Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home Sejarah Kemerdekaan RI Keturunan Indonesia Banyak Berdiaspora di Belanda

Keturunan Indonesia Banyak Berdiaspora di Belanda

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 1
TerburukTerbaik 

Masyarakat Indonesia yang tinggal di Belanda, keturunan Indonesia, warga Indo-Belanda serta warga Indisch atau keturunan dari warga Belanda yang dahulu lahir dan tinggal di Indonesia namun harus meninggalkan Indonesia pada tahun 1950-an ternyata cukup banyak.

Warga Indisch generasi pertama sebagian besar adalah warga lanjut usia namun generasi ketiga dari warga ini masih tetap ingin mengetahui akar keturunan mereka berasal yaitu Indonesia. Sebagian dari mereka berusaha untuk dapat menapak tilas perjalanan hidup leluhur mereka yang dapat mereka ambil manfaat untuk kehidupan mereka serta menjalin kembali hubungan dengan negeri leluhur mereka.

Salah seorang dari warga Indisch adalah Annelies Damen, seorang fotografer profesional yang telah menjalankan napak tilas tempat kakek nenek dan orang tua berasal. Sebagai seorang fotografer professional, perjalanan tersebut dituangkannya dalam foto. Pada April 2011, sang nenek meninggal dunia pada usia 96 tahun dan hal inilah yang kemudian mengilhaminya untuk segera berkunjung ke Indonesia karena tidak ingin pengalaman yang dialami oleh leluhurnya hilang. Kisah cerita sang nenek hanyalah salah satu kisah cerita dari 330.000 warga Belanda yang meninggalkan Indonesia pada tahun 1950-an dan harus tinggal di Belanda yaitu negeri yang asing bagi mereka pada saat itu.

Pada perjalanannya ke Indonesia,Oktober tahun lalu, Annelies berhasil mengabadikan tempat-tempat yang selalu menjadi cerita indah dari para leluhurnya sewaktu mereka hidup di Indonesia diantaranya kota Sukabumi tempat ibunya dilahirkan, Bandung, Yogyakarta, Surabaya serta Candi Borobudur yang menjadi tempat kebanggaan neneknya hingga Tretes dan Gunung Bromo sampai pulau Bali dimana keluarganya sering menghabiskan masa liburan.

Peran cerita sang nenek yang bernama Riek sangat melekat di hati dan pikiran Annelies, sehingga ketika tiba di Indonesia pada bulan Oktober yang lalu, fotografer tersebut langsung dapat merasakan keterikatannya dengan Indonesia. Kehangatan masyarakat Indonesia, keanekaragaman warna, semerbaknya aroma kulinari serta pemandangan yang hijau dan bernaneka ragam hayati yang dilihat dan dirasakannya sama seperti yang diceritakan sang nenek. Hal ini menambah kecintaannya terhadap negeri yang sebelumnya hanya diketahuinya melalui cerita.

Hasil bidikan kameranya dipadukan secara visual dengan foto lama leluhurnya sewaktu berada di Indonesia, hal ini untuk menunjukkan bahwa neneknya selalu hadir bersamanya ketika mengunjungi tempat-tempat tersebut. Pemaduan gambar tersebut juga menyampaikan pesan kepada publik tentang arti kehidupan. Foto tunas-tunas padi yang hijau dipadukan dengan foto sang nenek dengan kedua anaknya dalam arti kehidupan baru yang penuh harapan.

Annelies Damen yang memiliki anjungan pameran hasil karyanya pada Pasar Malam Indonesia ini juga berencana akan melakukan pameran hasil bidikan kameranya selama di Indonesia pada sebuah Museum di Den Haag bulan Mei mendatang. Ia bermaksud untuk menyampaikan pesan mendalam kepada publik di Belanda mengenai sejarah terutama sejarah bangsa Belanda yang tidak dapat dipisahkan dengan Indonesia. Hal ini mengingat generasi muda Belanda baik yang tidak mempunyai keterikatan darah maupun sejarah dalam keluarganya dengan Indonesia maupun generasi ketiga Indisch lainnya bahwa keberadaan mereka saat ini mempunyai keterkaitan dengan Indonesia.

Dengan latar belakang Indonesia yang kuat dari hasil-hasil karyanya, Annelies juga mempunyai ambisi untuk mengadakan pameran di Indonesia dan menjalin hubungan dan kerjasama dengan para seniman dan fotografer Indonesia.

Forum Indisch

Upaya lain yang dilaksanakan oleh generasi ketiga Indisch adalah seperti yang dilakukan oleh Kirsten Vos yang mendirikan forum bernama Indisch 3.0 yang bertujuan untuk tetap menjalin keterikatan bathin dengan Indonesia. Pengalaman kunjungannya ke Indonesia sama dengan Annelies yaitu langsung merasakan adanya keterikatan dengan Indonesia terutama setelah melihat dan merasakan apa yang diceritakan oleh leluhurnya yang lahir dan tinggal di Batavia atau Jakarta.

Sebagai seorang professional yang bekerja sebagai public relations pada satu perusahaan swasta, Kiersten melihat para generasi ketiga Indisch yang telah banyak sukses pada bidangnya masing-masing namun ketika perekonomian Belanda menurun mereka mulai kembali menceritakan masa-masa sulit leluhur mereka ketika harus meninggalkan Indonesia dan kehadiran mereka di Belanda tidak dikehendaki oleh warga Belanda lainnya. Dengan membuka forum ini para generasi ketiga tersebut dapat bertukar pikiran dan melihat faktor positif dari pengalaman leluhur mereka serta kehidupan mereka yang indah sewaktu di Indonesia. Dengan demikian menarik mereka kembali untuk dapat menjalin ikatan atau hubungan dengan Indonesia melalui cara-cara mereka sendiri.

Saat ini forum tersebut digunakan pula untuk membahas bahkan menyebarkan informasi mengenai kesempatan yang ada di Indonesia baik dalam menjalankan hubungan bisnis maupun sosial budaya. Maksud dan tujuan yang positif ini disambut baik oleh KBRI Den Haag yang kemudian membina hubungan yang baik dengan para anggota forum. Pada acara PMI kali ini forum tersebut ikut serta membantu dalam mendesiminasikan informasi mengenai PMI kepada para anggotanya yang secara berkelompok setiap harinya mengunjungi PMI.

Para anggota forum sangat menghargai penyelenggaraan PMI 2011 yang diselenggarakan oleh KBRI Den Haag dengan dukungan Kementerian Luar Negeri RI yang tetap mempertahankan ke-Indonesiaan yang autentik. Hal ini dikarenakan Pasar Malam Tong Tong yang telah digelar sejak lebih dari 50 tahun yang lalu saat ini telah menjadi Tong Tong Fair yang bersifat komersial dan tidak lagi bernuansa Indonesia.

Ikatan Emosional Indonesia dan Belanda

Perjalanan sejarah bangsa Belanda sejak abad ke 17 tidak terpisahkan dengan Indonesia dan ikatan sejarah maupun emosional dari generasi pertama Indisch tidaklah abadi apabila tidak adanya upaya untuk meneruskan hubungan khusus dimaksud, melalui hubungan people to people terutama diantara para generasi mudanya. Kementerian Luar Negeri RI melalui KBRI Den Haag sangat menyadari akan hal tersebut, oleh karena itu berbagai upaya telah dan terus dilaksanakan untuk meningkatkan hubungan kedua Negara di luar batas hubungan ikatan emosional tersebut. Pasar Malam Indonesia 2011 mencatat berbagai capaian yang diraih maupun kesempatan yang harus terus ditindaklanjuti baik dalam kaitannya dengan hubungan sosial budaya maupun ekonomi perdagangan.

Namun demikian, upaya ini juga harus dibarengi dengan desiminasi informasi kepada masyarakat Indonesia yang masih belum banyak mengetahui potensi yang dimiliki oleh Belanda termasuk diaspora Indonesia di Belanda dan tentunya warga Belanda yang memiliki keterikatan khusus dengan Indonesia. Saling pengertian diantara kedua bangsa merupakan kunci sukses peningkatan hubungan kedua negara terlebih apabila Indonesia dapat terus menggalang kehadiran diasporannya di negeri Belanda.

Sumber : www.deplu.go.id


Artikel Terkait Lainnya :


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

Pemutakhiran Terakhir ( Jumat, 03 Agustus 2012 01:33 )  

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Sepuluh Ribu Warga Mesir Turun Kejalan Menyerukan Pengalihan Kekuasaan dari Militer ke Sipil
28/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Puluhan ribu warga Mesir menggelar unjuk rasa pada Jumat di Lapangan Tahrir yang merupakan ikon pusat Kairo, menyerukan "pegang martabat".

Para pengunjuk rasa menyerukan penyerahan kekuasaan dari mili [ ... ]


Indonesia Siap Bantu Masa-masa Transisi Mesir
02/03/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Indonesia akan berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama dengan Mesir dalam berbagai bidang. Pernyataan ini disampaikan Nurfaizi Suwandi saat menyerahkan surat-surat kepercayaan sebagai Duta Besar RI [ ... ]


Afrika
Fidel Castro Mengecam Cara-Cara Kekaisaran Amerika Serikat
11/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Kuba akan banyak berubah, namun perubahan itu akan terjadi berkat upaya rakyat Kuba sendiri, dan bukan menjadi produk tekanan AS, kata Fidel Castro dalam serial artikel `Refleksi` yang dipublikasikan  [ ... ]


Potensi Masa Depan Hubungan Indonesia - Negara-Negara Kawasan Amerika Latin
26/12/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Hubungan RI-Amerika Latin masih bersifat low politics. Negara-negara Amerika Latin dipandang belum memiliki kepentingan langsung terhadap isu-isu politik dan keamanan di kawasan yang menjadi perhatian [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Yogyakarta Wilayah Pertama NKRI
17/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan wilayah pertama di Negara Kesatuan Republik Indonesia pascaproklamasi kemerdekaan pada 1945, setelah Sri Sultan Hamenku Buwono IX yang berkuasa di Keraton Yogya [ ... ]


Akbar Tandjung : selesaikan konflik Papua dalam prinsip NKRI
22/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung meminta semua pihak untuk menyelesaikan konflik di Provinsi Papua dalam prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Konflik di Papua itu ha [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Indonesia Membeli Pesan Tiga Kapal Selam dari Korea Selatan
12/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Untuk memperkuat pertahanan RI terutama di lautan, Angkatan Laut Indonesia akan diperkuat lagi dengan tiga kapal laut. Selama ini TNI AL baru memiliki dua kapal selam. Ditargetkan pada tahun 2020 Ind [ ... ]


AS "Emoh" Mengurangi Senjata Hulu Ledak Nuklir sesuai START
04/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Departemen Luar Negeri AS kemarin (3/10) mengumumkan, hingga 1 September lalu, AS memiliki total 1.722 hulu ledak nuklir. Jumlah ini 223 butir lebih banyak dibandingkan yang dimiliki Rusia. Ini b [ ... ]


Perkembangan Militer
ASEAN Selenggarakan Pertemuan Walikota se ASEAN di Surabaya
26/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Pertemuan Pertama Forum Walikota ASEAN telah dilaksanakan di Hotel JW Marriott, Surabaya pada tanggal 24-25 Oktober 2011. Pertemuan dipimpin oleh Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (A [ ... ]


Presiden RI Sorot Masa Depan Asia Tenggara
04/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta PM Thailand, PM Vietnam, dan PM Laos, menjadi panelis utama dalam sesi pembukaan World Economic Forum on East Asia (WEFEA) di Bangkok (31/05). Dalam paparan [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Proklamasi dan Anak Muda Pergerakan, Sukarni Kartodiwirjo
Tim Admin Indonesian Voices

Sukarni (lahir di Blitar, Jawa Timur, 14 Juli 1916 – meninggal di Jakarta, 7 Mei 1971 pada umur 54 tahun), yang nama lengkapnya adalah Sukarni Kartodiwirjo, adalah tokoh pejuang kemerdekaan Ind [ ... ]


Abdul Halim Perdanakusuma, Pahlawan Nasional dan Tokoh AURI yang Gugur Dalam Tugas
Tim Admin Indonesian Voices

Abdul Halim Perdanakusuma lahir di Sampang, Madura, 18 Nopember 1922. Setelah menamatkan MULO (setingkat sekolah Lanjutan Pertama), atas kemauan orang tua, ia memasuki Sekolah Pamongpraja di Magelan [ ... ]


Sejarah Perang Frontal Puputan Margarana di Tabanan Bali, 20 November 1946
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Latar belakang munculnya puputan Margarana sendiri bermula dari Perundingan Linggarjati. Pada tanggal 10 November 1946, Belanda melakukan perundingan linggarjati dengan pemeri [ ... ]


Serangan Umum 1 Maret 1949 Memperkuat Diplomasi Indonesia
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Agresi Militer Belanda II telah kembali menancapkan kuku penjajahan dibumi nusantara yang dilancarkan pada bulan Desember 1948. TNI perlu upaya untuk kembali memperkuat dan melakukan perlawanan agar d [ ... ]


Pemberontakan Tentara KNIL yang Masih Setia Pada RI, Tahun 1945 di Sulawesi Selatan
Tim Admin Indonesian Voices

Pergolakan perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan RI di Sulawesi Selatan mempunyai cerita yang heroik juga. Kalau di Jawa banyak dari mantan Haiho dan PETA untuk kemudian menjadi pendukung perju [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Tari Siger Penguntin pada Festival Krakatau 2012
12/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Lampung memiliki banyak sekali ragam budaya, sikap dan budaya masyarakat yang plural telah sangat terbuka dengan kedatangan suku lain ke Provinsi ini. Sikap terbuka ini dilambangkan dalam sebuah tar [ ... ]


Keindahan Gunung Ungaran di Semarang, Jawa Tengah
04/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Gunung Ungaran adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Jawa, tepatnya terletak di sebelah Selatan - Barat Daya kota Semarang dengan jarak sekitar 40 Km, tepatnya berada di kabupaten Semarang. Gu [ ... ]


Sungai Komering di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan
01/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sungai Komering adalah sungai yang berasal dari hulu di barat pulau Sumatra dan bermuara di timur Palau Sumatra di Provinsi Sumatra Selatan. Sungai ini melalui beberapa kabupaten di provinsi yang memi [ ... ]


Letusan Gunung Krakatau 1883 Terdahsyat dalam Sejarah Letusan Vulkanik
27/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Gunung Krakatau sebenarnya adalah  kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana ( [ ... ]


Asik Makan Sea Food Sambil Melihat Keindahan Sunset Pantai Jimbaran, Bali
12/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pantai Jimbaran terkenal dengan pasirnya yang putih bersih dan luas, sehingga paling enak untuk bersantai di pinggir pantai atau berjemur. Ombaknya relatif tenang dan tidak membahayakan. Saangat cocok [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Patung Garuda Wisnu Kencana di Kuta Bali
07/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali. Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi  [ ... ]


Tari Gending Sriwijaya dari Sumatra Selatan
27/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Seorang wanita sedang menari Gending Sriwijaya yang berasal dari Sumatra Selatan. Melihat photo lainnya.Sumber : tourism.indonesianvoices.com


Kendi/Kibuk Untuk Prosesi Pernikahan Adat Lampung
27/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kendi dikenal di seluruh dunia dan berkembang di Mesir, China, Jepang, Thailand, dan Indonesia yang tersebar hampir diseluruh nusantara. Salah satunya adalah di masyarakat adat Lampung. Kendi memil [ ... ]


Budaya Batik sebagai Warisan Kemanusiaan Nusantara
23/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Batik tidak sekedar kain bermotif, tetapi sudah menjadi ciri khas budaya nusantara. Dalam literatur internasional, teknik yang biasa di pakai para pengrajin di Yogyakarta ini dikenal sebagai wax-resi [ ... ]


Jembatan Akar Pohon di Kampung Baduy, Kabupaten Lebak, Banten
28/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Orang Kanekes atau orang Baduy/Badui adalah suatu kelompok masyarakat adat Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Populasi mereka sekitar 5.000 hingga 8.000 orang, dan mereka merupakan salah satu s [ ... ]


Manusia Purba Homo Erectus di Trinil, Jawa Tengah
02/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Homo Erectus adalah manusia yang hidup sejak 1 juta - 150.000 tahun yang lalu pada Masa Paleolitik dan Masa Mesolitik. Benda budaya yang dihasilkan mencakup Kapak Perimbas, Pahat Gemgam, Proto Kapak G [ ... ]