Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home

Kekuatan Militer China, Rusia dan India Penting Bagi Keseimbangan dan Perdamaian Dunia

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Oleh Sumantiri B. Sugeo

Ketidakseimbangan poros kekuatan dunia selama ini yang dikuasai Negara-negara adikuasa barat yang menggunakan kekuasaannya dalam upaya untuk memperkuat hegemoninya dengan cara-cara yang tidak demokratis dan berprikemanusiaan.

Pengembangan isu perang, pelanggaran hak asasi manusia, imperialism dan kolonialisme, penjualan senjata, monopoli teknologi nuklir, penguasaan institusi internasional seperti PBB membutuhkan peran negara-negara non barat untuk masuk dalam kancah kekuatan penyeimbang yang disegani.

Kehancuran saat perang Korea, perang Irak, perang di Somalia, perang Vietnam dan perang revolusi di Amerika Latin adalah contoh betapa pentingnya kekuatan lain sebagai penyeimbang dan menjadi penetrasi dari kekuatan dari poros yang hanya tunggal saja. Munculnya monopolistik kekuasaan, isu internasional dan penguasaan sumber energi dunia menghancurkan peradapan dunia yang humanis.

Negara-negara yang berpotensi untuk masuk dalam jajaran negara penyeimbang seperti China, Rusia, dan India. Perluasa dengan cepat kekuatan militer Cina, Rusia dan India menjadi sangat penting sebagai upaya stabilitas di kawasan Pasifik dan dunia. Upaya ini diharapkan akan menyebabkan posisi negara-negara berkembang akan memiliki resiko perang yang lebih rendah dibandingkan dengan tidak adanya kekuatan penyeimbang.

Dalam laporan The 2006 Quadrennial Defence Review yang diamanatkan oleh Kongres AS setiap empat tahun, Pentagon melihat militer Cina sangat mungkin mengubah keseimbangan kekuatan di Asia. Dalam lawatan ke Indonesia itu, Rice membahas soal-soal strategis mengenai kepentingan AS di Indonesia. Rice menginginkan Indonesia tetap taat dan menjaga kepentingan AS di kawasan Asia Tenggara.

Untuk itu, AS telah memberi beberapa insentif kepada Indonesia supaya mau menjadi mitra strategisnya. Sebaliknya dari posisi Indonesia yang selalu dirugikan, sebagai contoh dalam kasus Pesawat F-16 TNI yang sudah beli dengan harga sangat mahal, ternyata suku cadangnya harus pula diembargo sehingga Indonesia banyak tidak bisa menggunakan F-16 untuk operasional udara AU. Belum lagi masalah Kopasus kita yang citranya di AS dan dunia internasional selalu diperburuk oleh Parlemen.

Dalam kondisi hubungan diplomatic yang merugikan Indonesia pun, kita masih tetapi dipaksa untuk taat menjaga kepentingan AS, seperti masalah isu-isu Freeport. Kekuatan dalam negeri yang menginginkan adanya renegosiasi atas penghasilan Freeport menguat, tetapi pemerintah di paksa oleh AS untuk dapat meredam dan juga ikut menjaga perusahaan tersebut dari gangguan OPM.

Ini adalah contoh kasus saja yang menunjukkan bahwa negara berkembang membutuhkan kekuatan baru penyeimbang, seperti China, Rusia dan India. Indonesia tidak harus masuk dalam salah satu blok, dan tetap menjaga prinsip bebas aktif yang sudah berjalan, tetapi hubungan-hubungan kerjasama dengan China dan Rusia manjadi penting sebagai bagian dari keseimbangan tersebut. Indonesia juga dapat memainkan soft power yang menjaga isu dan keseimbangan dua kekuatan itu.

Polarisasi isu politik dunia dengan resesi ekonomi juga dilakukan oleh para pejabat Gedung Putih untuk menyembunyikan tanggungjawab mereka terhadap resesi dunia yang mulai terlihat. Harga minyak yang tinggi akibat berbagai kilang minyak di Timur Tengah yang tidak berproduksi menyebabkan harga minyak merokat dan sulit dikendalikan. Situasi politik di Irak memberi angin pesimis untuk mengoperasikan ladang-ladang minyak yang terbakar dan dirusak dengan sengaja akibat peperangan. Para analis dan politikus Amerika 'mengabu-abukan' hubungan kedua variabel ini.

Liga Arab yang berhasil mencetuskan suatu resolusi untuk memperkuat hubungan dengan China bukan tidak ada alasan. Mereka sadar ada kebutuhan penting Amerika untuk terus menggalang negara-negara monarki Timur Tengah untuk terus berada pada poros negara adidaya ini, tetapi bagi negara negara-negara Arab tidak ada keuntungan sedikitpun kecuali kekacauan politik yang semakin tidak stabil dan perseteruan Palestina Israel yang semakin sulit untuk dipecahkan. Ditambah lagi dengan prilaku Israel yang terus menyerang jalur Gaza.

Harus ada kesadaran dari negara-negara berkembang untuk mulai meseimbangkan pengaruh politik dengan memperkuat kerjasama ekonomi dan militer dengan China dan Rusia. Manfaat politik yang akan didapatkan tidak hanya untuk jangka panjang tetapi kebutuhan strategis untuk perbaikan ekonomi dan mengurangi kontrol Amerika dan negara barat lainnya terhadap negara-negara berkembang.

Menurut Albert Keidel dari the Carnegie Endowment for International Peace: Mengatakan bahwa posisi China menjadi kekuatan lebih penting di kawasan lain termasuk dalam hubungan militer dan diplomasi. Kekuatan finansial China akan mengalir ke setiap dimensi hubungan internasional.

Masih menurut Keidel: Dengan kekuatan ekonomi besar itu, kepemimpinan kelembagaan internasional akan berpindah ke tangan China. Kondisi itu akan terjadi meluas di PBB, Bank Dunia, Dana Moneter Internasional, Bank Pembangunan Regional dan Internasional, serta badan-badan yang lebih khusus. Sebagai akibatnya, markas-markas organisasi internasional akan berpindah ke Beijing dan Shanghai.

Keidel juga berpendapat pengaruh AS dan Eropa akan menjadi sekunder. Hal ini yang menyebabkan AS butuh kompromi. Akhirnya aksi sepihak AS akan terhenti.

 


Artikel Terkait Lainnya :


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

 

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Indonesia Siap Bantu Masa-masa Transisi Mesir
02/03/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Indonesia akan berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama dengan Mesir dalam berbagai bidang. Pernyataan ini disampaikan Nurfaizi Suwandi saat menyerahkan surat-surat kepercayaan sebagai Duta Besar RI [ ... ]


Sepuluh Ribu Warga Mesir Turun Kejalan Menyerukan Pengalihan Kekuasaan dari Militer ke Sipil
28/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Puluhan ribu warga Mesir menggelar unjuk rasa pada Jumat di Lapangan Tahrir yang merupakan ikon pusat Kairo, menyerukan "pegang martabat".

Para pengunjuk rasa menyerukan penyerahan kekuasaan dari mili [ ... ]


Afrika
Potensi Masa Depan Hubungan Indonesia - Negara-Negara Kawasan Amerika Latin
26/12/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Hubungan RI-Amerika Latin masih bersifat low politics. Negara-negara Amerika Latin dipandang belum memiliki kepentingan langsung terhadap isu-isu politik dan keamanan di kawasan yang menjadi perhatian [ ... ]


Kuba Mendesak AS Melepaskan Rene Gonzales
18/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Mantan agen mata-mata Kuba, Rene Gonzales, bebas dari penjara Miami, Amerika Serikat pada Jumat (7/10) pagi, setelah menjalani 13 tahun dari 15 tahun masa hukumannya karena dianggap Pemerintah AS, Gon [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Internasionalisasi Isu Dalam Negeri Perlu Penjelasan Komprehensif
26/04/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Kemlu RI menyadari adanya kasus-kasus di dalam negeri Indonesia yang berkembang dan kemudian menjadi perhatian beberapa pihak di luar negeri.  Dalam hal ini, Direktur Jenderal Informasi dan Diploma [ ... ]


Pemerintah Indonesia Protes Pembukaan Kantor Free West Papua di Oxford
06/05/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menanggapi berita pembukaan “kantor Free West Papua” di kota Oxford, Inggris, Pemerintah Indonesia menyampaikan protes keras dan keberatan yang mendalam terhadap perkembangan dimaksud.  [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Indonesia Membeli Pesan Tiga Kapal Selam dari Korea Selatan
12/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Untuk memperkuat pertahanan RI terutama di lautan, Angkatan Laut Indonesia akan diperkuat lagi dengan tiga kapal laut. Selama ini TNI AL baru memiliki dua kapal selam. Ditargetkan pada tahun 2020 Ind [ ... ]


Peralatan Militer TNI Bisa Disediakan Oleh BUMN
13/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Pertahanan nasional adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah sebuah negara dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan neg [ ... ]


Perkembangan Militer
ASEAN Akan Memperkuat Forum Maritim ASEAN Untuk Melawan Perompakan
17/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Asosiasi negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) sepakat untuk melawan segala bentuk pembajakan dan atau perompakan bersenjata di laut.

"Kami menggarisbawahi pentingnya memperkuat kapasitas kita terhadap [ ... ]


ASEAN Merayakan Ulang Tahun ke-45
10/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

ASEAN merayakan ulang tahun organisasi negara-negara Asia Tenggara ini yang ke 45. Apa yang telah diperjuangkan oleh organisasi ini untuk mencapai visi dan misi tidak hanya akan memberikan kontribusi  [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Proklamasi dan Anak Muda Pergerakan, Sukarni Kartodiwirjo
Tim Admin Indonesian Voices

Sukarni (lahir di Blitar, Jawa Timur, 14 Juli 1916 – meninggal di Jakarta, 7 Mei 1971 pada umur 54 tahun), yang nama lengkapnya adalah Sukarni Kartodiwirjo, adalah tokoh pejuang kemerdekaan Ind [ ... ]


Sejarah Perang Frontal Puputan Margarana di Tabanan Bali, 20 November 1946
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Latar belakang munculnya puputan Margarana sendiri bermula dari Perundingan Linggarjati. Pada tanggal 10 November 1946, Belanda melakukan perundingan linggarjati dengan pemeri [ ... ]


Kekejaman Tentara Belanda di Rawagede
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sudah lama cerita ini tenggelam sebagai sejarah, tetapi kesakitan masyarakat asli rawagede yang pernah menjadi saksi kekejaman penjajah Belanda, dengan mempertontonkan kejahatan terhadap kemanusiaan [ ... ]


Menghadang NICA di Pertempuran Medan Area
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun
Pada tanggal 24 Agustus 1945, antara pemerintah Kerajaan Inggris dan Kerajaan Belanda tercapai suatu persetujuan yang terkenal dengan nama civil Affairs Agreement. Dalam perset [ ... ]


Perjuangan Pemuda Robert Wolter Mongonsidi Melawan Penjajahan Belanda
Tim Admin Indonesian Voices

Ini kisah perjuangan seorang pahlawan nasional Robert Wolter Monginsidi yang ditetapkan pada tahun 1973 dan mendapat gelar Bintang Gerilya (tahun 1958) dan Bintang Maha Putera Kelas III (tahun 1960).  [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Sunset di Pulau Buluh Provinsi Kepulauan Riau
06/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pulau Buluh terletak di Kecamatan Bulang Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Bagi masyarakat yang tinggal di Pulau Batam, pulau itu tidak asing lagi karena banyak sekali cerita mengenai pulau Buluh in [ ... ]


Gurun Pasir di Pegunungan Bromo
11/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Gurun pasir atau debu mungkin termasuk langka di Indonesia, tetapi jika Anda mencoba datang ke kawasan Gunung Bromo maka gurun seperti itu benar-benar ada. Dengan kawasan gurun yang sangat lua [ ... ]


Keunikan Gedung Bangunan Belanda di Bandung
16/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia, Kota Bandung terdapat banyak sekali bangunan-bangunan tua yang di bangun masa penjajahan Belanda. Bangunan dengan bentuk yang khas berjendela beton pintu b [ ... ]


Kebun Sayur di Kecamatan Cianjur, Jawa Barat
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Perkebunan sayur yang berada di pegunungan di Kabupaten Cianjur. Lokasi yang tinggi, suhu dingin dan lahan yang subur menyebabkan tumbuhan sayaur dapat tumbuh dengan subur di kawasan ini. Selain seb [ ... ]


Wahana Istana Boneka di Dunia Fantasi Ancol, Jakarta
27/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Salah satu tampilan boneka di wahana Istana Boneka di Dunia Fantasi Ancol (Dupan), Jakarta. Banyak boneka-boneka dari seluruh nusantara yang menggunakan pakaian adat dan juga boneka-boneka dari berbag [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Suku Baduy di Banten
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

 Suku Baduy di Banten yang masih tinggal di pedalaman dan hidup dengan car-cara yang masih tradisional. "Hutan adalah rumah kami". Itu merupakan semoyan mereka untuk bertahan di pedalaman hutan.  [ ... ]


Manusia Purba Homo Erectus di Trinil, Jawa Tengah
02/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Homo Erectus adalah manusia yang hidup sejak 1 juta - 150.000 tahun yang lalu pada Masa Paleolitik dan Masa Mesolitik. Benda budaya yang dihasilkan mencakup Kapak Perimbas, Pahat Gemgam, Proto Kapak G [ ... ]


Kendi/Kibuk Untuk Prosesi Pernikahan Adat Lampung
27/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kendi dikenal di seluruh dunia dan berkembang di Mesir, China, Jepang, Thailand, dan Indonesia yang tersebar hampir diseluruh nusantara. Salah satunya adalah di masyarakat adat Lampung. Kendi memil [ ... ]


Jembatan Akar Pohon di Kampung Baduy, Kabupaten Lebak, Banten
28/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Orang Kanekes atau orang Baduy/Badui adalah suatu kelompok masyarakat adat Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Populasi mereka sekitar 5.000 hingga 8.000 orang, dan mereka merupakan salah satu s [ ... ]


Patung Garuda Wisnu Kencana di Kuta Bali
07/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali. Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi  [ ... ]


Budaya Batik sebagai Warisan Kemanusiaan Nusantara
23/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Batik tidak sekedar kain bermotif, tetapi sudah menjadi ciri khas budaya nusantara. Dalam literatur internasional, teknik yang biasa di pakai para pengrajin di Yogyakarta ini dikenal sebagai wax-resi [ ... ]