Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home Sejarah Pergerakan Organisasi PNI 1926-1927, Perjuangan Menempuh Kemerdekaan Indonesia

Pergerakan Organisasi PNI 1926-1927, Perjuangan Menempuh Kemerdekaan Indonesia

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 12
TerburukTerbaik 

Soekarno dan Pejuangan Melalui PNISesudah PKI dinyatakan sebagai organisasi terlarang oleh Pemerintah akibat pemberontakannya maka pada tahun 1926/1927 dirasakan perlunya suatu wadah baru untuk menyalurkan hasrat dan aspirasi rakyat yang tidak mungkin ditampung oleh organisasi-organisasi politik yang telah ada pada waktu itu .Sejalan dengan hal itu politik colonial pemerintah Belanda yang reaksionerdan tumbuhnya  gagasan nasionalisme modern di Indonesia telah member jalan kearahterbentuknya suatu gerakan yang bercorak nasional murni dan bersifat radikal.

Pengambil inisiatif gerakan ini ialah Ir. Soekarno yang pada tahun 1925 mendirikan Algemeene Studie Clup di Bandung. Pada tahun 1926,dua tahun setelah terbitnya karya H.O.S. Tjokoaminoto tentang islam dan Sosialisme, Ir.Soekarno memasukkan unsurkekuatan ideology ketiga yaitu nasionalisme dalam karangannya ”Nasionalisme, Islamisme, dan Maxisme”. Ketiga kekuatan ideologiitu merupakan landasan pergerakan nasional secara garis besarnya dan oleh Ir.Soekarno juga dianggap dapat dipakai sebagai alat pemersatupergerakan rakyat Indonesia. Ketiga kekuatan ideology tersebut kemudian hari terkenal dengan singkatan NaSaKom.

Pada tanggal 4 Juli 1927 atas inisiatif Algemeene Studie Clup diadakanlah rapat pendirian Perserikatan Nasional Indonesia. Rapat pembentukan partai ini dihadiri oleh Ir. Soekarno, dr. Tjipto Mangunkusumo , Soedjadi, Mr.Iskaq Tjokrohadisurjo, Mr.Budiarto dan Mr. Sunario (ketiganya ex Perhimpunan Indonesia). Dalam rapat itu dr.Tjipto menyatakan tidak setuju dengan pembentukan suatu partai partai baru. Ia menyarankan lebih baik maksud ini disalurkan dengan nama baru , sebab PKI baru ditindas.

Walaupun hubungan secara organisasi antara PNI dengan PI tidak ada, tetapi PNI punya hubungan sangat erat dengan PI dinegeri Belanda. Kegelapan didaerah jajahan disoroti oleh gerakan ini yang mulai mengadakan propaganda yang intensif secara lisan dan tulisan. Sasaran pokoknya ialah tercapailah Indonesia Merdeka dan pembebasan para tahanan digul. Caranya ialah dengan memadu semangat kebangsaan menjadi kekuatan nasional dengan memperdalam keinsafan rakyat dengan mengarahkan pergerakan rakyat yang sadar. Untuk memperoleh pergerakan yang sadar, makaperkumpulan perlu mempunyai azas dan tujuan yang terang dan tegas, perlu mempunyai suatu teori nasionalisme yang radikal yang dapat menimbulkan kemauan yang satu, kemauan nasional. Bila kemauan nasional cukup tersebar dan masuk mendalam dihati sanubari rakyat, maka kemauan nasional ini menjadi perbuatan nasional. Ini yang disebut trilogy: nationale  geest  - nationale  wil – national daad.

Berdasarkan atas pengetahuan ini, dalam anggaran dasarnya, PNI menyatakan bahwa tujuan PNI adalah bekerja untuk kemerdekaan Indonesia.Tujuan ini hendak di capai dengan azas “percaya pada diri sendiri”.Artinya memperbaiki keadaan politik ,ekonomi dan social dengan kekuatan dan kebiasaan sendiri, antara lain dengan mendirikan sekolah- sekolah, poliklinik-poliklinik, bank nasional , perkumpulan – perkumpulan koperasi dan lain- lain.Itulah sebabnya PNI tidak mau ikut dalam dewan- dewan yang diadakan oleh pemerintah(sikap non-coopration). Yang dapat menjadi anggota PNI adalah semua orang Indonesia yang sekurang – kurangnya telah berumur 18 tahun . Orang- orang asia lainnya dapat juga menjadi anggota PNI tetapi hanya sebagai anggota luar bias

Tindakan keras yang diambil pemerintah Belanda , berupa penangkapan-penangkapan dan penggeledahan-penggeledahan terhadap pemimpin- pemimpin PI dinegeri Belanda, telah digerakkan oleh  pimpinan PNI pada tahap pertama sebagai propaganda partai,disamping tujuan PNI untuk mencapai kemerdekaan Indonesia dengan kekuatan sendiri. Ditekankan juga bahwa untuk mencapai tujuan itu perlu ada persatuan bangsa . sementara itu propaganda ini juga digunakan untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat.

Cita- cita persatuan yang selalu ditekankan dalam  rapat-rapat umum PNI ternyata dalam waktu yang singkat dapat diwujutkan. Dalam rapat tanggal 17-18 desember 1927 di Bandung ,PNI, Partai Sarekat Islam, Boedi Oetomo, Pasundan, Soematranenbond, Kaum Betawi, Indonesische Studie Clup dan Algemeene Studie Clup sepakat mendirikan suatu federasi yaitu permufakatan perhimpunan- perhimpunan politik kebangsaan Indonesia (PPPKI).

Dalam rapat PNI di Bandung tanggal 24-26 maret disusunlah program azas dan daftar usaha. (Benginsel en werk – program). Program azas dan daftar usaha , suatu anggaran dasar PNI, kemudian disahkan pada Kongres PNI I di Surabaya pada tanggal 27-30 mei 1928 . Program azas ini mengemukakan perubahaan- perubahaan struktur masyarakat Belanda pada abad ke XVI yang menbawa pula kebutuhaan-kebutuhaan ekonomi baru, menyebabkan tumbuhnya imperialism Belanda. Oleh imperialism ini,Indonesia dijadikan tempat mengambil bahan- bahan mentah, pasar untuk hasil industrinyadan tempat penanaman modal. Bagi Indonesia ini berarti drainage kekayaan. Hal ini merusakkan struktur social, ekonomi dan politik Indonesia dan menghalang-halangi usaha memperbaikinya. Syarat utama untuk memperbaiki kembali susunan masyarakat Indonesia ialah Kemerdekaan politik. Kemerdekaan politik berarti “berhentinya pemerintahaan Belanda “. Karena alas an-alasan ekonomi dan social, Belanda tentu tidak akan dengan sukarela pergi dari Indonesia. Karena itu PNI yakin hanya dengan kekuatan sendiri tanpa mengharapkan bantuan dari luar , dengan persatuan Indonesia tanpa membedakan agama dan kelas,kemerdekaan akan dapat dicapai . Imperialisme yang menindas Indonesia pada hakekatnya adalah imperialisme Internasional yang juga menguasai daerah- daerah lain diasia. Oleh karena itu usaha bangsa Indonesia melawan imperialism internasional harus dipersatukan dengan usaha bangsa- bangsa Asia lainnya yang senasib.

Dalam daftar usaha (rencana kerja)dicantumkan usaha –usaha perbaikan di bidang politik , social dan ekonomi . Sesuai dengan rencana , Kongres PNI yang pertama diadakan diSurabaya pada tanggal 27-30 mei 1928 . Tujuan kongres adalah menghahkan anggaran dasar , program azas dan rencana kerja PNI . Selain itu kongres bertujuan untuk memperkenalkan diri lebih jauh kepada masyarakat dan dihadiri oleh wakil- wakil organisasi pergerakan. Kongres telah memilih Ir. Soekarno sebagai ketua Pengurus Besar PNI dan Mr. Sartono sebagai bendahara.

Pengaruh PNI dalam usaha mempersatukan seluruh kekuatan Indonesia dan persatuan Indonesia tidak hanya dalam organisasi-organisasi politik tetapi juga dalam gerakan pemuda. Dalam Kongres Pemuda Indonesia keduadi Jakarta tanggal 26-27 oktober 1928 kelihatan pengaruh tersebut . Dan pada penutupan kongres 28 oktober diucapkan Sumpah Pemuda yang terkenal itu. Dalam tahun 1930 hampir semua perkumpulan pemuda Indonesia mempersatukan diri dalam Indonesia muda.

Pada organisasi- organisasi putri pun kelihatan kecenderungan untuk bersatu ini. Dalam Kongres Wanita Indonesia yang pertama, pada tanggal 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta yang dihadiri oleh sejumlah organisasi wanita yang berpengaruh waktu itu , dapatlah dihasilkan suatu organisasi persatuan wanita yang berbentuk federasi. Namanya ialah Perserikatan Perempuan Indonesia (PPI),dan dalam Kongres kedua tanggal 28-31Desember 1930 namanya dirubah menjadi Perserikatan Perhimpunan Isteri Indonesia (PPPI).

Ada dua macam tindakan yang dilakukan oleh PNI untuk memperkuat diri dan pengaruhnya didalam masyarakat , yaitu:ke dalam, mengadakan usaha- usaha terhadap dan untuk lingkungan sendiri, yaitu mengadakan kursus- kursus , mendirikan sekolah-sekolah , bank- bank dan sebagainya;keluar memperkuatkan public opini terhadap tujuan PNI , antara lain melalui rapat- rapat umum dan menerbitkan surat kabar- surat kabar Banteng Periangan (di Bandung) dan Persatoean Indonesia (di Jakarta). Kegiatan PNI yang dengan cepat dapat menaerik masa itu,sangat mencemaskan pemerintah colonial.Gubernur jendral pada waktu pembukaan siding volksraad tanggal 15 mei 1928 mengharapkan kesadaran rakyat terhadap nasionalisme yang extrim.Dikemukakan juga bahwa sikap non-cooperation (yang dijalankan PNI)bersifat perumusan terhadap pemerintah.Walaupun ada peringatan  halus itu,cabang-cabang PNI tumbuh diseluruh Indonesia.Tujuh cabang pertama ialah dibandung,Jakarta,Yogyakarta,Surabaya,malang,pekalongan dan Palembang.Empat calon cabang ialah Air-itam,(dekat Palembang)Cirebon,garut dan semarang.Disamping itu juga ada beberapa “kring” (anggota pengurus belum lengkap) disurakarta,makasar, (ujung pandang),buol dan banyuwangi.Hingga akhir tahun 1929 kandidat anggota PNI berjumlah kira-kira 10.000 orang diantaranya 6000 orang didaerah periangan.

Pada tanggal 18 -20 mei 1929 diadakanlah konres PNI yang kedua dijakarta.Disamping memilih kembali pengurus PB PNI yang lama juga telah diambil keputusan:

 

  1. Bidang ekonomi/social menyokong perkembangan Bank nasional Indonesia,mendirikan koprasi-koprasi,studiefonds,dan fonds korban,atau partijfonds (untuk anggota-anggota yang kena tindakan pengamanan pemerintah),dan serikat-serikat sekerja,meendirikan sekolah-sekolah dan rumah sakit-rumah sakit.
  2. Bidang politik: mengadakan hubungan dengan perhimpunan Indonesia(PI) dinegri belanda dan menunjuk PI sebagai wakil PPPKI di luar negeri.

Sesuatu yang menarik juga dalam kongres ini ialah disinggungnya masalah trasmigrasi untuk mengatasi kemelaratan rakyat (terutama didaerah yang berpenduduk padat).

Semenjak kongres kedua ini kegiatan PNI makin meningkat,terutama untuk usaha konsolidasi kekuatan.Kepada anggota-anggota diadakan kursus-kursus yang terbagi atas dua:

  1. Kursus pimpinan,biasa diikuti oleh 10-12 orang.Hanya diadakan dibandung,dan guru-gurunya adalah Ir.soekarno.Mr.Isqak tjokrohadisoerjo,Mr.Ali Sastroamidjojo dan Manadi.
  2. Kursus biasa didaerah-daerah yang diadakan oleh cursus commissie”dimana pelajaran diberikan secara sederhana dan mudah dimengerti.Semua pengikut kursus ini  kemudian diuji dan bila lulus barulah mereka diterima menjadi anggota.

Disamping itu diadakan klub-klub diskusi yang melatih anggota-anggota memecahkan persoalan-persoalan dan meningkatkan kemampuan pengetahuan anggota.Jelas bahwa cara-cara yang dilakukan PNI ini telah memperkuat posisi dan pengaruh PNI dikalangan masyarakat.Sukses yang dicapai ini dalam waktu yang singkat berkat filsafat PNI yaitu marhaenisme.Kemudian marhaenisme ditafsirkan sebagai marxisme yang diterapkan sesuai dengan kondisi-kondisi dan situasi Indonesia.

Propaganda PNI boleh dianggap menimbulkan suatu zaman baru dalam pikiran dan perasaan orang Indonesia.Propaganda itu sudah dirancang oleh perhimpunan Indonesia dan kemudian PNI oleh yang melaksanakanya.Ir soekarno  (ketua PNI) usahanya selalu dibantu oleh orang-orang ex-anggota perhimpunan anggota perhimpunan Indonesia,tetapi ia menyangkal bahwa pemimpin PNI mendapat didikan dalam perhimpunan Indonesia,sehingga perhimpunan Indonesia mempunyai pengaruh besar dalam PNI.

Bila dibandingkan dengan jumlah anggota sarekat islam,anggota PNI sampai bulan desember 1929 hanya lebih kuraang 10.000 orqng.tetapi pengaruh Ir soekarno sebagai pemimpin PNI dan pemimpin Indonesia telah meluas dan meresap diseluruh Indonesia dan didalam seluruh lapisan masyarakat.

Kemajuan-kemajuan yang diperoleh PNI dalam usahanya membawa rakyat untuk memperoleh kemerdekaan telah menguatirkan orang-orsng reaksioner belanda diindonesia,yang kemudian membentuk suatu organisasi bernama vaderlandsche club tahun 1929 , yang mendesak pemerintah agar segera mengambil tindakan tegas terhadap PNI. Begitupun surat kabar –surat kabar Belanda mengadakan kampanye yang aktif melawan PNI.

Sebenarnya Pemerintah Kolonial Belanda memang sudah mulai kuatir dan curiga terhadap kemajuan- kemajuan yang dicapai oleh PNI. Pemerintah dengan terusterang pada tanggal 9 juli 1929 telah menyatakan kecurigaan terhadap PNI. Selanjutnya pada tanggal 6 Agustus 1929 mengeluarkan ancaman-ancaman terhadap PNI .Walaupun ada ancaman dan propokasi, PNI tetap jalan terus mengadakan kegiatan – kegiatan partai.

Dalam rapat umum tanggal 15 september 1929 di Bandung, Bung Karno mengatakan bahwa walaupun ada usaha –usaha untuk menghalangi pertumbuhan PNI denganberbagai cara, PNI malah berkembang menjadi subur. Juga diramalkan oleh Bung Karno bahwa perang pasifik akan pecah dan kalau orang Indonesia tidak bersiap- siap menghadapinya kemungkinan itu, bangsa Indonesia akan menjadi korban. Sebaliknya apabila dilakukan persiapan-persiapan tidak perlu merasa kawatir.

Kecemasan Pemerintah Kolonial Belanda bertambah sesudah Pemerintah mendapat laporan bahwa dikalangan tentara dan polisi terdapat pula pengaruh propaganda PNI .Karena itu tindakan yang lebih keras diambil, antara lain gubernur jawa barat melarang polisi menjadi anggota PNI pada akhir bulan OKTOBER 1929. Begitu pun panglima tentara Kolonial Belanda mengeluarkan larangan serupa kepada semua anggota militer dan pegawai negri yang berada dibawah wewenangan departemen van oorlog.Bahkan tentara juga dilarang membaca surat kabar yang bernada perjuangan kemerdekaan.

Kemudian tersebarlah desas-desus dikalangan rakyat bahwa PNI akan mengadakan pemberontakan pada tahun 1930.karena desakan kaum reaksioner belanda disamping pemerintah belanda sendiri bertambah kawatir,sesudah melakukaan persiapan-persiapan yang luas dan teratur  kemudian pemerintah melakukan penangkapan-penangkapan dan penggeledahan-penggeledahan dimana-mana.

Pada tanggal 29 desember 1929 Ir.soekarno cs ditangkap oleh polisi diyogyakarta dan selanjutnya dibawa dibandung.Disamping itu Jakarta dilakukan 50 penggeledahan dan penangkapan,dibandung 41,Cirebon 24,dipekalongan 42,di suka bumi dan cianjur 31,Surakarta 11,dimedan 25,diujung pandag 18,padang 2,semarang 30,dan dibanyak tempat lainya diindonesia yang jumlah semuanya lebih dari 400 penangkapan.Seluruh kaum pergerakan mengajukan protes,demikian juga himpunan Indonesia,serta partai buruh dan partai komunis dinegri belanda.

Empat orang tokoh PNI,yaitu:IR.soekarno (ketua PNI)R gatot mangkoepraja (sekertaris II PB .PNI),Markoe soemadiredja (sekertaris II Pengurus PNI cabang bandung)diajukan kedepan pengadilan dibandung pada tanggal 18 agustus 1930 sampai dengan 29 september 1930.ir.soekarno dalam pidato pembelaanya,yang terkenal dengan nama “Indonesia menggugat”,menandaskan:”ini telah menjadi jelas bahwa pergerakan nasional diindonesia bukan lah bikinan kaum intelektual dan komunis saja,tetapi merupakan reaksi umumyang wajar dari rakyat jajahan yang dalam bathinnya telah merdeka.

Revolusi Indonesia adalah revolusinya zaman sekarang,bukan revolusinya sekelompok kelompok kecil kaum intelektual tetapi revolusinya bagian terbesar rakyat dunia yang terbelakang dan diperbodoh”.Berbeda dengan nasip pemimpin PI,maka pemimpin-pemimpin PNI dijatuhi hukuman penjara.oleh pengadilan colonial pada tanggal 22  desember 1930.

Penangkapan atas pemimpin-pemimpin PNI,terutama Ir.soekarno yang merupakan jiwa penggerak PNI,ternyata merupakan pukulan yang sangat keras terhadap PNI.pada konres luar biasa kedua dijakarta,diambillah keputusan pada tanggal 25 april 1931 untuk membubarkan PNI karena keadaan memaksa.Pembubaran ini menimbulkan perpecahan dikalangan pendukung-pendukung PNI,yang masing-masing pihak mendiriksn psrtsi Indonesia (part indo)oleh mr.sartono cs,dan pendidikan nasional Indonesia,(PNI baru)oleh mohhatta dan st syahril cs.

Perbedaan antara keduanya sebenarnya tidak ada hubunganya dengan persoalan pembaharuan social.Mereka setuju bahwa kemerdekaan politik adalah tujuan perjuangan utama yang harus dicapai dengan aktif non koprasi.tetapi apabila PNI baru lebih mengutamakan pendidikan politik dan social,maka part indo percaya bahwa organisasi percaya dengan aksi masa adalah senjata yang tepat untuk mencapai kemerdekaan.

Kedua organisasi itu tidak banyak berhasil dalam usahanya oleh karena politik yang sangat kolot dank eras dari Gubernur Jendral Djonge. Disamping itu pemimpin-pemimpinya kemudian ditangkaap dan dibuang keluar Pulau Jawa.

Referensi : Marywati Djoened Poesponegoro, Nugroho Notosusanto, "Sejarah Nasional Indonesia V", PN Balai Pustaka


Artikel Terkait Lainnya :


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

Pemutakhiran Terakhir ( Jumat, 28 September 2012 09:16 )  

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Helikopter PBB Jadi Korban Tembakan Sudan Selatan
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Perselisihan antara Sudan Utara yang biasa disebut Sudan saja dengan Sudan Selatan yang baru berdiri dan didukung oleh negara-negara Uni Eropa semakin pelik.  Pasukan PBB yang menjaga perbatasan ke [ ... ]


Sepuluh Ribu Warga Mesir Turun Kejalan Menyerukan Pengalihan Kekuasaan dari Militer ke Sipil
28/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Puluhan ribu warga Mesir menggelar unjuk rasa pada Jumat di Lapangan Tahrir yang merupakan ikon pusat Kairo, menyerukan "pegang martabat".

Para pengunjuk rasa menyerukan penyerahan kekuasaan dari mili [ ... ]


Afrika
Chaves Melantik Wakil Presiden Veneziela
16/01/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengumumkan, Presiden Hugo Chavez sudah melantik mantan wakil Presiden Elias Jaua Milano menjadi wakil Presiden yang mengurusi urusan pemerintahan sekaligus m [ ... ]


Potensi Masa Depan Hubungan Indonesia - Negara-Negara Kawasan Amerika Latin
26/12/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Hubungan RI-Amerika Latin masih bersifat low politics. Negara-negara Amerika Latin dipandang belum memiliki kepentingan langsung terhadap isu-isu politik dan keamanan di kawasan yang menjadi perhatian [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Perundingan Rudal AS - Rusia Buntu
22/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Perundingan pertahanan rudal antara Rusia-Amerika Serikat mengalami kebuntuan, kata Utusan asal Rusia untuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Dmitry Rogozin, pada Rabu.

Rogozin menambahkan, meski [ ... ]


UNCLOS Penting Untuk Menjaga Kedaulatan Wilayah Laut Indonesia
01/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Dirjen HPI Kemlu Linggawaty Hakim, SH, LLM  mengatakan bahwa melalui Konvensi UNCLOS, terdapat pengakuan atas negara kepulauan. “Sehingga memiliki arti penting bagi Indonesia dengan menja [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Penyerahan Kapal Induk Pesanan India Masih Ditunda Rusia
11/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

India terus meningkatkan kemampuan militernya, India juga memesan kapal induk dari Rusia yang sekararang proses  pembangunan di Rusia sudah selesai. Tetapi sementara waktu Rusia masih menunda penye [ ... ]


Indonesia Membeli Pesan Tiga Kapal Selam dari Korea Selatan
12/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Untuk memperkuat pertahanan RI terutama di lautan, Angkatan Laut Indonesia akan diperkuat lagi dengan tiga kapal laut. Selama ini TNI AL baru memiliki dua kapal selam. Ditargetkan pada tahun 2020 Ind [ ... ]


Perkembangan Militer
Ranres Usulan Indonesia Disahkan Majelis Umum PBB
30/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Majelis Umum PBB pada 28 Oktober 2011 secara aklamasi telah mensahkan rancangan resolusi “Treaty on the South – East Asia Nuclear Weapon Free Zone” yang sebelumnya diajukan oleh Ind [ ... ]


Deklarasi HAM ASEAN Harus Transparan
27/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Penyusunan draft deklarasi HAM Asean harus melibatkan banyak pihak dalam pembahasan pada forum Konsultasi Regional Kedua untuk Penyusunan Deklarasi HAM Asean (2nd Regional Consultation on the Human Ri [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Pidato Ir. Soekarno pada Saat Konferensi Asia Afrika di Bandung Tahun 1955
Tim Admin Indonesian Voices

Tuan-tuan yang mulia, Nyonya-nyonya, dan Tuan-tuan, Saudara-saudara sekalian! Saya merasa bangga pada hari yang bersejarah ini mendapat kehormatan dan hak istimewa mengucapkan selamat datang pada t [ ... ]


Soekarno Melawan Imperialisme Inggris dan Barat
Tim Admin Indonesian Voices

Kolonialisme Inggris di Asia Tenggara dilakukan dengan berbagai cara setelah upaya untuk menguasai nusantara gagal pada masa sebelum Indonesia merdeka dan setelah masa Indonesia merdeka, yang puncakny [ ... ]


Pemuda Pejuang Margonda, Namanya Menjadi Jalan di Depok
Tim Admin Indonesian Voices

Ketika Inggris membawa NICA tahun 1945 - 1946 jalur jalan Margonda menjadi sering dilalui oleh tentara Sekutu untuk mengirim pasukan ke Timur Jawa. Pada tanggal 16 Juni 1946, Depok diserang secara bes [ ... ]


Basuki Rahmat Pahlawan Nasional Ikut Andil Dalam Menghadap Agresi Belanda II
Tim Admin Indonesian Voices

Basuki Rahmat merupakan seorang figur tokoh pahlawan nasional. Ia tidak hanya seorang jenderal, tetapi juga seorang politikus yang piawai dalam mendukung pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pria kelahir [ ... ]


Serangan Umum 1 Maret 1949 Memperkuat Diplomasi Indonesia
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Agresi Militer Belanda II telah kembali menancapkan kuku penjajahan dibumi nusantara yang dilancarkan pada bulan Desember 1948. TNI perlu upaya untuk kembali memperkuat dan melakukan perlawanan agar d [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Wahana Istana Boneka di Dunia Fantasi Ancol, Jakarta
27/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Salah satu tampilan boneka di wahana Istana Boneka di Dunia Fantasi Ancol (Dupan), Jakarta. Banyak boneka-boneka dari seluruh nusantara yang menggunakan pakaian adat dan juga boneka-boneka dari berbag [ ... ]


Festival Krakatau XII Tahun 2012 di Lampung Sangat Semarak
06/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Festival Krakatau adalah even pariwisata berupa seni, budaya, dan promosi keindahan alam di Provinsi Lampung. Festival ini merupakan event yang digelar dengan tujuan untuk promosi kebudayaan da [ ... ]


Keunikan Pura Tanah Lot di Bali
05/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Bali memang sangat khas dan unik yang selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah satunya adalah Pura Tanah Lot yang terletak di atas bongkahan batu besar didekat pantai. Dulunya pura ini tidak be [ ... ]


Kota Jakarta Ulang Tahun yang Ke 485
25/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Berdasarkan sumber berita Kerajaan Portugal pada awal abad ke-15 ada permukiman yang bernama "kalapa", ada yang menyebut juga "Sunda Kalapa" yang menjadi bagian penting dari sebuah Bandar penting mas [ ... ]


Pemandangan Aktivitas Kapal di Pelabuhan Merak Provinsi Banten
16/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pelabuhan Merak adalah sebuah pelabuhan di Kota Cilegon, Banten yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera via perhubungan laut (Selat Sunda). Pelabuhan ini merupakan akses utama antara kedua [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Suku Baduy di Banten
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

 Suku Baduy di Banten yang masih tinggal di pedalaman dan hidup dengan car-cara yang masih tradisional. "Hutan adalah rumah kami". Itu merupakan semoyan mereka untuk bertahan di pedalaman hutan.  [ ... ]


Becak-Becak di Jalan Malioboro Yogyakarta
04/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Bukan Yogya kalau tidak ada kekhasannya. Salah satu keunikan Yogyakarta adalah becak-becak yang banyak dimana-mana. Berbeda dengan kota-kota lain dimana becak menjadi halangan bagi suatu kota menjadi  [ ... ]


Bubu Perangkap Ikan Masyarakat Jambi
12/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Bubu atau ada juga yang menyebutnya dengan keramba, sebenarnya termasuk perangkat ikan atau udang yang dipasang secara tetap di dalam air untuk jangka waktu tertentu yang memudahkan ikan masuk dan m [ ... ]


Tari Gending Sriwijaya dari Sumatra Selatan
27/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Seorang wanita sedang menari Gending Sriwijaya yang berasal dari Sumatra Selatan. Melihat photo lainnya.Sumber : tourism.indonesianvoices.com


Para Pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara
07/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sunda Kelapa adalah nama sebuah pelabuhan dan tempat sekitarnya di Jakarta, Indonesia. Pelabuhan ini terletak di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sejarah pelabuhan ini s [ ... ]


Jalan Layang di Jakarta
04/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kemacetan Jakarta mungkin alasan yang paling tepat, jika ditanyakan tentang adanya jalan layang di kota metropolitan seperti Jakarta. Kepadatan penduduk, banyaknya jumlah kendaraan, dan semakin banyak [ ... ]