Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home

Kata "Nusantara", "Melayu" dan Ekpansi Kerajaan Singasari

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 1
TerburukTerbaik 

Oleh Heri Hidayat Makmun

Sejarah awal bangsa Indonesia pada dasarnya merupakan bangsa maritim yang sangat gemar berpindah-pindah. Sungai dan laut dipandang sebagai penghubung dan perekat antar wilayah bukan pemisah sebagai mana yang dimaknai oleh sebagian bangsa Indonesia saat ini.

Ikatan negeri kita akan selalu terkait dengan kata "nusantara". Sebuah terminologi yang menjadi ikatan antara anak bangsa dari sabang sampai Merouke. Nusa yang berarti pulau dan antara yang berarti jarak dari satu tempat ke tempat yang lain dalam arti kata Melayu. Memberikan pemahaman kepada kita akan banyaknya pulau pada negeri kita dan lautan antara pulau-pulau yang luas. Kartanegara ingin agar Pulau Sumatera tidak jatuh ketangan kekuasaan Khublai Khan tetapi bersatu dalam ikatan “Nusa Antara” yang pada akhirnya menjadi “nusantara”.

Dalam suatu peristiwa pra Mojopahit, yaitu pada masa Singasari masih berdiri tercatat sebuah kejadian penting yaitu ekpedisi Singasari atas perintah Raja Kartanegara yang memerintahkan untuk melakukan pelayaran dari pulau ke pulau. Tujuan dari expedisi ini untuk menghadang ekpansi kerajaan China yang masih dikuasai oleh seorang Kaisar yang bernama Khublai Khan (Dinasti Yuan). Expedisi ini disebut expedisi Pamalayu. Pamalayu dapat bermakna “perang melawan Malayu.”


Expedisi ini adalah sebuah operasi militer yang dilakukan Kerajaan Singhasari pada tahun 1275–1293 terhadap Kerajaan Dharmasraya atau Kerajaan Melayu di Pulau Sumatera. Dharmasraya mengantikan peran Sriwijaya sebagai penguasa pulau Sumatera, seiring dengan melemahnya pengaruh Sriwijaya sejak diserang oleh pasukan Rajendra Coladewa dari India sekitar tahun 1020–an. Masa itu kerajaan Dharmasraya dengan rajanya yang bernama Srimat Tribhuwanaraja Mauliwarmadewa.

Kertanagara menjadi raja Singhasari sejak tahun 1268. Berbeda dengan raja-raja sebelumnya, ia berniat memperluas daerah kekuasaan sampai ke luar Pulau Jawa. Gagasan tersebut dimulai tahun 1275 dengan pengiriman pasukan di bawah pimpinan Kebo Anabrang atau juga disebut Mahesa Anabrang, dan wakilnya Indrawarman (Kelak merupakan pendiri kerajaan di Sumatera Utara) untuk menaklukkan Swarnnabhumi yang berada di pulau Sumatera (nama kuno Pulau Sumatera atau Andalas).

Nagarakretagama mengisahkan bahwa tujuan Ekspedisi Pamalayu sebenarnya untuk menundukkan Swarnnabhumi secara baik-baik. Namun, tujuan tersebut mengalami perubahan karena raja Swarnnabhumi ternyata melakukan perlawanan. Meskipun demikian, pasukan Singhasari tetap berhasil memperoleh kemenangan.

Mengapa Kartanegara merasa kurang nyaman dengan ekpansi Khublai Khan? Menurut analisis para sejarawan, latar belakang pengiriman Ekspedisi Pamalayu adalah untuk membendung serbuan bangsa Mongol. Saat itu kekuasaan Kubilai Khan raja Mongol (atau Dinasti Yuan) sedang mengancam wilayah Asia Tenggara. Untuk itu, Kertanagara mencoba mendahuluinya dengan menguasai Sumatra sebelum datang serbuan dari pihak asing tersebut.

Banyak wilayah-wilayah dunia dari China, daerah-daerah di Asia Tengah, Timur Tengah dan Eropa Timur yang menjadi sasaran expansi Dinasti Yuan ini. Hampir separuh bumi yang telah dilalui oleh militer China tersebut.

Dari berbagai catatan sejarah sasaran berikutnya setelah Istana Melayu adalah untuk menaklukkan Sriwijaya. Dengan demikian, posisi Sriwijaya sebagai penguasa Asia Tenggara dapat diperlemah. Namun pendapat ini kurang tepat karena pada saat itu Kerajaan Sriwijaya sudah musnah.

Nagarakretagama yang ditulis tahun 1365 tidak pernah menyebutkan adanya negeri bernama Sriwijaya, melainkan bernama Palembang. Itu artinya pada zaman tersebut, nama Sriwijaya sudah tidak dikenal lagi. Letak dari kerajaan ini pada Aliran sungai Batanghari kabupaten Dharmasyara masa ini.

Komplek percandian di Dharmasraya adalah merupakan komplek percandian Melayu yang terbesar dan termegah di Sumatra jika dapat direkonstruksi oleh para Arkeolog, berbagai fasilitas umum lainnya seperti tempat peristirahatan raja, taman dan pasar juga terdapat disana, kemajuan pusat kerajaan Dharmasraya yang terdapat Kabupaten Dharmasraya sekarang juga dapat dilihat dari adanya irigasi dan waduk-waduk untuk mencegah terjadinya banjir. Jadi dapat dibayangkan betapa sibuknya lalulintas perdagangan dan transportasi di sungai Batanghari pada masa itu.

Berdasarkan penemuan arkeologis sungiai Batanghari pada masa lalu diarungi oleh kapal-kalapal sesar yang sudah modern (diperkirakan juga pernah ada pelabuhan kapal disi. Inilah yang dianggap oleh Kartanegara bahwa posisi kerajaan Melayu ini sangat penting dan strategis.

Catatan dari Dinasti Ming memang menyebutkan bahwa pada tahun 1377 tentara Jawa menghancurkan pemberontakan San-fo-tsi. Meskipun demikian, istilah San-fo-tsi tidak harus bermakna Sriwijaya.

Dalam catatan Dinasti Sung istilah San-fo-tsi memang identik dengan Sriwijaya, namun dalam naskah Chu-fan-chi yang ditulis tahun 1225, istilah San-fo-tsi identik dengan Dharmasraya. Dengan kata lain, San-fo-tsi adalah sebutan bangsa Cina untuk pulau Sumatera, sebagaimana mereka menyebut Jawa dengan istilah Cho-po. Jadi, sasaran Ekspedisi Pamalayu adalah menaklukkan Kerajaan Melayu. Nagarakretagama menyebut Melayu merupakan daerah bawahan di antara sekian banyak daerah jajahan Majapahit di pulau Sumatera.

Pararaton menyebutkan bahwa pasukan Pamalayu yang berangkat tahun 1275 akhirnya pulang ke Jawa sepuluh hari setelah kepergian bangsa Mongol tahun 1294.
Menurut catatan Dinasti Yuan, Kaisar Khubilai Khan mengirim pasukan Mongol untuk menyerang Kerajaan Singhasari tahun 1292. Namun, Singhasari ternyata sudah runtuh akibat pemberontakan Jayakatwang. Pasukan Mongol kemudian bekerja sama dengan Raden Wijaya penguasa Majapahit untuk menghancurkan Jayakatwang.

Sesudah itu, Raden Wijaya ganti mengusir pasukan Mongol dari Pulau Jawa. Kepergian pasukan yang dipimpin Ike Mese itu terjadi pada tanggal 23 April 1293. Jadi, pemberitaan Pararaton meleset satu tahun. Dengan demikian, kepulangan pasukan Pamalayu tiba di Jawa sekitar tanggal 3 Mei 1293.

Kebo Anabrang tiba di Jawa membawa dua orang putri Melayu bernama Dara Jingga dan Dara Petak. Raden Wijaya mengambil Dara Petak sebagai istri, dan memberikan Dara Jingga kepada seorang “dewa”.

Dara Jingga kemudian melahirkan Adityawarman, pendiri Kerajaan Pagaruyung. Adityawarman sendiri mengaku sebagai putra Adwayawarman. Nama ini mirip dengan salah satu nama pengawal arca Amoghapasa di atas, yaitu Adwayabrahma yang menjabat sebagai Rakryan Mahamantri. Jabatan ini merupakan jabatan tingkat tinggi dalam pemerintahan Singhasari. Mungkin istilah “dewa” dalam Pararaton merujuk kepada jabatan Adwayabrahma tersebut.

Tokoh Indrawarman ini tidak pernah kembali ke Jawa, melainkan menetap di Sumatra dan menolak kekuasaan Majapahit sebagai kelanjutan dari Singhasari. Mungkin, Indrawarman bukan komandan Pamalayu, melainkan wakilnya. Jadi, ketika Kebo Anabrang kembali ke Jawa, ia tidak membawa semua pasukan, tetapi meninggalkan sebagian di bawah pimpinan Indrawarman untuk menjaga keamanan Sumatra. Nama Indrawarman inilah yang tercatat dalam ingatan masyarakat Batak.

Dikisahkan bahwa Indrawarman bermarkas di tepi Sungai Asahan. Ia menolak mengakui kedaulatan Majapahit yang didirikan oleh Raden Wijaya sebagai ahli waris Kertanagara. Namun, ia juga tidak mampu mempertahankan daerah Kuntu–Kampar yang direbut oleh Kesultanan Aru–Barumun pada tahun 1299.

Indrawarman takut apabila Kerajaan Majapahit datang untuk meminta pertanggungjawabannya. Ia pun meninggalkan daerah Asahan untuk membangun kerajaan bernama Silo di daerah Simalungun.

Kerajaan dengan raja pertama Indra Warman ini berpusat di Dolok Sinumbah. Kelak direbut oleh orang-orang Batak dan di atasnya didirikan cikal bakal kerajaan-kerajaan Simalungun dengan identitas yang terpisah dengan Batak. Kerajaan Silo ini terdiri dari dua level masyarakat; Para Elit yang terdiri dari kaum Priayi Jawa dan masyarakat yang terdiri dari kelompok Marga Siregar Silo.

Pada tahun 1339 datang pasukan Majapahit di bawah pimpinan Adityawarman menghancurkan Kerajaan Silo. Indrawarman tewas dalam serangan itu. Adityawarman kemudian mendirikan Kerajaan Pagaruyung di daerah Minangkabau yang tunduk pada kedaulatan Majapahit.


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

Pemutakhiran Terakhir ( Selasa, 13 Juli 2010 14:15 )  

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Helikopter PBB Jadi Korban Tembakan Sudan Selatan
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Perselisihan antara Sudan Utara yang biasa disebut Sudan saja dengan Sudan Selatan yang baru berdiri dan didukung oleh negara-negara Uni Eropa semakin pelik.  Pasukan PBB yang menjaga perbatasan ke [ ... ]


China Berkomitmen Membantu Negara-Negara di Afrika
27/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

China berkomitmen untuk membantu negara-negara Afrika untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk pengembangan diri, Cina Wakil Menteri Perdagangan Gao Hucheng mengatakan pada Jumat.

Gao, juga Perwakilan [ ... ]


Afrika
Ramalan Kiamat Suku Maya Membuat Heboh Banyak Orang Didunia
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Ramalan suku Maya yang memprediksi akan terjadi kiamat besar pada tanggal 21 Desember 2012 telah membuat heboh banyak orang di dunia. Isu ini terkait dengan sistem kalender Suku Maya yang berakhir pad [ ... ]


Indonesia Dorong Kerjasama dengan Negara-Negara Amerika Latin Melalui FEALAC
20/04/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

FEALAC memiliki peran yang sangat strategis dalam mendorong peningkatan hubungan kerjasama perdagangan antara Indonesia dan negara-negara di kawasan Amerika Latin. Sebagai salah satu pendiri FEALAC [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Lawan Devide et Impera!!!
30/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun

Penjajahan negeri-negeri Asia dan Afrika memiliki sejarah berbeda-beda, tetapi ternyata memiliki cari khas yang sama. Apakah itu? Devide et Impere, sebuah kalimat yang pali [ ... ]


Pelajaran Bagi Bangsa Kita : Dekade-Dekade Akhir Kehancuran Majapahit
30/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun

Dari zaman ke zaman sering kali kita mendapatkan pelajaran sejarah tentang hancurnya suatu kaum atau bangsa. Baik kehancuran akibat ketamakan bangsa itu sendiri atau ka [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Uzbekistan Akan Menolak Pangkalan Militer Asing
09/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Biro Penerangan Senat Uzbekistan kemarin (7/8) mengeluarkan berita bahwa pihaknya akan meratifikasi rancangan undang-undang tentang pelarangan disposisi pangkalan militer asing di Uzbekistan. Sidan [ ... ]


Rusia, China dan Negara-Negara Asia Tengah Latihan Militer Bersama
09/04/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Rusia, China dan negara-negara Asia Tengah sedang menggelar latihan militer bersama di bawah organisasi Shanghai SCO yang akan terus dibangun sebagai bagian kerjasama multilateral Rusia, China dan A [ ... ]


Perkembangan Militer
Indonesia - Tiongkok Akan Bahas COC
06/05/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menlu RI, Marty M. Natalegawa menyampaikan adanya kesepakatan antara dirinya dan Menlu Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Wang Yi, untuk mendorong pembahasan Code of Conduct (CoC) Laut Cina Selatan (LC [ ... ]


ASEAN sambut baik kesertaan AS dan Rusia
15/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Wakil tetap Republik Indonesia untuk ASEAN Ngurah Swajaya menyambut kesertaan Amerika Serikat dan Rusia dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-19 ASEAN di Nusa Dua, Bali, pertengahan November mendatang. [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Perjuangan Pengeran Antasari Melawan Belanda di Kalimantan Selatan
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pangeran Antasari seorang pahlawan dari Banjar, Kalimantan Selatan. Semasa muda nama beliau adalah Gusti Inu Kartapati. Ibu Pangeran Antasari adalah Gusti Hadijah binti Sultan Sulaiman. Ayah Pangeran  [ ... ]


Taman Siswa Sekolah Bumi Putra Pertama
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sejarah berdirinya SekolahTaman Siswa menjadi catatan penting bagi pendidikan bagi para bumiputra. Keterbatasan akses terhadap pendidikan yang diberikan oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk rakyat  [ ... ]


Abdul Halim Perdanakusuma, Pahlawan Nasional dan Tokoh AURI yang Gugur Dalam Tugas
Tim Admin Indonesian Voices

Abdul Halim Perdanakusuma lahir di Sampang, Madura, 18 Nopember 1922. Setelah menamatkan MULO (setingkat sekolah Lanjutan Pertama), atas kemauan orang tua, ia memasuki Sekolah Pamongpraja di Magelan [ ... ]


Upaya Douwes Dekker Berhasil Menggulirkan Politik Etis Belanda Tahun 1860
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Eduard Douwes Dekker (lahir di Amsterdam, Belanda, 2 Maret 1820 – meninggal di Ingelheim am Rhein, Jerman, 19 Februari 1887 pada umur 66 tahun), atau yang dikenal pula dengan nama pena Mult [ ... ]


Pemerintah Belanda Bertanggungjawab Atas Tragedi Rawagede
Tim Admin Indonesian Voices

Pemerintah Belanda bertanggung jawab atas eksekusi-eksekusi yang dilakukan pasukan kolonial di kampung Rawagede, Indonesia, pada 1947 dan keluarga korban harus memperoleh kompensasi, demikian diputusk [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Prasasti "0" Nol Kilometer Kota Bandung
07/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Di halaman depan gedung Dinas PU Provinsi Jawa Barat yang baerada tepat di depan Gedung Keuangan terdapat prasasti "0" Nol Km. Selain tanda prasasti, disana juga ada Kendaraan Mesin Giling untuk me [ ... ]


Kerangka Dinosourus di Musium Geologi Bandung
25/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Museum Geologi terletak di dekat lapangan Gasibu dan Gedung Sate di Bandung. Musium ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1928, sampai sekarang ini  telah mengalami beberapa renovasi dengan dana bantua [ ... ]


Semangat Kemerdekaan pada Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika Bandung
29/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Jalan Asia Afrika sangat terkenal, bukan saja di Bandung tempatnya, atau di Indonesia tetapi juga jalan ini benar-benar terkenal di dunia. Ini terkait sejarah masa lalu ketika hajat besar Konfer [ ... ]


Jembatan Suramadu Penghubung Pulau Jawa dan Pulau Madura
02/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Jembatan Suramadu merupakan jembatan yang menghubungkan dua pulau Jawa dan Madura. Dipulau Jawa melalui Kota Surabaya dapat akses langsung ke jembatan tersebut.

Pembangunannya diresmikan oleh mantan Pr [ ... ]


Sejarah Panjang Gedung Sate di Bandung, Jawa Barat
21/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Gedung Sate di Bandung yang sekarang ini menjadi pusat pemerintahan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memiliki jejak sejarah yang panjang. Dalam sebuah buku Bandoeng en haar Hoogvlakte 1952 karya [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Para Pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara
07/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sunda Kelapa adalah nama sebuah pelabuhan dan tempat sekitarnya di Jakarta, Indonesia. Pelabuhan ini terletak di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sejarah pelabuhan ini s [ ... ]


Keunikan Seni dan Budaya Jalan Malioboro, di Jantung Yogyakarta
21/04/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Jalan Malioboro terletak di jantung Daerah Istimwewa Yogyakarta. Jalan tersebut berada antara jalan Jenderal Ahmad Yani dan jalan Abu Bakar Ali. Dijalan ini ada Kantor DPRD Di Yogyakarta.

Jalan Mali [ ... ]


Kendi/Kibuk Untuk Prosesi Pernikahan Adat Lampung
27/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kendi dikenal di seluruh dunia dan berkembang di Mesir, China, Jepang, Thailand, dan Indonesia yang tersebar hampir diseluruh nusantara. Salah satunya adalah di masyarakat adat Lampung. Kendi memil [ ... ]


Berbagai Penemuan Arca Megalitik di Indonesia
04/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Arca megalitik folenesia ditemukan tahun 1963 di Situs Pugung Raharjo, Lampung Timur. Pada bagian pinggang belakang terselip sebuah keris sebagai ciri arca yang menggambarkan salah satu tokoh perwuju [ ... ]


Rumah Adat Komering, Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan
17/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Suku Komering adalah satu klan dari Suku Lampung yang berasal dari Kepaksian Sekala Brak yang telah lama bermigrasi ke dataran Sumatera Selatan pada sekitar abad ke-7 dan telah menjadi beberapa Kebuay [ ... ]


Display Payung di Salah Satu Rumah Makan di Kuta, Bali
17/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Payung pada umumnya hanya diartikan sebagai alat untuk pelindung dari hujan atau panas, tetapi dalam budaya nusantara payung sebenarnya memiliki makna yang luas dan dijadikan sebagai simbol-simbol ter [ ... ]