Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home

Potensi Strategis Hubungan China - ASEAN

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 1
TerburukTerbaik 

Oleh Hilman Halim

Asia Tenggara baik dulu maupun sekarang ini merupakan kawasan strategis yang mengalamai pertumbuhan terbaik dibandingkan kawasan lainnya dalam satu decade ini. Kawasan Asia Tenggara ini akan lebih kuat jika diikat dalam suatu wadah, sehingga para pemimpin negara-negara Asia Tenggara pada tanggal 8 Agustus 1967 menyelenggarakan Deklarasi Bangkok yang diikuti oleh Indonesia, Malaysia, Filifina dan Thailand. Hasil deklarasi tersebut didirikanlah sebuah organisasi yang berbasis kawasan Asia Tenggara dengan nama Association of Southeast Asia Nations (ASEAN).

Dalam perkembangannya yang optimis menarik banyak negara-negara Asia Tenggara lain untuk ikut menjadi anggota ASEAN. Pada mulanya jumlah keanggotaan awal ASEAN hanya 5 negara, yaitu Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Lima Negara ini adalah Negara pendiri. Kemudian Negara-negara lain yang tertarik untuk ikut adalah Brunai Darusalam pada 7 Januari 1984, Vietnam masuk pada 28 Juli 1995, Laos terdaftar pada 23 Juli 1997, Myanmar pada 23 Juli 1997 dan terakhir Kamboja yang ikut terdaftar pada 16 Desember 1998.

Jumlah keanggotaan ASEAN yang semakin banyak dan strategisnya posisi ASEAN dalam kawasan Pasifik, jumlah penduduk yang cukup banyak lebih dari setengah miliar penduduk Asia Tenggara, potensi ekonomi perdagangan, sumber daya mineral, pariwisata, keamanan kawasan dan sebagainya, menjadi menyebabkan daya tarik yang besar bagi Negara-negara lain yang ingin berkejasama dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang ekonomi, seperti China.

Seperti kita ketahui China sekarang ini merupakan Negara yang mengalami kemajuan ekonomi yang paling tinggi di dunia. Perkembangan produk-produk China yang berhasil melakukan penatrasi ke pasar-pasar dunia membuktikan bahwa China merupakan negara adidaya yang perpengaruh dalam banyak kawasan termasuk, ke kawasan Pasifik, seperti Asia Tenggara.

Bagi China pasar Asia Tenggara jauh lebih menarik dibandingkan dengan pasar Eropah atau Amerika Serikat. Dua kawasan yang dalam satu decade ini mengalami “keredupan ekonomi”. Kepentingan China di Asia Tenggara jauh lebih strategis dibandingkan dengan kawasan tersebut.
Inilah merupakan tanggungjawab ASEAN sebagai organisasi di Asia Tenggara dalam kaitannya membentuk masa depan Asia Tenggara – China yang saling menguntungkan. Kepentingan China di Asia Tenggara adalah melepaskan produknya sebesar-besarnya dikawasan ini, tetapi Negara-negara ASEAN memiliki kepentingan untuk menjaga pertumbuhan yang sudah terjadi agar menjadi potensi kemajuan kawasan. Pertumbuhan Negara-negara ASEAN bukan merupakan “padi yang siap petik” bagi China.

ASEAN harus mengambil posisi yang strategis untuk menentukan arah perjalanan hubungan China – ASEAN agar menjadi hubunan mutualisme. ASEAN bisa menjadi kawasan industry dari para investor China yang sekarang ini mulai menggurita di dunia. Seperti kita ketahui dalam satu decade ini bisa dikatakan sebagai pembelian masal saham industry dunia oleh pengusaha China. Seperti yang juga terjadi di Amerika Serikat, dimana berbagai perusahaan computer AS seperti IBM dan lain-lain yang dibeli pengusaha China.

Pengusaha China bisa menjadi agen pertumbuhan kawasan ASEAN dengan memberikan insentif khusus kepada pengusaha China tersebut. Pengusaha China akan mendapatkan pasar yang berkembang dan bertumbuh dengan prospek sekarang dan masa yang akan datang. Bentuk-bentuk kerjasama strategic partnerships ataupun comprehensive partneships. Kepentingan yang sama akan menjadi suatu kekuatan regional dan sekaligus kekuatan global yang pengaruhnya semakin meningkat. Kedudukan dan peran China yang menonjol saat ini bisa dimanfaatkan oleh kawasan ASEAN, sebagai pusat pertumbuhan dunia.

Negara-negara anggota ASEAN juga dapat menjalin hubungan yang lain, seperti keamanan dan teknologi militer. Perkembangan dan kemampuan militer China sekarang ini bisa menjadi “guru” dalam pengembangan keamanan kawasan ASEAN.Sebagai contoh seperti yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam bidang politik, pertahanan dan keamanan, ekonomi dan pembangunan, serta bidang sosial dan budaya. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Hu Jintao pada tanggal 25 April 2005 telah mengkristalkan komitmen strategis yang solid dan komprehensif untuk memperkuat hubungan RI-RRC melalui ”Deklarasi Bersama antara RI dan RRC mengenai Kemitraan Strategis”. Kedua Negara sepakat untuk membangun tiga pilar yaitu kerjasama Government to Government, People to People, dan Business to Business.

Bidang-bidang yang sudah dikembangkan dalam mitra strategis Indonesia - China meliputi bidang telekomunikasi, infrastruktur, pembangunan dan energi. Di bidang energi misalnya, China sangat berminat pada potensi sumber energi Indonesia, dan Indonesia juga mengharapkan China mendukung proyek-proyek energi dan listrik Indonesia.

Seperti contoh lain yang patut dikembangkan adalah kerjasama Vietnam dan China sepakat untuk bekerja sama dalam skala luas di bidang meteorologi pada tahun 2009-2010. Kerja sama itu meliputi prakiraan cuaca, saling tukar menukar informasi meteorologi, mengadakan riset pengetahuan bersama di daerah-daerah tertentu, serta pendidikan dan pelatihan. Kerjasama meteorologi ini kekembangkan terkait dengan perubahan kondisi alam dan cuaca ektrim yang sering terjadi sekarang ini, akibat pemanasan global. Kedua pihak sepakat untuk menjalin operasi sambungan langsung Hanoi-Beijing untuk saling tukar informasi pada kasus-kasus terjadinya badai, depresi tropika rendah, hujan lebat dan kekeringan. Kemajuan teknologi China bisa dimanfaatkan untuk perbaikan teknologo meteorologi di Vietnam dan kawasan Asia Tenggara lainnya.

Di sektor pertanian, telah pula terjalin kemitraan strategis yang menyangkut kerjasama penyediaan benih dan pertukaran tenaga ahli. Mungkin di Negara-negara anggota ASEAN lain akan melakukan kerjasama sesuai dengan kondisinya masing-masing.

Negara-negara di ASEAN juga bisa mengembangkan peluang kerjasama yang masih terbuka di berbagai bidang lainnya, seperti pariwisata, energi, keamanan pangan, pertahanan, telekomunikasi, pendidikan, budaya, pertanian dan iptek. Melihat realitas ini, saya optimis bahwa kerjasama kedua negara akan dapat terus ditingkatkan di masa datang.Dalam menghadapi krisis finansial global.

Dalam forum G-20, ASEAN bisa menggunakan pengaruh China bersama-sama menyerukan perlunya reformasi dalam regulasi sistem keuangan internasional yang lebih transparan. Resources tambahan untuk IMF dan Bank Dunia juga harus diprioritaskan untuk membantu negara-negara berkembang. China bisa kita dorong untuk menekan badan-badan dunia seperti IMF dan Bank Dunia untuk mereformasi diri. Chian juga di dorong untuk menekan AS dalam tanggungjawab moral mengembangkan “industry hijau” untuk mengurangi pemanasan global.


Artikel Terkait Lainnya :


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

Pemutakhiran Terakhir ( Kamis, 04 Maret 2010 23:10 )  

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Helikopter PBB Jadi Korban Tembakan Sudan Selatan
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Perselisihan antara Sudan Utara yang biasa disebut Sudan saja dengan Sudan Selatan yang baru berdiri dan didukung oleh negara-negara Uni Eropa semakin pelik.  Pasukan PBB yang menjaga perbatasan ke [ ... ]


Rakyat Afrika Selatan Sangat Khawatir Kondisi Kesehatan Nelson Mandela
27/06/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela masih dalam kondisi kritis di rumah sakit, seperti yang dikatakan oleh Presiden Jacob Zuma pada hari Rabu (26/6/2013).

"Saat ia masih dalam kondisi kritis  [ ... ]


Afrika
Potensi Masa Depan Hubungan Indonesia - Negara-Negara Kawasan Amerika Latin
26/12/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Hubungan RI-Amerika Latin masih bersifat low politics. Negara-negara Amerika Latin dipandang belum memiliki kepentingan langsung terhadap isu-isu politik dan keamanan di kawasan yang menjadi perhatian [ ... ]


Indonesia Dorong Kerjasama dengan Negara-Negara Amerika Latin Melalui FEALAC
20/04/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

FEALAC memiliki peran yang sangat strategis dalam mendorong peningkatan hubungan kerjasama perdagangan antara Indonesia dan negara-negara di kawasan Amerika Latin. Sebagai salah satu pendiri FEALAC [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Lawan Devide et Impera!!!
30/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun

Penjajahan negeri-negeri Asia dan Afrika memiliki sejarah berbeda-beda, tetapi ternyata memiliki cari khas yang sama. Apakah itu? Devide et Impere, sebuah kalimat yang pali [ ... ]


Yogyakarta Wilayah Pertama NKRI
17/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan wilayah pertama di Negara Kesatuan Republik Indonesia pascaproklamasi kemerdekaan pada 1945, setelah Sri Sultan Hamenku Buwono IX yang berkuasa di Keraton Yogya [ ... ]


Memperkokoh NKRI
China Terus Kembangkan Teknologi Kapal Selam
29/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

China akan mengembangkan pembuatan kapal induk berdasarkan kondisi pembanguan sosial dan keperluaan pembangunan pertahanan negara. Hal itu dinyatakan Juru bicara Kementerian Pertahanan China Yang Yuju [ ... ]


Penyerahan Kapal Induk Pesanan India Masih Ditunda Rusia
11/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

India terus meningkatkan kemampuan militernya, India juga memesan kapal induk dari Rusia yang sekararang proses  pembangunan di Rusia sudah selesai. Tetapi sementara waktu Rusia masih menunda penye [ ... ]


Perkembangan Militer
Masyarakat Ekonomi ASEAN Hajat Terbesar Negara-Negara ASEAN
01/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan yang tengah menghadiri Pertemuan Menteri Ekonomi ke-44 ASEAN di Siem Reap Kamboja menyatakan, pembentukan Komunitas Ekonomi ASEAN pada tahun 2015 merupakan t [ ... ]


Ranres Usulan Indonesia Disahkan Majelis Umum PBB
30/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Majelis Umum PBB pada 28 Oktober 2011 secara aklamasi telah mensahkan rancangan resolusi “Treaty on the South – East Asia Nuclear Weapon Free Zone” yang sebelumnya diajukan oleh Ind [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Perjuangan Melawan NICA dan Sekutu di Kotawaringin, Kalimantan Barat, 1945
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pergolakan di Kotawaringin, Kalimantan Barat, antara para Pejuang RI dengan NICA yang dibantu Sekutu sangat tinggi intensitasnya, boleh dikatakan sangat sengit. Australia yang mendukung penjajah B [ ... ]


Pidato Ir. Soekarno pada Saat Konferensi Asia Afrika di Bandung Tahun 1955
Tim Admin Indonesian Voices

Tuan-tuan yang mulia, Nyonya-nyonya, dan Tuan-tuan, Saudara-saudara sekalian! Saya merasa bangga pada hari yang bersejarah ini mendapat kehormatan dan hak istimewa mengucapkan selamat datang pada t [ ... ]


Pemerintah Belanda Bertanggungjawab Atas Tragedi Rawagede
Tim Admin Indonesian Voices

Pemerintah Belanda bertanggung jawab atas eksekusi-eksekusi yang dilakukan pasukan kolonial di kampung Rawagede, Indonesia, pada 1947 dan keluarga korban harus memperoleh kompensasi, demikian diputusk [ ... ]


Kekejaman Tentara Belanda di Rawagede
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sudah lama cerita ini tenggelam sebagai sejarah, tetapi kesakitan masyarakat asli rawagede yang pernah menjadi saksi kekejaman penjajah Belanda, dengan mempertontonkan kejahatan terhadap kemanusiaan [ ... ]


Penderitaan Bangsa Indonesia Masa Tanam Paksa Penjajah Hindia Belanda
Tim Admin Indonesian Voices

Pada masa VOC berkuasa dan menghujamkan penjajahan di nusantara. Masa-masa sulit bangsa dan rakyat Indonesia adalah pada masa tanam paksa. Hal ini terjadi saat kekuasaan VOC ditangan 3 orang kom [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Keindahan Pantai Kuta Bali
22/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pantai Kuta merupakan salah satu pantai di Bali yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domistik maupun mancanegara. Keindahan Pantai Kuta Bali yang mempesona. Photo : tourism.indonesianvoic [ ... ]


Wisata ke Pulau Kubur di Teluk Betung Barat, Lampung
09/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pulau Kubur merupakan pulau yang ada di selatan pulau Sumatera tepatnya berada di Pesisir Kota Bandar Lampung masuk wilayah kecamatan Telukbetung Barat. Pulau kubur ibukota kecamatan Telukbetung Barat [ ... ]


Kebijakan Pembebasan Visa Meningkatkan Sektor Pariwisata di Indonesia
15/07/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sebagai tindak lanjut atas penandatanganan Partnership and Cooperation Agreement antara Indonesia dan Uni Eropa pada tahun 2009, sebuah upaya penting dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk menghapu [ ... ]


Sungai Komering di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan
01/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sungai Komering adalah sungai yang berasal dari hulu di barat pulau Sumatra dan bermuara di timur Palau Sumatra di Provinsi Sumatra Selatan. Sungai ini melalui beberapa kabupaten di provinsi yang memi [ ... ]


Pemandangan Aktivitas Kapal di Pelabuhan Merak Provinsi Banten
16/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pelabuhan Merak adalah sebuah pelabuhan di Kota Cilegon, Banten yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera via perhubungan laut (Selat Sunda). Pelabuhan ini merupakan akses utama antara kedua [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Keunikan Seni dan Budaya Jalan Malioboro, di Jantung Yogyakarta
21/04/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Jalan Malioboro terletak di jantung Daerah Istimwewa Yogyakarta. Jalan tersebut berada antara jalan Jenderal Ahmad Yani dan jalan Abu Bakar Ali. Dijalan ini ada Kantor DPRD Di Yogyakarta.

Jalan Mali [ ... ]


Uang Lama 10 Rupiah Cetakan Dai Nippon Jepang
29/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Saat menjajah Indonesia, pemerintah Jepang (Dai Nippon) membuat UU No. 2 tanggal 8 Maret 2602 (tahun Jepang Kooki atau tahun 1942) tentang mata uang. Semua mata uang yang ada digantikan oleh uang ker [ ... ]


Bubu Perangkap Ikan Masyarakat Jambi
12/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Bubu atau ada juga yang menyebutnya dengan keramba, sebenarnya termasuk perangkat ikan atau udang yang dipasang secara tetap di dalam air untuk jangka waktu tertentu yang memudahkan ikan masuk dan m [ ... ]


Patung Garuda Wisnu Kencana di Kuta Bali
07/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali. Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi  [ ... ]


Rumah Adat Komering, Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan
17/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Suku Komering adalah satu klan dari Suku Lampung yang berasal dari Kepaksian Sekala Brak yang telah lama bermigrasi ke dataran Sumatera Selatan pada sekitar abad ke-7 dan telah menjadi beberapa Kebuay [ ... ]


Kendi/Kibuk Untuk Prosesi Pernikahan Adat Lampung
27/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kendi dikenal di seluruh dunia dan berkembang di Mesir, China, Jepang, Thailand, dan Indonesia yang tersebar hampir diseluruh nusantara. Salah satunya adalah di masyarakat adat Lampung. Kendi memil [ ... ]