Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home Sejarah Kemerdekaan RI Karawang Pusat Lumbung Padi Pasukan Sultan Agung Melawan VOC

Karawang Pusat Lumbung Padi Pasukan Sultan Agung Melawan VOC

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 4
TerburukTerbaik 

Batavia Masa Penyerangan Sultan AgungOleh : Heri Hidayat Makmun

Karawang yang merupakan daerah yang masih hutan belantara dan berawa-rawa rencananya akan dibentuk menjadi lumbung pangan tersebut. Daerah ini pada Abad XV adalah tempat ulama besar Syeikh Hasanudin bin Yusup Idofi dari Champa yang terkenal dengan sebutan Syeikh Quro yang mendukung terhadap perjuangan melawan VOC. Sebagian besar masyarakat Karawang pada masa itu adalah seorang santri yang menjadi petani. Kondisi masyarakat dan geografis Karawang sangat cocok untuk mendukung serangan ke benteng-benteng VOC di Batavia.

Keberadaan daerah Karawang juga telah dikenal sejak Kerajaan Pajajaran yang berpusat di Daerah Bogor, karena Karawang pada masa itu merupakan jalur lalu lintas yang sangat penting untuk menghubungkan Kerajaan Pakuan Pajajaran dengan Galuh Pakuan yang berpusat di Daerah Ciamis.
Luas Wilayah Kabupaten Karawang pada saat itu, tidak sama dengan luas Wilayah Kabupaten Karawang pada masa sekarang. Pada waktu itu luas Wilayah Kabupaten Karawang meliputi Bekasi, Purwakarta, Subang dan Karawang sendiri .

Setelah Kerajaan Pajajaran runtuh pada tahun 1579 Masehi, pada tahun 1580 Masehi berdiri Kerajaan Sumedanglarang sebagai penerus KerajaanPajajaran dengan Rajanya Prabu Geusan Ulun. Kerajaan Islam Sumedanglarang, pusat pemerintahannya di Dayeuhluhur dengan membawahi Sumedang, Galuh, Limbangan,Sukakerta dan Karawang. Pada tahun 1608 Prabu Geusan Ulun wafat dan digantikan oleh putranya Ranggagempol Kusumahdinata.

Ranggagempol Kusumahdinata sebagai Raja Sumendanglarang masih mempunyai hubungan keluarga dengan Sultan Agung dan mengakui kekuasaan Mataram. Maka pada Tahun 1620, Ranggagempol Kusumahdinata menghadap ke Mataram dan menyerahkan kerajaan Sumedanglarang di bawah naungan Kerajaan Mataram.

Ranggagempol Kusumahdinata oleh Sultan Agung diangkat menjadi Bupati (Wadana) untuk tanah Sunda dengan batas-batas wilayah disebelah Timur Kali Cipamali, disebelah Barat Kali Cisadane, disebelah Utara Laut Jawa, dan disebelah Selatan Laut Kidul.

Pada Tahun 1624 Ranggagempol Kusumahdinata wafat, dan sebagai penggantinya Sultan Agung mengangkat Ranggagede, Putra Prabu Geusan Ulun.
Pada Tahun 1624, Sultan Agung mengutus Surengrono (Aria Wirasaba) dari Mojo Agung, Jawa Timur untuk berangkat ke Karawang dengan membawa 1000 Prajurit dengan keluarganya, dari Mataram melalui Banyumas dengan tujuan untuk membentuk Karawang sebagai pusat logistic pangan sebagai persiapan melawan VOC di Batavia dengan membangun gudang-gudang beras dan meneliti rute penyerangan Mataram ke Batavia.

Langkah awal yang dilakukan Aria Surengrono adalah dengan mendirikan 3 (tiga) Desa yaitu Waringinpitu (Telukjambe), Desa Parakansapi (di Kecamatan Pangkalan yang sekarang telah terendam Waduk Jatiluhur) dan Desa Adiarsa (Sekarang ternlasuk di Kecamatan Karawang Barat), dengan pusat kekuatan di ditempatkan di Desa Waringinpitu.

Karena jauh dan sulitnya hubungan antara Karawang dengan Mataram, Aria Wirasaba belum sempat melaporkan tugas yang sedang dilaksanakan kepada Sultan Agung. Keadaan ini menjadikan Sultan Agung mempunyai angqapan bahwa tuqas yang diberikan kepada Aria Wirasaba gagal dilaksanakan.

Demi menjaga keselamatan Wilayah Kerajaan Mataram sebelah barat, pada tahun 1628 dan 1629, bala tentara Kerajaan Mataram diperintahkan Sultan Agung untuk melakukan penyerangan terhadap VOC (Belanda) di Batavia. Namun serangan ini gagal disebabkan keadaan medan yang sangat berat.

Sultan Agung kemudian menetapkan Daerah Karawang sebagai pusat logistik yang harus mempunyai pemerintahan sendiri dan langsung berada dibawah pengawasan Mataram serta harus dipimpin oleh seorang pemimpin yang cakap dan ahli perang sehingga mampu menggerakkan masyarakat untuk membangun pesawahan guna mendukung pengadaan logistik dalam rencana penyerangan kembali terhadap VOC (belanda) di Batavia.

Pada tahun 1632, Sultan Agung mengutus kembali Wiraperbangsa Sari Galuh dengan membawa 1.000 prajurit dengan keluarganya menuju Karawang. Tujuan pasukan yang dipimpin oleh Wiraperbangsa adalah membebaskan Karawang dari pengaruh Banten, mempersiapkan logistik sebagai bahan persiapan melakukan penyerangan terhadap VOC (Belanda) di Batavia, sebagaimana halnya tugas yang diberikan kepada Aria Wirasaba yang dianggap gagal.

Tugas yang diberikan kepada Wiraperbangsa dapat dilaksanakan dengan baik dan hasilnya langsung dilaporkan kepada Sultan Agung. Atas keberhasilannya Wiraperbangsa oleh Sultan Agung dianugrahi jabatan Wedana (Setingkat Bupati) di Karawang dan diberi gelar Adipati Kertabumi III serta diberi hadiah sebilah keris yang bernama "Karosinjang".

Setelah penganugrahan gelar tersebut yang dilakukan di Mataram, Wiraperbangsa bermaksud akan segera kembali ke Karawang, namun sebelumnya beliau singgah dahulu ke Galuh untuk menjenguk keluarganya.Atas takdir IIlahi Beliau kemudian wafat saat berada di Galuh.
Setelah Wiraperbangsa Wafat, Jabatan Bupati di Karawang dilanjutkan oleh putranya yang bernama Raden Singaperbangsa dengan gelar Adipati Kertabumi IV yang memerintah pada tahun 1633-1677.

Pada abad XVII kerajaan terbesar di Pulau Jawa adalah Mataram, dengan raja yang terkenal yaitu Sultan Agung Hanyokrokusumo. la tidak menginginkan wilayah Nusantara diduduki atau dijajah oleh bangsa lain dan ingin mempersatukan Nusantara.

Dalam upaya mengusir VOC yang telah menanamkan kekuasaan di Batavia, Sultan Agung mempersiapkan diri dengan terlebih dahulu menguasai daerah Karawang, untuk dijadikan sebagai basis atau pangkal perjuangan dalam menyerang VOC.

Ranggagede diperintahnya untuk mempersiapkan bala tentara/prajurit dan logistik dengan membuka lahan-Iahan pertanian, yang kemudian berkembang menjadi lumbung padi.

Tanggal 14 September 1633 Masehi, bertepatan dengan tanggal 10 Maulud 1043 Hijriah, Sultan Agung melantik Singaperbangsa sebagai Bupati Karawang yang pertama, sehingga secara tradisi setiap tanggal 10 Maulud diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Karawang.

Berawal dari sejarah tersebut dan perjuangan persiapan proklamasi kemerdekaan RI, Karawang lebih dikenal dengan julukan sebagai kota pangkal perjuangan dan daerah lumbung padi Jawa Barat.
Sumber Pustaka :

1. A. Sartono Kartodihardjo, Prof. Dr., Pengantar Sejarah Indonesia Baru 1500-1900, Cet. III, Jakarta, PT Gramedia, 1992.

2. Abdurrahman Mas’ud, MA. Ph.D, Intelektual Pesantren (perhelatan agama dan tradisi), Yogyakarta, LKis, 2004

3. Darsiti Soeratman, Prof. Dr., Kehidupan Dunia Keraton Surakarta 1830-1930, Yogyakarta, Yayasan Untuk Indonesia, 2000.

4. H.J. De Graaf, Geschiedenis van Indonesie, Bandung, W. van Hoeve, 1949.

5. www.karawangkab.go.id


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

Pemutakhiran Terakhir ( Senin, 12 November 2012 00:56 )  

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Massa Islam Indonesia Kutuk Pembantaian Militer Mesir
30/07/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Sejumlah organisasi massa Islam di Indonesia berkumpul dan mengecam pembantaian yang dilakukan oleh militer Mesir terhadap sipil pengunjuk rasa pendukung mantan Presiden Muhamed Moursi. "Kami menge [ ... ]


Media Mesir : AS Sebarkan Dana Untuk Terorisme di Mesir
15/02/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Surat kabar resmi Mesir di dalam berita utama mereka Selasa (14/2) menuduh AS berencana menyebar kekacauan di Mesir, sehingga meningkatkan pertikaian yang dikatakan Washington harus diselesaikan guna  [ ... ]


Afrika
Indonesia Dorong Kerjasama dengan Negara-Negara Amerika Latin Melalui FEALAC
20/04/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

FEALAC memiliki peran yang sangat strategis dalam mendorong peningkatan hubungan kerjasama perdagangan antara Indonesia dan negara-negara di kawasan Amerika Latin. Sebagai salah satu pendiri FEALAC [ ... ]


Polisi Meksiko Menghadapi Perang Antar Kartel Narkoba
10/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Perang antar kartel narkoba di Meksiko telah meluas, polisi semakin sering menemukan mayat demi mayat para korban persaingan antar kartel dinegara yang paling rawan pengedaran obat bius tersebut.

Gabri [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Yogyakarta Wilayah Pertama NKRI
17/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan wilayah pertama di Negara Kesatuan Republik Indonesia pascaproklamasi kemerdekaan pada 1945, setelah Sri Sultan Hamenku Buwono IX yang berkuasa di Keraton Yogya [ ... ]


Mahfud MD: Bukan Negera Asing Ancam Kelangsungan NKRI, Tapi Korupsi
26/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD mengatakan Negara Indonesia tidak sedang menerima ancaman dari luar negeri, justru ancaman utamanya datang dari dalam berupa korupsi yang dapat mengganggu kela [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Indonesia Membeli Pesan Tiga Kapal Selam dari Korea Selatan
12/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Untuk memperkuat pertahanan RI terutama di lautan, Angkatan Laut Indonesia akan diperkuat lagi dengan tiga kapal laut. Selama ini TNI AL baru memiliki dua kapal selam. Ditargetkan pada tahun 2020 Ind [ ... ]


Uzbekistan Akan Menolak Pangkalan Militer Asing
09/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Biro Penerangan Senat Uzbekistan kemarin (7/8) mengeluarkan berita bahwa pihaknya akan meratifikasi rancangan undang-undang tentang pelarangan disposisi pangkalan militer asing di Uzbekistan. Sidan [ ... ]


Perkembangan Militer
Sekjen PBB Ban Ki-Moon nyatakan PBB Ingin Memperkuat Hubungan dengan ASEAN
22/03/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Sekjen PBB Ban Ki-Moon menilai hubungan antara PBB dan ASEAN semakin penting menyusul diadopsinya Joint Declaration on Comprehensive Partnership. Ia ingin melihat kedua organisasi tersebut dapat be [ ... ]


Semangat Mitra ASEAN Membangun Konektivitas Regional
15/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu fokus utama hari Pertama KTT ASEAN ke 18 (7/5), para Kepala Negara/Pemerintahan ASEAN membahas mengenai pengembangan Konektivitas Regional khususnya mengenai Rencana Induk Konektivitas  [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Ki Hajar Dewantara Tokoh Pendidikan dan Pendiri Organisasi Modern Boedi Utomo
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Ki Hajar Dewantara Lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia berasal dari lingkungan keluarga kraton Yogyakarta. Raden Mas Soewardi Soeryani [ ... ]


Basuki Rahmat Pahlawan Nasional Ikut Andil Dalam Menghadap Agresi Belanda II
Tim Admin Indonesian Voices

Basuki Rahmat merupakan seorang figur tokoh pahlawan nasional. Ia tidak hanya seorang jenderal, tetapi juga seorang politikus yang piawai dalam mendukung pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pria kelahir [ ... ]


Perjuangan Menempuh Kemerdekaan Melalui Media Massa Tahun 1908 - 1945
Tim Admin Indonesian Voices

Pergerakan kebangsaan setelah tahun 1908 memberikan corak yang berbeda dengan sebelumnya. Pergerakan yang ada berupa pergerakan intelektual yang berbasis organisasi dan juga penggunaan media masa  [ ... ]


Sejarah Perang Frontal Puputan Margarana di Tabanan Bali, 20 November 1946
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Latar belakang munculnya puputan Margarana sendiri bermula dari Perundingan Linggarjati. Pada tanggal 10 November 1946, Belanda melakukan perundingan linggarjati dengan pemeri [ ... ]


Abdul Halim Perdanakusuma, Pahlawan Nasional dan Tokoh AURI yang Gugur Dalam Tugas
Tim Admin Indonesian Voices

Abdul Halim Perdanakusuma lahir di Sampang, Madura, 18 Nopember 1922. Setelah menamatkan MULO (setingkat sekolah Lanjutan Pertama), atas kemauan orang tua, ia memasuki Sekolah Pamongpraja di Magelan [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Profile Indonesia di Kancah Pergaulan Internasional Meningkat
04/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Profil diplomasi Indonesia di kancah multilateral saat ini sudah lebih baik dibanding dulu. Oleh karena itu, perilaku orang Indonesia dalam pergaulan internasional pun harus mencerminkan meningkatnya  [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Tari Siger Penguntin pada Festival Krakatau 2012
12/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Lampung memiliki banyak sekali ragam budaya, sikap dan budaya masyarakat yang plural telah sangat terbuka dengan kedatangan suku lain ke Provinsi ini. Sikap terbuka ini dilambangkan dalam sebuah tar [ ... ]


Sejarah Panjang Gedung Sate di Bandung, Jawa Barat
21/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Gedung Sate di Bandung yang sekarang ini menjadi pusat pemerintahan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memiliki jejak sejarah yang panjang. Dalam sebuah buku Bandoeng en haar Hoogvlakte 1952 karya [ ... ]


Benteng Kuto Besak, Benteng Bersejarah Kota Palembang
30/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Bangunan ini dibangun selama 17 tahun di mulai pada tahun 1780 dan diresmikan pemakaiannya pada hari senin tanggal 21 Februari 1797.

Pemprakarsa pembangunan benteng ini adalah Sultan Mahmud Badarudd [ ... ]


Melihat Kawah Raksasa Gunung Tengger di TNBTS Probolinggo Jawa Timur
04/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Gunung Tengger merupakan bagian dari rangkaian Gunung Bromo, Tengger dan Batok merupakan bagian dari kawasan pelestarian alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Taman yang paling banyak diku [ ... ]


Wisata ke Pulau Kubur di Teluk Betung Barat, Lampung
09/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pulau Kubur merupakan pulau yang ada di selatan pulau Sumatera tepatnya berada di Pesisir Kota Bandar Lampung masuk wilayah kecamatan Telukbetung Barat. Pulau kubur ibukota kecamatan Telukbetung Barat [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Uang Lama 10 Rupiah Cetakan Dai Nippon Jepang
29/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Saat menjajah Indonesia, pemerintah Jepang (Dai Nippon) membuat UU No. 2 tanggal 8 Maret 2602 (tahun Jepang Kooki atau tahun 1942) tentang mata uang. Semua mata uang yang ada digantikan oleh uang ker [ ... ]


Rumah Adat Komering, Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan
17/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Suku Komering adalah satu klan dari Suku Lampung yang berasal dari Kepaksian Sekala Brak yang telah lama bermigrasi ke dataran Sumatera Selatan pada sekitar abad ke-7 dan telah menjadi beberapa Kebuay [ ... ]


Suku Baduy di Banten
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

 Suku Baduy di Banten yang masih tinggal di pedalaman dan hidup dengan car-cara yang masih tradisional. "Hutan adalah rumah kami". Itu merupakan semoyan mereka untuk bertahan di pedalaman hutan.  [ ... ]


Pameran Sepeda Ontel di Gasibu Bandung
26/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sepeda ontel benar-benar semakin populer, bukan karena sejarahnya saja yang memang telah menghiasi masa lalu para biker, tetapi juga militanismenya para Ontel Club telah membuat keberadaan ont [ ... ]


Para Pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara
07/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sunda Kelapa adalah nama sebuah pelabuhan dan tempat sekitarnya di Jakarta, Indonesia. Pelabuhan ini terletak di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sejarah pelabuhan ini s [ ... ]


Keunikan Seni dan Budaya Jalan Malioboro, di Jantung Yogyakarta
21/04/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Jalan Malioboro terletak di jantung Daerah Istimwewa Yogyakarta. Jalan tersebut berada antara jalan Jenderal Ahmad Yani dan jalan Abu Bakar Ali. Dijalan ini ada Kantor DPRD Di Yogyakarta.

Jalan Mali [ ... ]