Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home

Manuver Kekuatan Energi Rusia

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Oleh Dodi Sukmantoro

Menurut banyak ahli dan analis kekuatan energi dunia. Rusia merupakan Negara di Eropa yang struktur ekonominya paling mandiri berkat kekuatan ketersediaan energy. Dalam jangka panjang kekuatan ekonomi suatu negara akan ditunjang oleh kekuatan sumber daya dan teknologi pengelolaan energy. Pada akhirnya kekuatan ekonomi dan teknologi akan berpengaruh kepada kekuatan militer yang menjadi barometer keadidayaan suatu negara. Kekuatan energy ini menyangkut dua hal, yaitu yang pertama berupa ketersediaan sumber alam yang memadai di dalam negerinya dan akses sumber energy di luar negeri. Kedua teknologi dan kemampuan sumber daya manusianya untuk mengelola teknologi tinggi ini.

Rusia memiliki cadangan energy baik gas dan minyak palling tinggi di Eropa dan sebagai negera pengekpor energy paling banyak. Apalagi setelah reformasi energi yang dijalankan Vladimir Putin. Di bawah tangan besi Putin, Rusia mampu memaksa perusahaan minyak asal Inggris BP (British Petroleum) untuk menjual saham mayoritasnya di ladang gas raksasa Kovykta kepada perusahaan milik nega Gazprom, sehingga dengan demikian bisa meningkatkan kontrolnya pada sumber daya mineral yang sangat penting dan strategis tersebut bagi kepentingan nasional Rusia.

Dengan kekuatan energinya Rusia juga dapat mengontrol Eropa. Krisis gas di Eropa akibat perselisihan harga Rusia dan Ukraina, sebagai masing-masing berfungsi sebagai pengirim dan penyalur, semakin parah. Setelah mengurangi jatah suplai untuk Uni Eropa (UE), perusahaan gas raksasa Rusia Gazprom juga menunda kiriman gas untuk kawasan Eropa, seperti Turki, Ukraina, Belarusia, Austria, Bulgaria, Jerman, Polandia, Hongaria, Makedonia, Yunani dan Serbia. Ukraina dan Belarusia negara yang ikut memasarkan energi gas Rusia. Bahkan pada musim dingin yang lalu, blokade energi Rusia banyak membuat cemas negara-negara konsumen energi Rusia di Eropa. Apalagi sebagian besar masyarakat di negara-negara Eropa telah terbiasa menggunakan gas Rusia untuk pemanas di musim dingin. Blokade Rusia juga jika diperpanjang bisa melumpuhkan industri dan perputaran perekonomian di kawasan Uni Eropa.

Kekuatan pengelolaan energy Rusia tidak hanya dari energy konvensional seperti minyak, gas dan batubara, tetapi juga energy nuklir. Rusia juga memilki kemampuan yang sepadan dengan Amerika Serikat (AS) dalam kemampuan pengelolaan energy nuklir. Energi nuklir bisa dalam bentuk Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) berupa stasiun pembangkit listrik thermal di mana panas yang dihasilkan diperoleh dari satu atau lebih reaktor nuklir pembangkit listrik. PLTN termasuk dalam pembangkit daya base load, yang dapat bekerja dengan baik ketika daya keluarannya konstan (meskipun boiling water reactor dapat turun hingga setengah dayanya ketika malam hari). Daya yang dibangkitkan per unit pembangkit berkisar dari 40 MWe hingga 1000 MWe.

Di dalam negeri Rusia sendiri telah memiliki sebanyak 31 reaktor nuklir. Tiga besar negara yang giat mengembangkan energi saat ini adalah Amerika Serikat, 103 reaktor, Perancis 59 reaktor, dan Jepang 55 reaktor. China yang baru mengoperasikan tahun 1995 kini sudah memiliki 10 reaktor nuklir. Dari sekian Negara hanya Rusia yang banyak ikut mengembangkan energy nuklir di berbagai Negara. Dalam satu dua tahun terakhir saja 7 proyek energy nuklir yang dikembangkan Rusia, tidak hanya di dalam negeri Rusia saja tetapi juga di luar negeri, seperti di India, China, Iran, Venezuale, dan banyak lagi kemungkianan negara yang akan melakukan kerjasama energi dengan Rusia.

Rusia saat ini sedang membangun proyek pembangkit tenaga nuklir di China, dalam tahun depan direncanakan untuk membangun 1 proyek energy nuklir yang di lakukan oleh perusahaan energy Rusia. Rusia telah menandatangani kesepakatan untuk membangun dua buah reaktor 1.000 megawatt lagi di pembangkit listrik tenaga nuklir Tianwan, China, perusahaan nuklir milik negara Rusia Atomstroyexport. Reaktor nuklir 1.000 megawatt pertama Rusia di Tianwan di timur China yang beroperasi pada Juni 2007 setelah beberapa penundaan, sementara kedua beroperasi pada bulan September tahun yang sama. "Blok 3 dan 4 akan dibangun sesuai dengan desain mirip dengan yang fase pertama dari stasiun tenaga nuklir Tianwan," kata Atomstroyexport seperti yang dikutip dari Kompas 25 Maret 2010.

Selain itu kesepakatan dengan Venezuela untuk mengembangkan masa depan energy nuklir di Amerika Latin juga sedang dalam pembahasan. Presiden Venezuela Hugo Chavez, Minggu (28/9) waktu setempat mengaku bahwa dirinya tertarik menerima tawaran Rusia bagi bantuan membangun program nuklir sipil. Hubungan yang kian dekat antara Caracas dan Moscow ini agaknya semakin meningkatkan kekhawatiran AS. Sebenarnya Venezuela merupakan Negara yang masih memiliki cadangan minyak tertinggi di dunia.. Negara itu juga merupakan penyuplai minyak terbesar ke AS. Sementara Rusia merupakan eksportir minyak terbesar kedua di dunia dan menguasai seperempat cadangan gas alami, tetapi urusan energy adalah investasi paling strategi untuk jangka panjang.

Ketertarikan itu diungkapkan Chavez saat bertemu dengan Presiden Rusia Dmitry Medvedev minggu lalu di Moscow. “Rusia siap mendukung Venezuela dalam mengembangkan energi nuklir dengan tujuan-tujuan damai dan kami siap bekerjasama dengannya (Rusia). “Kami sangat tertarik untuk dalam mengembangkan energi nuklir, yaitu sumber alternarif energi listrik dan medis,” kata Chavez seperti yang dikutif dari AFP pada. Senin 29 September 2009.

Secara politis AS tidak dapat menekan Rusia untuk menyetop energi nuklir Venezuela saat ini, karena Rusia dianggap sebagai kunci bagi penyelesaian, seperti proyek energy nuklir Iran dan proyek energy nuklir Korea Utara. Bagi AS dua hal ini lebih penting dibandingkan dengan konprontasi dengan Rusia yang memiliki kemampuan imbang. Sebenarnya proyek energy nuklir Iran juga menggandeng Rusia dalam banyak hal Iran masih tergantung kepada teknologi nuklir Rusia, tetapi apa yang dilakukan Rusia untuk Iran tidaklah dilakukan secara terang-terangan.

Dengan India, Rusia juga sudah menandatangani sebuah perjanjian mengenai pembangunan 16 reaktor nuklir pada tiga lokasi di India. Seperti yang disampaikan oleh Deputi Perdana Menteri Sergei Ivanov di sela-sela perundingan antara Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin dan PM India Singh. Perjanjian ini berupa pembangunan 16 reaktor nuklir. Menurut Sergei Kiriyenko 6 dari 16 reaktor nuklir tersebut akan dibangun sebelum 2017. Sebelumnya Rusia juga sudah membangun 2 pembangkit listri tenaga nuklir di Tamil Nadu, India Selatan.

India merupakan Negara yang dapat mengakses energy nuklir tetapi tidak ikut menandatangani kesepakatan Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir. Hal ini merupakan kekuatan Rusia yang sulit untuk ditundukkan oleh AS untuk menutup Negara-negara yang tidak mau menandatangai kesepakatan tersebut. AS menjadi sungkan untuk menekan suatu Negara jika Rusia sudah masuk dalam permasalahan akses energy nuklir tersebut.

Putin juga rencananya akan mengembangkan energy nuklir di Arab Saudi. Seperti pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam kunjungannya ke Arab Saudi pada senin 12 Februari 2010 lalu. Demikian pernyataan Presiden Rusia, Vladimir Putin, dalam kunjungannya di Arab Saudi, Senin (12/2). Menurut Putin pengembangan energi atom merupakan salah satu kerjasama yang potensial antara Moskow dan Riyadh.

Pada September 2007 Rusia juga pernah menawarkan energy terbarukan ini kepada pemerintah Indonesia. Salah satu poin penting kunjungan Presiden Rusia Vladimir Vladimirovich Putin ke Indonesia adalah pematangan kerja sama pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Membeli alutsista ke Rusia diyakini lebih menguntungkan Indonesia dibanding membeli ke Amerika Serikat, Inggris, dan sebagainya. Selain itu Rusia juga menawarkan kerja sama teknologi nuklir.
Tawaran ini sangat menarik bagi pemerintah Indonesia apalagi krisis energy di Indonesia semakin lama semakin kronis. kapasitas terpasang pembangkit listrik Indonesia saat ini sekitar 30.000 MW dan perkiraan kebutuhan kapasitas terpasang tahun 2014 berkisar 56.000 MW, maka proyek pembangkit listrik 10.000 MW tahap pertama dan kedua hanya efektif sebagai terapi jangka pendek dan menengah.

Pasalnya, dengan tingkat pertumbuhan 10 persen per tahun, diperkirakan kebutuhan energi listrik pada tahun 2025 nanti akan menjadi dua kali lipat dibanding saat ini. "Padahal untuk mendukung investasi dan industri yang memiliki waktu jangka panjang diperlukan jaminan pasokan listrik jangka panjang," ujar Said Didu dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) seperti yang dikutip dari detikFinance, Senin (8/3/2010).

Berbagai manuver energy Rusia ini membuat AS merasa geram, tetapi berbagai upaya diplomatic masih sulit untuk ditundukkan. Mungkin inilah yang menyebabkan Pemerintah Swiss menangkap mantan Menteri Energi Nuklir Rusia Yevgeny Adamov atas pesanan Amerika Serikat dengan alas an Yevgeny Adamov. Adamov dituduh terlibat praktek money laundering lebih dari US$ 9 juta. Banyak pertanyaan besar di sini apakah penangkapan ini terkait dengan informasi Rahasia nuklir Rusia yang menurut banyak pihak lebih efesien 4 kali lipat dari teknologi nuklir AS.

Copy Right (C) by indonesianvoices.com, Indonesian Voices Network, 2010.


Artikel Terkait Lainnya :


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

Pemutakhiran Terakhir ( Kamis, 02 Agustus 2012 13:48 )  

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Masyarakat Internasional Sambut Keberhasilan Pemilu Mesir
25/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Mesir kemarin (24/6) mengumumkan Mohamed Mursi, kandidat dari Ikhwanul Muslimin memenangkan pemilihan presiden. Dunia menyatakan sambutan atas terpilihnya Mursi dan lancarnya pelaksanaan pemilu di  [ ... ]


Krisis Politik di Afrika Tengah Mendorong Perekrutan Anak-Anak Menjadi Serdadu
06/01/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Dewan Keamanan PBB kemarin (4/1) dalam pernyataan menekankan bahwa tidak boleh menyelesaikan krisis Republik Afrika Tengah melalui jalur militer, dan mengimbau berbagai pihak bentrokan itu mengupayaka [ ... ]


Afrika
Masyarakat Peru Bermimpi Tentang Indonesia
27/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Suasana pantai Ancon, yang berjarak satu setengah jam dari kota Lima semakin semarak dengan hiasan umbul-umbul khas Bali yang dipasang di tepi pantai Náutico de Ancon, klub terkemuka di Lima. Hias [ ... ]


Chaves Melantik Wakil Presiden Veneziela
16/01/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengumumkan, Presiden Hugo Chavez sudah melantik mantan wakil Presiden Elias Jaua Milano menjadi wakil Presiden yang mengurusi urusan pemerintahan sekaligus m [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Internasionalisasi Isu Dalam Negeri Perlu Penjelasan Komprehensif
26/04/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Kemlu RI menyadari adanya kasus-kasus di dalam negeri Indonesia yang berkembang dan kemudian menjadi perhatian beberapa pihak di luar negeri.  Dalam hal ini, Direktur Jenderal Informasi dan Diploma [ ... ]


Jusuf Kalla : Semangat Suatu Bangsa Tentukan Keberhasilan Bangsa Tersebut
14/11/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Mantan Wapres Jusuf Kalla menegaskan bahwa semangat untuk maju bisa menentukan suatu negara akan maju atau berkembang.

"Ada yang mengatakan negara akan maju karena sumber daya alam yang besar, s [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Indonesia Membeli Pesan Tiga Kapal Selam dari Korea Selatan
12/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Untuk memperkuat pertahanan RI terutama di lautan, Angkatan Laut Indonesia akan diperkuat lagi dengan tiga kapal laut. Selama ini TNI AL baru memiliki dua kapal selam. Ditargetkan pada tahun 2020 Ind [ ... ]


Penyerahan Kapal Induk Pesanan India Masih Ditunda Rusia
11/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

India terus meningkatkan kemampuan militernya, India juga memesan kapal induk dari Rusia yang sekararang proses  pembangunan di Rusia sudah selesai. Tetapi sementara waktu Rusia masih menunda penye [ ... ]


Perkembangan Militer
ASEAN Siap Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN Tahun 2015
01/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Para Menteri Ekonomi ASEAN sepakat pada hari Jumat (31/8/2012) untuk memperdalam upaya integrasi blok itu untuk mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 2015, kata para pejabat.

Berbicara dalam se [ ... ]


Perdagangan Manusia Harus Dicegah dengan Kerjasama Antar Negara
29/05/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Linda Amalia Sari menekankan pentingnya kerja sama antarnegara dalam upaya penanggulangan kejahatan perdagangan orang atau trafficking in [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Pemerintah Belanda Bertanggungjawab Atas Tragedi Rawagede
Tim Admin Indonesian Voices

Pemerintah Belanda bertanggung jawab atas eksekusi-eksekusi yang dilakukan pasukan kolonial di kampung Rawagede, Indonesia, pada 1947 dan keluarga korban harus memperoleh kompensasi, demikian diputusk [ ... ]


Pemberontakan Tentara KNIL yang Masih Setia Pada RI, Tahun 1945 di Sulawesi Selatan
Tim Admin Indonesian Voices

Pergolakan perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan RI di Sulawesi Selatan mempunyai cerita yang heroik juga. Kalau di Jawa banyak dari mantan Haiho dan PETA untuk kemudian menjadi pendukung perju [ ... ]


Upaya Douwes Dekker Berhasil Menggulirkan Politik Etis Belanda Tahun 1860
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Eduard Douwes Dekker (lahir di Amsterdam, Belanda, 2 Maret 1820 – meninggal di Ingelheim am Rhein, Jerman, 19 Februari 1887 pada umur 66 tahun), atau yang dikenal pula dengan nama pena Mult [ ... ]


Penderitaan Bangsa Indonesia Masa Tanam Paksa Penjajah Hindia Belanda
Tim Admin Indonesian Voices

Pada masa VOC berkuasa dan menghujamkan penjajahan di nusantara. Masa-masa sulit bangsa dan rakyat Indonesia adalah pada masa tanam paksa. Hal ini terjadi saat kekuasaan VOC ditangan 3 orang kom [ ... ]


Perjuangan TKR Melawan Pasukan Inggris di Jawa Tengah, November 1945
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Perjuangan TKR di Jawa Tengah menempuh perjuangan yang sulit dan penuh pengorbanan, sebab wilayah inilah yang menjadi penghubung antara Jakarta di bagian barat pulau Jawa dan Yogyakarta dan Surabay [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Sejarah Panjang Gedung Sate di Bandung, Jawa Barat
21/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Gedung Sate di Bandung yang sekarang ini menjadi pusat pemerintahan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memiliki jejak sejarah yang panjang. Dalam sebuah buku Bandoeng en haar Hoogvlakte 1952 karya [ ... ]


Gedung Pos Besar Bandung, Musium Filateli Indonesia
28/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kota Bandung banyak menyimpan bangunan-bangunan kuno yang bersejarah, justru tua dan keunikan ini dengan menyimpan gaya bangunan Belanda menjadi daya tarik banyak orang untuk berwisata di Bandung. Apa [ ... ]


Keindahan Tanah Lot Bali
26/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Tanah Lot merupakan sebuah pantai yang terdapat dua pura buah yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura [ ... ]


Sunset di Pulau Buluh Provinsi Kepulauan Riau
06/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pulau Buluh terletak di Kecamatan Bulang Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Bagi masyarakat yang tinggal di Pulau Batam, pulau itu tidak asing lagi karena banyak sekali cerita mengenai pulau Buluh in [ ... ]


Kebun Sayur di Kecamatan Cianjur, Jawa Barat
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Perkebunan sayur yang berada di pegunungan di Kabupaten Cianjur. Lokasi yang tinggi, suhu dingin dan lahan yang subur menyebabkan tumbuhan sayaur dapat tumbuh dengan subur di kawasan ini. Selain seb [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Uang Lama 10 Rupiah Cetakan Dai Nippon Jepang
29/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Saat menjajah Indonesia, pemerintah Jepang (Dai Nippon) membuat UU No. 2 tanggal 8 Maret 2602 (tahun Jepang Kooki atau tahun 1942) tentang mata uang. Semua mata uang yang ada digantikan oleh uang ker [ ... ]


Suku Baduy di Banten
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

 Suku Baduy di Banten yang masih tinggal di pedalaman dan hidup dengan car-cara yang masih tradisional. "Hutan adalah rumah kami". Itu merupakan semoyan mereka untuk bertahan di pedalaman hutan.  [ ... ]


Bubu Perangkap Ikan Masyarakat Jambi
12/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Bubu atau ada juga yang menyebutnya dengan keramba, sebenarnya termasuk perangkat ikan atau udang yang dipasang secara tetap di dalam air untuk jangka waktu tertentu yang memudahkan ikan masuk dan m [ ... ]


Rumah Adat Komering, Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan
17/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Suku Komering adalah satu klan dari Suku Lampung yang berasal dari Kepaksian Sekala Brak yang telah lama bermigrasi ke dataran Sumatera Selatan pada sekitar abad ke-7 dan telah menjadi beberapa Kebuay [ ... ]


Jembatan Akar Pohon di Kampung Baduy, Kabupaten Lebak, Banten
28/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Orang Kanekes atau orang Baduy/Badui adalah suatu kelompok masyarakat adat Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Populasi mereka sekitar 5.000 hingga 8.000 orang, dan mereka merupakan salah satu s [ ... ]


Display Payung di Salah Satu Rumah Makan di Kuta, Bali
17/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Payung pada umumnya hanya diartikan sebagai alat untuk pelindung dari hujan atau panas, tetapi dalam budaya nusantara payung sebenarnya memiliki makna yang luas dan dijadikan sebagai simbol-simbol ter [ ... ]