya Lakukan Internasionalisasi Gerakan

RMS Berupaya Lakukan Internasionalisasi Gerakan

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Gerakan dan aksi Republik Maluku Selatan (RMS) semakin lama semakin berani ini terbukti saat. Frans Sinmiasa diduga juga berperan penting dalam rencana pengibaran bendera "benang raja" saat puncak Sail Banda yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Ambon pada 3 Agustus 2010. Sebuah tindakan yang dinilai sangat berani dan menantang di depan Kepala Negara.

Kabid Humas Polda setempat, AKBP Johanis Huwae mengatakan, "Kami masih mengembangkan penyidikan terhadap 20 orang tersebut, termasuk Frans Sinmiasa yang disebut sebagai Mendagri organisasi sempalan tersebut," katanya di Ambon, Kamis seperti yang dikutip dari Antaranews.com.

"Sejumlah nama oknum telah diinventarisir untuk penangkapan, termasuk Simon Saiya yang disebut sebagai ketua pemerintahan transisi RMS menggantikan pimpinan eksekutif Front Kedaulatan Maluku (FKM/RMS) kini buron ke Amerika Serikat," tegas Johanis lagi.

20 pengikut separatis RMS yang ditangkap terdiri di Saparua, Kabupaten Maluku Tengah pada Rabu (11/8) dinihari sekitar pukul 02:00 WIT adalah Samuel Pattipeiluhu, Joseph Louhenapessy, Damianus Lessy, Junus Markus dan Fredy Tutursenaya.

Penangkapan tersebut berhasil disita dari Samuel Pattipeiluhu sebanyak 21 bendera RMS. Sedangkan 15 lainnya ditangkap sejak 28 Juli 2010, termasuk Frans Sinmiasa ( Mendagri RMS), sekaligus bertindak sebagai Wakil Ketua pimpinan RMS.

14 lainnya adalah Piter Lernaya, Vestus Futunembun, Marthin Kesaulya, Markus Anakotta, Jonas Siahaya, Izac Sapulette, Ronald Victor Andris alias Nono, Andrias Maruanaya, Jusuf Sahetapy alias Ongen, Steven Ronland Siahaya, Jacob Sinay alias Benny, Mervin Bremeer, Jonas Entamuin dan Pualus Lowdeyk Kirkoff.

20 oknum tersebut ditangkap karena motivasinya ingin mengembalikan kedaulatan RMS yang diproklamirkan pada 25 April 1995, selanjutnya Alex Manuputty memeloporinya kembali dengan mengibarkan bendera 25 April 2010.

Ketua Presidium ICMI Muda, Iqbal Parewangi di Makassar menyatakan terkait RMS dan OPM terkesan adannya pembiaran terhadap gerakan RMS dan OPM. “Pembiaran serangkaian peristiwa makar yang dilakukan secara berulang-ulang dan berkelanjutan oleh RMS dan OPM tanpa penyikapan secara tegas dan tuntas oleh pemerintah dan TNI/Polri menunjukkan lemahnya penegakan kedaulatan bangsa Indonesia dan NKRI,” ujar Iqbal seperti yang dikutip dari Beritasore.com.

Saat ini gerakan RMS sedang merasa mendapatkan dukungan internasional yang berpusat di Belanda. Di luar mereka memiliki organisasi tingkat internasional yaitu Unrepresented Nations and Peoples Organizations (UNPO) yang bermarkas di Belanda, dimana para pimpinan mereka sering melakukan pertemuan.

Gerakan separatisme RMS juga menempuh upaya alternatif serupa yang mewujud dalam wadah bernama Forum Kedaulatan Maluku (FKM). FKM di Maluku melakukan berbagai upaya intersionalisasi persoalan domestik Indonesia di Maluku di mana lanjut Iqbal, Ketua FKM, Alex Manuputty mengakui bahwa jaringan FKM yang aktif terdiri dari 50 (limapuluh) orang, tersebar di berbagai negara, seperti Australia, Amerika, Belanda, Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya.

Upaya Internasionalisasi Melalui Pengadilan Den Haag

Pengadilan di Den Haag, Selasa 5 Oktober 2010, mengadakan sidang kilat atas gugatan dari pimpinan kelompok Republik Maluku Selatan (RMS) yang berada di pengasingan di Belanda. Menurut media massa Belanda, tuntutannya sangat menggusarkan: meminta pihak berwenang agar menangkap Presiden Yudhoyono atas pelanggaran HAM di Maluku.

Menurut media massa di Belanda, sebenarnya sidang pengadilan atas kasus itu sudah diketahui oleh umum sejak Sabtu pekan lalu. Ketika itu, Presiden RMS di pengasingan, John Wattilete, mengumumkan akan meminta sidang kilat.

Menurut Wattilete, Yudhoyono harus ditahan karena melanggar hak-hak asasi manusia di Maluku. "Saat ini ada 93 orang dipenjara karena mereka berdemonstrasi secara damai bagi Republik Maluku Selatan. Data ini berdasarkan laporan dari Amnesty International dan Human Rights Watch."

Selain menggugat Yudhoyono melalui pengadilan, Wattilete mengungkapkan bahwa RMS juga akan menggelar demonstrasi di Den Haag pada Kamis, 7 Oktober 2010, atau pada hari kedua lawatan Yudhoyono yang dijadwalkan sebelumnya. "Kami ingin agar ada perhatian atas pelanggaran HAM di Indonesia," kata Wattilete yang dikutip harian De Telegraaf.

Wattilete bahkan mengajak simpatisan RMS di Belanda mengambil libur kerja supaya bisa turut datang berdemonstrasi.

RMS dan OPM Bergerak Bersama

Gerakan Republik Maluku Selatan (RMS) dan Organisasi Papua Merdeka (OPM) disinyalir merupakan jaringan multinasional untuk merongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ketua Presidium ICMI Muda, Iqbal Parewangi di Makassar, Minggu [08/07] menuturkan bahwa terdapat indikasi kuat adanya skenario besar yang dilakukan oleh jaringan multinasional di balik gerakan separatis RMS dan OPM, baik itu untuk tujuan disintegrasi bangsa Indonesia secara menyeluruh, mendorong pemisahan diri daerah-daerah tertentu dari kedaulatan NKRI maupun untuk berbagai tujuan lain, termasuk penjajahan ekonomi, sosial dan politik.

Menurut dia, hal ini penting dicermati mengingat Maluku dan Papua merupakan pintu gerbang strategis bagi kepentingan penjajahan dan pengendalian multinasional terhadap Indonesia.

Iqbal membeberkan beberapa indikasi dari gerakan yang diperlihatkan RMS dan OPM tersebut yakni pertama, bersama GAM dan Fretilin, RMS dan OPM memiliki wadah tingkat internasional yaitu Unrepresented Nations and Peoples Organizations (UNPO) yang bermarkas di Belanda, dimana para pimpinan mereka sering melakukan pertemuan.

Wadah koordinasi tingkat internasional tersebut menunjukkan gerakan separatis di Indonesia tidak berdiri secara terpisah. Kedua, lanjut Iqbal, kehadiran Sekretaris I Kedubes Amerika Serikat serta utusan Australia, Inggris dan negara asing lainnya pada Kongres Rakyat Papua yang berlangsung tanggal 29 Mei-4 Juni 2000 dimana kongres tersebut menggugat penyatuan Papua ke dalam NKRI yang dilakukan pemerintah Belanda, Indonesia dan PBB di masa Presiden Soekarno.

Disamping itu pada Juli 2005, Kongres Amerika Serikat juga membuat Rancangan Undang-Undang (RUU) 2601 yang memuat masalah Papua. RUU tersebut kata Iqbal, telah disetujui Kongres AS dengan perbandingan suara 315 versus 78.

Di antara isi RUU itu (section 1115) yaitu adanya kewajiban Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk melaporkan kepada Kongres Amerika Serikat tentang efektivitas otonomi khusus Papua dan keabsahan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) tahun 1969.

Melalui Departemen Luar Negeri Amerika Serikat yang disiarkan dari Washington DC pada tanggal 29 Juli 2005, pemerintah Amerika Serikat memang menyatakan tidak mendukung pemisahan diri Papua dari Indonesia. Namun demikian, persetujuan mayoritas Kongres Amerika Serikat terhadap RUU 2601 itu sendiri menunjukkan sisi lain dari sikap Amerika Serikat terhadap gerakan pelepasan diri Papua dari Indonesia.

Gerakan separatisme RMS juga menempuh upaya alternatif serupa yang mewujud dalam wadah bernama Forum Kedaulatan Maluku (FKM).

FKM di Maluku melakukan berbagai upaya intersionalisasi persoalan domestik Indonesia di Maluku di mana lanjut Iqbal, Ketua FKM, Alex Manuputty mengakui bahwa jaringan FKM yang aktif terdiri dari 50 (limapuluh) orang, tersebar di berbagai negara, seperti Australia, Amerika, Belanda, Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya.

ICMI menilai bahwa pengibaran bendera RMS di hadapan Presiden Republik Indonesia pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2007 di Ambon pada 29 Juni 2007 dan pengibaran bendera Bintang Kejora Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada acara pembukaan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua di Jayapura, Papua, tanggal 3 Juli 2007 rupakan tindakan makar yang bertujuan menjatuhkan kewibawaan pemerintah RI dan merongrong kedaulatan bangsa Indonesia dan NKRI.

“Kami mendesak TNI/Polri untuk mengusut tuntas peristiwa makar 29 Juni 2007 RMS dan peristiwa makar 3 Juli 2007 OPM serta seluruh peristiwa makar yang dilakukan RMS dan OPM dan menindak tegas seluruh pelaku dan pendukungnya termasuk mendesak pemerintah RI agar menolak campur tangan negara asing terhadap upaya menumpas tuntas gerakan separatis RMS dan OPM,” tegas Iqbal.

Dia menganggap bahwa apa yang dilakukan TNI/Polri terkesan melakukan pembiaran terhadap gerakan RMS dan OPM. “Pembiaran serangkaian peristiwa makar yang dilakukan secara berulang-ulang dan berkelanjutan oleh RMS dan OPM tanpa penyikapan secara tegas dan tuntas oleh pemerintah dan TNI/Polri menunjukkan lemahnya penegakan kedaulatan bangsa Indonesia dan NKRI,” ujar Iqbal.

Bila pembiaran ini dilakukan lanjutnya, ia khawatir hal tersebut akan merongrong kewibawaan pemerintah. Pembiaran juga akan memunculkan penilaian negatif bahwa pemerintah bersikap mendua terhadap separatisme dan terorisme.

“Pemerintah dan TNI/Polri menumpas Gerakan Aceh Merdeka (GAM) secara tegas dan tuntas, tetapi terhadap RMS dan OPM tidak tampak adanya upaya sungguh-sungguh untuk menumpasnya,” tegas Iqbal.

Demikian pula terhadap terorisme yang acapkali dituduhkan memiliki keterkaitan dengan aktivis Islam, selalu sigap disikapi dan ditumpas sementara terhadap separatisme RMS dan OPM yang sudah jelas keberadaan, gerakan, jaringan dan tujuannya, dibiarkan berlarut-larut.

Bahkan dia menilai bila upaya gerakan RMS dan OPM ini merupakan bentuk terorisme yang mengancam ketenteraman manusia, separatisme merongrong kedaulatan bangsa. Separatisme merupakan terorisme terhadap kedaulatan suatu bangsa dan negara.

Dia juga menilai bila pembiaran tersebut menimbulkan keretakan diantara pilar-pilar strategis penegak kedaulatan NKRI. Munculnya saling tuding dan silang pendapat secara tajam diantara TNI, Polri dan Badan Intelijen Nasional (BIN), terkait siapa yang harus bertanggungjawab terhadap peristiwa pengibaran bendera RMS di depan Presiden Republik Indonesia di Ambon, merupakan salah satu bentuk keretakan NKRI.

ICMI Muda ini juga meminta kepada pemerintah untuk introspeksi agar tidak membuat kebijakan pembangunan yang dapat memicu ketidakpuasan dan kekecewaan rakyat maupun daerah.

 

Sumber bahan:

1. Antara

2. VIVANews

3. Harian De Telegraaf

4. www.beritasore.com


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

Pemutakhiran Terakhir ( Senin, 17 Oktober 2011 10:47 )  

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
KTT Unit Afrika Ke-19 Tekankan Perdamaian, Keamanan dan Perdagangan di Kawasan
16/07/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

KTT Uni Afrika Ke-19 kemarin (15/7/2012) digelar di Addis Ababa Ethiopia. Kepala negara dari 50 anggota Uni Afika akan berdiskusi tentang perkembangan perdagangan, keamanan dan perdamaian kawasan, s [ ... ]


Media Mesir : AS Sebarkan Dana Untuk Terorisme di Mesir
15/02/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Surat kabar resmi Mesir di dalam berita utama mereka Selasa (14/2) menuduh AS berencana menyebar kekacauan di Mesir, sehingga meningkatkan pertikaian yang dikatakan Washington harus diselesaikan guna  [ ... ]


Afrika
Hugo Chavez : Carlos the Jackal Pahlawan Kaum Kiri
08/11/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Hugo Chavez, Selasa WIB, melukiskan militan kiri Venezuela "Carlos the Jackal" saat diadili akibat serangan mematikan di Prancis pada 1980an, sebagai "pewaris paling layak bagi perjuangan-per [ ... ]


Ramalan Kiamat Suku Maya Membuat Heboh Banyak Orang Didunia
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Ramalan suku Maya yang memprediksi akan terjadi kiamat besar pada tanggal 21 Desember 2012 telah membuat heboh banyak orang di dunia. Isu ini terkait dengan sistem kalender Suku Maya yang berakhir pad [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Pelajaran Bagi Bangsa Kita : Dekade-Dekade Akhir Kehancuran Majapahit
30/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun

Dari zaman ke zaman sering kali kita mendapatkan pelajaran sejarah tentang hancurnya suatu kaum atau bangsa. Baik kehancuran akibat ketamakan bangsa itu sendiri atau ka [ ... ]


RMS Berupaya Lakukan Internasionalisasi Gerakan
17/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Gerakan dan aksi Republik Maluku Selatan (RMS) semakin lama semakin berani ini terbukti saat. Frans Sinmiasa diduga juga berperan penting dalam rencana pengibaran bendera "benang raja" saat puncak  [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Merasa Terancam dengan Negara Tetangga, Jepang Tambah Terus Anggaran Pertahanan
12/12/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut laporan media Jepang, pemerintah Jepang Senin lalu mengumumkan akan menambah anggaran pertahanan tahun 2014 sampai 4,8 triliun Yen, atau sekitar 300 miliar RMB. Jepang telah dua tahun ber [ ... ]


Filipina dan AS Kembali Lakukan Latihan Militer di Mindanau
03/07/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

SituasI Laut China selatan semakin memanas dengan adanya latihan militer laut Filipina dan AS dengan nama sandi " CARAT 2012" kemarin dimulai di Laut Mindanao, Filipina selatan.Latihan militer tahunan [ ... ]


Perkembangan Militer
ASEAN Akan Tolak Intervensi Negara Adidaya
16/11/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Ketegasan sikap Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk tidak membiarkan kawasannya menjadi ajang persaingan negara kuat disuarakan Menlu Marty Natalegawa sehari sebelum para pemimpin ASEAN ber [ ... ]


Presiden RI Sorot Masa Depan Asia Tenggara
04/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta PM Thailand, PM Vietnam, dan PM Laos, menjadi panelis utama dalam sesi pembukaan World Economic Forum on East Asia (WEFEA) di Bangkok (31/05). Dalam paparan [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Serangan Umum 1 Maret 1949 Memperkuat Diplomasi Indonesia
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Agresi Militer Belanda II telah kembali menancapkan kuku penjajahan dibumi nusantara yang dilancarkan pada bulan Desember 1948. TNI perlu upaya untuk kembali memperkuat dan melakukan perlawanan agar d [ ... ]


Agresi Militer Belanda Pertama Tahun 1947 dan 1948
Tim Admin Indonesian Voices

Tentara Sekutu baru datang ke Indonesia untuk menerima penyerahan tentara Jepang pada awal Oktober 1945. Di Sumatera dan Jawa
oleh tentara Inggris dan di Indonesia Timur oleh Australia. Tugas Sekutu ad [ ... ]


Pemberontakan Tentara KNIL yang Masih Setia Pada RI, Tahun 1945 di Sulawesi Selatan
Tim Admin Indonesian Voices

Pergolakan perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan RI di Sulawesi Selatan mempunyai cerita yang heroik juga. Kalau di Jawa banyak dari mantan Haiho dan PETA untuk kemudian menjadi pendukung perju [ ... ]


Taman Siswa Sekolah Bumi Putra Pertama
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sejarah berdirinya SekolahTaman Siswa menjadi catatan penting bagi pendidikan bagi para bumiputra. Keterbatasan akses terhadap pendidikan yang diberikan oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk rakyat  [ ... ]


Perjuangan Melawan NICA dan Sekutu di Kotawaringin, Kalimantan Barat, 1945
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pergolakan di Kotawaringin, Kalimantan Barat, antara para Pejuang RI dengan NICA yang dibantu Sekutu sangat tinggi intensitasnya, boleh dikatakan sangat sengit. Australia yang mendukung penjajah B [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Aktivitas Kapal-Kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa
08/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pelabuhan Sunda Kelapa terletak di kawasan bersejarah di lingkungan Kota Tua Jakarta, Batavia Sunda Kelapa Marina (Batavia Marina) adalah fasilitas Marina terpadu bertaraf Internasional yang pertama d [ ... ]


Kerangka Dinosourus di Musium Geologi Bandung
25/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Museum Geologi terletak di dekat lapangan Gasibu dan Gedung Sate di Bandung. Musium ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1928, sampai sekarang ini  telah mengalami beberapa renovasi dengan dana bantua [ ... ]


Candi Prambanan Warisan Budaya Dunia dengan Arsitektur yang Indah
23/03/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Candi Prambanan adalah mahakarya kebudayaan Hindu dari abad ke-10. Bangunannya yang langsing dan menjulang setinggi 47 meter membuat kecantikan arsitekturnya tak tertandingi. Susunan batu-batu yang  [ ... ]


Sejarah Panjang Gedung Sate di Bandung, Jawa Barat
21/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Gedung Sate di Bandung yang sekarang ini menjadi pusat pemerintahan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memiliki jejak sejarah yang panjang. Dalam sebuah buku Bandoeng en haar Hoogvlakte 1952 karya [ ... ]


Turis China yang Berkunjung ke Indonesia Diperkirakan Melonjak
09/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Peningkatan ekonomi rakyat China telah meningkatkan kebutuhan untuk wisata. Indonesia termasuk tujuan wisata dari wisatawan China tersebut. Menurut data yang diumumkan Biro Statistik Pusat Pulau Bali  [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Berbagai Penemuan Arca Megalitik di Indonesia
04/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Arca megalitik folenesia ditemukan tahun 1963 di Situs Pugung Raharjo, Lampung Timur. Pada bagian pinggang belakang terselip sebuah keris sebagai ciri arca yang menggambarkan salah satu tokoh perwuju [ ... ]


Keunikan Seni dan Budaya Jalan Malioboro, di Jantung Yogyakarta
21/04/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Jalan Malioboro terletak di jantung Daerah Istimwewa Yogyakarta. Jalan tersebut berada antara jalan Jenderal Ahmad Yani dan jalan Abu Bakar Ali. Dijalan ini ada Kantor DPRD Di Yogyakarta.

Jalan Mali [ ... ]


Uang Lama 10 Rupiah Cetakan Dai Nippon Jepang
29/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Saat menjajah Indonesia, pemerintah Jepang (Dai Nippon) membuat UU No. 2 tanggal 8 Maret 2602 (tahun Jepang Kooki atau tahun 1942) tentang mata uang. Semua mata uang yang ada digantikan oleh uang ker [ ... ]


Budaya Batik sebagai Warisan Kemanusiaan Nusantara
23/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Batik tidak sekedar kain bermotif, tetapi sudah menjadi ciri khas budaya nusantara. Dalam literatur internasional, teknik yang biasa di pakai para pengrajin di Yogyakarta ini dikenal sebagai wax-resi [ ... ]


Manusia Purba Homo Erectus di Trinil, Jawa Tengah
02/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Homo Erectus adalah manusia yang hidup sejak 1 juta - 150.000 tahun yang lalu pada Masa Paleolitik dan Masa Mesolitik. Benda budaya yang dihasilkan mencakup Kapak Perimbas, Pahat Gemgam, Proto Kapak G [ ... ]


Cendramata Patung Prajurit Kesultanan Mataram di Malioboro, Yogyakarta
18/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Yogyakarta memang unik, Provinsi yang memiliki keistimewaan sampai sekarang ini masih kuat memagang tradisi Kesultanan Mataram. Salah satunya adalah tentang cendramata-cendramata yang antik di jual di [ ... ]