Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home

Tipu Muslihat AFNEI terhadap Pemerintah Republik Indonesian pada 1945

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 4
TerburukTerbaik 


Oleh Heri Hidayat Makmun

Pada saat perang dunia kedua berlangsung, rencananya wilayah Indonesia akan di masukkan dalam daerah tugas pendaratan pasukan Amerika Serikat (AS) yang tergabung dalam South West Pasific Command (SWPC) di bawah pimpinan Jenderal McArthur, tetapi rencana ini berubah setelah keberhasilan strategi lancet kotak untuk merebut pulau demi pulau menuju Filipina.

Kemudian rencana inipun dibatalkan mengingat wilayah RI yang luas dan memiliki kemungkinan terjadinya perlawanan dari pihak Republik Indonesia yang sudah memiliki senjata hasil merebut dari tentara Jepang yang berada di Indonesia. Wilayah Indonesia di serahkan kepada pasukan Inggris yang tergabung dalam South East Asia Command (SEAC) di bawah pimpinan Laksamana Lord Mountbatten.

Pada akhirnya rencana ini pun gagal dijalankan. AS, Inggris dan Belanda memiliki banyak kekhawatiran yang mendalam pada kekuatan bangsa Indonesia yang pada akhirnya hal ini sangat terbukti. Hal ini juga berdasarkan laporan dari pihak Sekutu yang sudah lebih dahulu berada di Indonesia, bawah kekuatan Republik Indonesia tidak bisa dianggap enteng. Pakta bahwa Jepang belum sepenuhnya menguasai Indonesia juga bisa menjadi bukti bawah pelawanan dari Indonesia sangat menggetarkan pihak Sekutu. Jepang hanya berhasil menguasai keadaan di beberapa kota saja, seperti Bandung, Semarang, Bali, dan Bengkulu.


Inggris dan Belanda memiliki perbedaan pandangan soal kekuatan militer Indonesia. Belanda berkeyakinan bahwa hanya dengan 75.000 tentara saja wilayah Indonesia dapat dikuasai. Tetapi Inggris berpendapat bahwa untuk pulau Jawa dan Sumatera saja minimal dibutuhkan 6 divisi, dan untuk Kalimantan dan Indonesia Timur dibutuhkan 2 divisi. Panglima pasukan Sekutu Asia Tenggara Jendral Dempsey bahkan memperingatkan Jenderal Christison bahwa pasukan Inggris baru bisa menandingi para pejuang Indonesia jika semua pasukan Inggris berpusat di Jawa Barat saja.

Selain itu pihak Sekutu memperhitungkan adanya kemungkinan yang tinggi untuk menghadapi dua kekuatan yang cukup besar, yang pertama dari tentara Jepang sendiri, karena tidak ada jaminan bahwa kekalahan Jepang menyebabkan mereka tidak melakukan perlawanan di Indonesia dan kedua adalah pejuang Republik Indonesia yang sudah memproklamasikan diri. Dari Pihak Pemerintah Belanda sendiri sadar bahwa Pejuang Republik Indonesia akan dengan mudah membabat habis tentara Belanda yang baru akan masuk ke Indonesia.

Dari pertimbangan ini maka dibentuklah suatu persekutuan kekuatan baru yang dianggap lebih handal dengan jumlah tentara yang sudah dilipatgandakan yang terdiri dari tentara Inggris, tentara Ghurka (tentara bayaran India yang bekerja untuk Pemerintah Inggris), tentara Belanda dan tentara KNIL yang dikirim dari Ambon, Muangthai, Filipina, dan Malaya (Mereka ini cikal bakal tentara APRIS). Tentara KNIL yang sebagian berasal dari sipil Indonesia, Indo-Belanda dani para interniran Belanda yang sudah berada di Indonesia pada masa Jepang berkuasa. Ditambah lagi dengan 10.000 pasukan mariner yang siap berangkat dari AS ke Indonesia. Komando baru ini diberi nama Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) dengan panglimanya Letjen Sir Philip Christison yang berkedudukan sementara di Singapura.

Rencana Den Haag, jika pengiriman AFNEI berhasil maka Ratu Belanda akan mengirimkan 5000 marinir, 27 batalyon, 10.000 tank, arteleri dan geni. Pada Oktober akan ditambah dengan satu devisi lengkap dan 12.000 ex-KNIL interniran. Total yang akan dikirimkan sebesar 75.000 tentara.

Pada saat akan dimulai pengiriman pertama pasukan AFNEI, tanggal 8 September 1945, ini pun juga dibatalkan diganti hanya dengan mengirimkan intelegen langsung diba wah Christison yang berada di Singapura yang terdiri dari 7 orang perwira kepercayaan. Misi rahasia ini dikomandoi oleh Mayor Greenhalgh.

Mereka melaporkan berbagai keadaan di Jakarta, seperti kekuatan dan pengaruh pimpinan Republik Indonesia Soekarno, Hatta dan Syahrir. Kekuatan para pejuang yang di Pimpin oleh Jenderal Sudirman sulit dan belum dapat diperkirakan dan kekuatan mantan tentara PETA dan Haiho. Kekuatan dan pengaruh Jepang yang sudah menyerah kepada Sekutu. Hasil laporan itu juga menjelaskan bahwa Jepang tidak berada dalam posisi yang mengendalikan wilayah Indoneisa, tetapi wilayah Indonesia telah di control dan dibawah komando para Pemimpin Republik Indonesia.

Hasil-hasil kontak Mayor Greenhalgh dengan Pimpinan Kenpetai Nippon di Jakarta menghasilkan laporan penting yang berisi : Jepang tidak memiliki pengaruh yang cukup untuk mengendalikan keadaan di Indonesia. Jepang juga tidak dapat menjamin bahwa kekuatan para Pejuang kita dapat diminta untuk dapat bekerja sama, dan bahwasannya Jepang hanya dapat memberikan senjatanya dari sisa yang belum direbut oleh para Pejuang. Jepang juga tidak dapat memberikan jaminan bahwa senjata yang sudah ditangan para Pejuang dapat diserahkan kepada pihak Sekutu.

Hasil dari laporan tersebut melahirkan keputusan baru untuk tidak secara terang-terangan membawa tentara Belanda ke Indonesia, tetapi para tentara penjajah Belanda tersebut disebut sebagai sipil, agar tidak terjadi bentrokan dengan pihak Republik Indonesia, jika seandainya pihak Republik tahu bahwa Sekutu telah membawa tentara Belanda, dikwatirkan pihak Pejuang kita akan melakukan perlawanan. Untuk itu dibentuklah Netherlands Indies Civil Administration (NICA) yang sebenarnya untuk mengelabuhi para pemimpin kita pada masa itu.

Selain itu dari laporan itu juga Inggris meminta AS untuk melakukan sokongan militer dari posisinya di Philipina yang direspon oleh Jenderal McArthur. McArthur dan Christison membentuk sebuah misi rahasia. AS melalui kekuatan intelegennya dan sokongan persenjataan, melakukan gerakan rahasia memasuki Maluku dengan kapal-kapal kecil. Logistik militer yang mereka bawa menjadi modal yang digunakan bersama para interniran di Ambon membentuk satuan-satuan tentara KNIL yang berasal dari orang-orang Indonesia yang tidak cinta tanah air, Indo-Belanda dan interniran.
Orang-orang tersebut dilatih ilmu kemiliteran seadanya untuk diterjunkan ke medan perang melawan Pejuang RI, saudara sebangsa sendiri.

Secara bergelombang dilakukan pengiriman tentara KNIL yang mendukung misi Sekutu ke Jakarta, Bandung, Surabaya dan Makasar. Pengiriman tentara KNIL tersebut terus dilakukan dari tahun 1945 sampai tahun 1949. (Berhenti setelah pemberantasan APRIS di Bandung dan Ambon yang dilakukan oleh TNI pada 1949) .

Strategi penyerangan yang semula akan dilaksanakan seperti pada rencana SWPC, dirubah menjadi strategi perdamaian dan rekonsiliasi paska perang dunia II. Hal ini dilakukan untuk menghindari konfrontasi dengan pihak kita. Christison mengontak para pemimpin RI di Jakarta, dan menyatakan bahwa misi mereka adalah misi perdamaian.
Untuk itu disampaikan surat kepada Presiden Soekarno yang menyatakan bawah mereka mengakui secara kekuasaan de facto Pemerintah RI dan menyatakan bahwa misi yang mereka emban bertujuan untuk:
1. Melindungi dan memindahkan tawanan perang dan interniran yang dilaksanakan oleh Rehabilitation Allied Prisoners of War and Interneers (RAPWI).
2. Melucuti tentara Jepang dan mengembalikan mereka kenegaranya.
3. Memelihara ketertiban dan keamanan umum aar maksud di atas dapat dilaksanakan.

Strategi ini benar-benar berhasil, para pemimpin benar-benar terlena dan dibodohi. Kita menerima dengan senang hati, bahkan pemimpin kita berjanji untuk membantu terlaksananya misi tersebut.

Tanggal 15 September 1945, Jakarta, beberapa kapal perang Sekutu mulai berdatangan yang dipimpin oleh Laksamana Muda Peterson Wakil Panglima SEAC yang diperbantukan ke AFNEI. Dari pihak Belanda ikut Jendral Van Straten dan Dr. Ch. O. Van der Plas yang berpura-pura berpakaian sipil sebagai wakil NICA. Pendaratan mereka berjalan dengan lancer dan aman. Demikian juga yang terjadi di Medan, Padang, Palembang, Bandung, Semarang dan Surabaya.

Setelah itu apa yang terjadi? Setelah sebagian besar kekuatan mereka yang berada di Singapura dan Manila dating. Sekutu mulai beraksii dengan strategi pertama mereka. Melakukan penyerangan dan menyerahakan wilayah Indonesia ke Belanda yang berpura-pura menjadi NICA.

Berbagai terror, penyerangan, penangkapan dan pembunuhan terhadap pejuang kita, benar-benar membuka mata kita dan Bangsa Indonesia bahwa misi mereka adalah untuk kembali menjajah bumi pertiwi tercinta ini. Paska pengiriman pasukan ini terjadi peperangan dahsyat baik di Surabaya, Magelang, Bandung, Medan,Ambarawa, Jakarta, Palembang dan di berbagai wilayah lainnya.

Sumber data :
1. Dr. A.H. Nasution, 1995, Diplomasi atau Bertempur
2. Dr. A.H. Nasution, Sekitar Perang Kemerdekaan.
3. Seskoad, Serangan Umum 1 Maret 1945 di Yogyakarta dan Pengaruhnya
4. Bung Tomo (Sutomo), 2008, Pertempuran 10 November 1945 Kesaksian dan Pengalaman Seorang Aktor Sejarah


Artikel Terkait Lainnya :


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

Pemutakhiran Terakhir ( Jumat, 25 Juni 2010 04:33 )  

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Rakyat Afrika Selatan Sangat Khawatir Kondisi Kesehatan Nelson Mandela
27/06/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela masih dalam kondisi kritis di rumah sakit, seperti yang dikatakan oleh Presiden Jacob Zuma pada hari Rabu (26/6/2013).

"Saat ia masih dalam kondisi kritis  [ ... ]


Krisis Politik di Afrika Tengah Mendorong Perekrutan Anak-Anak Menjadi Serdadu
06/01/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Dewan Keamanan PBB kemarin (4/1) dalam pernyataan menekankan bahwa tidak boleh menyelesaikan krisis Republik Afrika Tengah melalui jalur militer, dan mengimbau berbagai pihak bentrokan itu mengupayaka [ ... ]


Afrika
Potensi Masa Depan Hubungan Indonesia - Negara-Negara Kawasan Amerika Latin
26/12/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Hubungan RI-Amerika Latin masih bersifat low politics. Negara-negara Amerika Latin dipandang belum memiliki kepentingan langsung terhadap isu-isu politik dan keamanan di kawasan yang menjadi perhatian [ ... ]


Masyarakat Peru Bermimpi Tentang Indonesia
27/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Suasana pantai Ancon, yang berjarak satu setengah jam dari kota Lima semakin semarak dengan hiasan umbul-umbul khas Bali yang dipasang di tepi pantai Náutico de Ancon, klub terkemuka di Lima. Hias [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Perundingan Rudal AS - Rusia Buntu
22/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Perundingan pertahanan rudal antara Rusia-Amerika Serikat mengalami kebuntuan, kata Utusan asal Rusia untuk Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Dmitry Rogozin, pada Rabu.

Rogozin menambahkan, meski [ ... ]


UNCLOS Penting Untuk Menjaga Kedaulatan Wilayah Laut Indonesia
01/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Dirjen HPI Kemlu Linggawaty Hakim, SH, LLM  mengatakan bahwa melalui Konvensi UNCLOS, terdapat pengakuan atas negara kepulauan. “Sehingga memiliki arti penting bagi Indonesia dengan menja [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Uzbekistan Akan Menolak Pangkalan Militer Asing
09/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Biro Penerangan Senat Uzbekistan kemarin (7/8) mengeluarkan berita bahwa pihaknya akan meratifikasi rancangan undang-undang tentang pelarangan disposisi pangkalan militer asing di Uzbekistan. Sidan [ ... ]


Arab Saudi Akan Tembak Pesawat Israel yang Melawati Udaranya
11/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Arab Saudi telah memperingatkan bahwa ia akan menembak jet tempur Israel yang masuk ke wilayah udaranya dalam perjalanan serangan ke Iran, kantor berita UPI melaporkan pada hari Kamis (9/8/2012) me [ ... ]


Perkembangan Militer
Presiden akan buka KTT Ke-19 ASEAN
16/11/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Kamis akan membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-19 perhimpunan negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, [ ... ]


Peluang Kerjasama ASEM Harus Dimanfaatkan RI
15/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Guna mendukung program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) maka Direktorat Kerjasama Intra Kawasan Amerika-Eropa, Kementerian Luar Negeri menyelenggarakan Asia [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Serangan Umum 1 Maret 1949 Memperkuat Diplomasi Indonesia
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Agresi Militer Belanda II telah kembali menancapkan kuku penjajahan dibumi nusantara yang dilancarkan pada bulan Desember 1948. TNI perlu upaya untuk kembali memperkuat dan melakukan perlawanan agar d [ ... ]


Perjuangan Pemuda Robert Wolter Mongonsidi Melawan Penjajahan Belanda
Tim Admin Indonesian Voices

Ini kisah perjuangan seorang pahlawan nasional Robert Wolter Monginsidi yang ditetapkan pada tahun 1973 dan mendapat gelar Bintang Gerilya (tahun 1958) dan Bintang Maha Putera Kelas III (tahun 1960).  [ ... ]


Upaya Belanda Mempengaruhi Inggris Untuk Kembali Menjajah Indonesia dalam Civil Affairs Agreement
Tim Admin Indonesian Voices

Konferensi Singapura merupakan pelaksanaan bidang militer dan kebijakan Sekutu di Asia Fasifik. Sebenarnya dari mengupas apa yang terjadi pada saat itu kita akan mendapatkan berbagai hal yang terkait  [ ... ]


Konspirasi Sekutu dan Belanda Untuk Kembali Menjajah Indonesia paska Perang Dunia II
Tim Admin Indonesian Voices

Pada bulan Agustus 1943 di Quebec, Kanada, dicapai kesepakatan antara Presiden Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Churchill, untuk membentuk South East Asia Command (SEAC : Komando Asia Tenggara),  [ ... ]


Kiprah Tokoh Agus Salim dalam Memperjuangan Kemerdekaan Indonesia
Tim Admin Indonesian Voices

Agus Salim yang pada saat setelah lahir diberi nama Mashudul Haq yang berarti “Pembela Kebenaran” sebuah harapan dari kedua orang tuanya yang pada kemudian hari apa yang diharapkan itu ter [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Gedung Pos Besar Bandung, Musium Filateli Indonesia
28/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kota Bandung banyak menyimpan bangunan-bangunan kuno yang bersejarah, justru tua dan keunikan ini dengan menyimpan gaya bangunan Belanda menjadi daya tarik banyak orang untuk berwisata di Bandung. Apa [ ... ]


Semangat Kemerdekaan pada Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika Bandung
29/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Jalan Asia Afrika sangat terkenal, bukan saja di Bandung tempatnya, atau di Indonesia tetapi juga jalan ini benar-benar terkenal di dunia. Ini terkait sejarah masa lalu ketika hajat besar Konfer [ ... ]


Pemandangan Indah di Danau Bedugul di Kabupaten Tabanan Bali
09/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Danau Bedugul atau juga ada yang menyebut dengan Danau Beratan merupakan sebuah danau yang berada di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturit, Kabupaten Tabanan, Bali. Lokasi ini berjarak sekitar kuran [ ... ]


Keindahan Pantai Klara, Ketapang Pesawaran Lampung yang Menakjubkan
29/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pantai Klara di dapat di Selatan Lampung, tepatnya di Ketapang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Sebenarnya nama Klara diambil dari kata kelapa rapat, yang memang sepanjang pan [ ... ]


Gunung Bromo, Batok dan Semeru di Jawa Timur
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Keindahan Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru yang dilihat dari Penanjakan Kecamatan Cemara Lawang, Probolinggo, Jawa Timur. Pemandangan landscape yang diselimuti oleh kabut. Photografer : Y [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Para Pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara
07/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sunda Kelapa adalah nama sebuah pelabuhan dan tempat sekitarnya di Jakarta, Indonesia. Pelabuhan ini terletak di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sejarah pelabuhan ini s [ ... ]


Budaya Batik sebagai Warisan Kemanusiaan Nusantara
23/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Batik tidak sekedar kain bermotif, tetapi sudah menjadi ciri khas budaya nusantara. Dalam literatur internasional, teknik yang biasa di pakai para pengrajin di Yogyakarta ini dikenal sebagai wax-resi [ ... ]


Kendi/Kibuk Untuk Prosesi Pernikahan Adat Lampung
27/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kendi dikenal di seluruh dunia dan berkembang di Mesir, China, Jepang, Thailand, dan Indonesia yang tersebar hampir diseluruh nusantara. Salah satunya adalah di masyarakat adat Lampung. Kendi memil [ ... ]


Jembatan Akar Pohon di Kampung Baduy, Kabupaten Lebak, Banten
28/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Orang Kanekes atau orang Baduy/Badui adalah suatu kelompok masyarakat adat Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Populasi mereka sekitar 5.000 hingga 8.000 orang, dan mereka merupakan salah satu s [ ... ]


Jalan Layang di Jakarta
04/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kemacetan Jakarta mungkin alasan yang paling tepat, jika ditanyakan tentang adanya jalan layang di kota metropolitan seperti Jakarta. Kepadatan penduduk, banyaknya jumlah kendaraan, dan semakin banyak [ ... ]


Aktivitas Penjual Balon Sabun di Lapangan Parkir Enggal, Bandar Lampung
05/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Lapangan Parkir Enggal merupakan alun-alun Bandar Lampung yang biasa menjadi pusat kegiatan berbagai macam kreasi anak muda Bandar Lampung. Lokasi ini berada di Kelurahan Enggal bersebelahan dengan  [ ... ]