Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home

Jenderal Vo Nguyen Giap Memerdekakan Vietnam dari Invansi Prancis dan Amerika Serikat

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 

Oleh Rusman Danar



Vo Nguyen Giap mantan jurnalis sebelum menjadi bagian dari Tentara Rakyat Vietnam (Vietnam People's Army) yang lahir pada 25 Agustus 1911. Selama berdinas di militer perannya sangat besar bagi kemerdekaan Vietnam atas invansi Prancis dan Amerika Serikat.

Pengalamannya dalam medan tempur mulai dari perang Indochina I (1946 – 1954 ), Perang Indochina II ( 1960 – 1975 ), Pertempuran Lang Son ( 1950), Hoa Binh (1951 – 1952), Dien Bien Phu (1954), Tet Offensive (1968), Nguyen Hue Offensive atau Easter Offensive (1972), hingga Kampanye Ho Chi Minh (1975).

Insting Vo Nguyen Giap terkenal paling tangguh dilapangan. Strategi perang gerilia yang sporadic pada wilayah yang luas dan memanfaatan kondisi alam merupakan cirri utama Pahlawan Kemerdekaan Vietnam ini. Menyadari teknologi persenjataan musuh jauh lebih unggul, maka penerapan strategi yang tepat dapat mengimbangi, bahkan kecerdikan Giap tetap dapat mengungguli musuh-musuhnya yang bersenjata berat.

Pada tahun 1950 pertempuran tentara Vietnam melawan tentara Prancis di Sungai Merah yang membuat pasukan Prancis dapat dipukul mundur dan memaksa Prancis menempuh jalur diplomasi yang tidak digubrik oleh Ho Chi Minh sang Pemimpin Revolusi Vietnam.

Kemenangan ini membangun optimisme, rasa nasionalisme dan kepercayaan diri para prajurit Viet Minh dan rakyat Vietnam dalam meraih kemerdekaannya. Sayangnya membaranya nasinalisme ini mengakibatkan terjadinya perlawanan prontal rakyat Vietnam yang berakibat pada banyaknya korban yang sia-sia, karena persenjataan musuh jauh lebih canggih.

Untuk menangani hal ini Gaip banyak melakukan latihan terhadap rakyat Vietnam yang dapat menjadi perlawanan rakyat semesta.

Dengan menggunakan memanfaatkan Delta Sungai Merah Giap juga berhasil memukul mundur Prancis yang akhirnya mundur sampai ke Laos. Kondisi terdesak ini membuat Jenderal Prancis Hendri Navarre meminta bantuan tambahan pasukan yang besar. Akhirnya Pasukan Prancis bertambah menjadi 90.000 pasukan pada perang Perang Indocina I ini.


Untuk menahan pasukan Prancis yang akan melakukan konsolidasi antara pasukan yang berada di Laos dan di daratan Vietnam, Prancis banyak melakukan serangan udara besar-besaran ke posisi di Dien Bien Phu, tetapi usaha Prancis ini masih tumpul, karena usaha Giap dan tentaranya untuk menahan gerak maju Pasukan Prancis untuk kembali mamasuki daratan Vietnam dengan mempergunakan persenjataan howitzer caliber 105 mm yang diperoleh dari China sebagai anti serangan udara. Selain itu Pasukan Giap membangun juga parit-parit pertahanan di Dien Bien Phu.

Untuk menghentikan serangan udara Prancis, Giap banyak melakukan serangan gerilya yang bertujuan menghancurkan landasan-landasan udara dan insprastruktur vital pasukan Prancis. Kemampuan medan yang dimiliki oleh tentara rakyat Vietnam benar-benar bermanfaat untuk menghadapi pasukan Prancis.

Akhirnya pada tanggal 13 Maret 1954 Giap merencanakan serangan yang cukup besar terhadap posisi-posisi Pasukan Prancis yang berada di Dien Bien Phu dan sekitarnya. Pertempuran yang memakan waktu 56 hari tersebut akhirnya berhasil memukul mundur Pasukan Prancis dan terkonsentrasi di suatu wilayah Benteng Dien Bien Phu. Tanggal 7 Mei 1954 Denbienphu jatuh ke tangan Vietnam. Sebanyak 7.000 tentara Prancis tewas dan 11.000 tertawan. Kekalahan ini mengakibatkan Prancis pulang kenegaranya dengan tangan hampa.

Dampak kemenangan Vietnam pada perang terhadap penjajahan Prancis ini sangat besar. Negara-negara terjajah seolah mendapat kepercayaan diri baru untuk bisa mengusir penjajah. Terutama negara-negara di Asia dan Afrika.

Selesai Prancis yang berhasil diperdaya oleh Vietnam giliran AS masuk untuk menggantikan posisi Prancis sebagai satu sekutu. Amerika berkeinginan membendung pengaruh komunis di wilayah Asia Tenggara. Momentum untuk menghadap komunis yang dibentengi oleh Uni Soviet dan China merupakan saat-saat yang dinantikan oleh pihak sekutu.

Belajar dari pengalaman Prancis maka Amerika Serikat (AS) tidak tanggung-tanggung membawa sebanyak 492.000 tentara ke daratan Vietnam Selatan, tetapi jumlah tentara yang banyak dan persenjataan yang canggih tidak membuat Giap gentar. Keyakinan Giap terhadap kemampuan tentara rakyat Vietnam terhadap kondisi alamnya sendiri tetap menjadi modal utama. Selain itu dukungan dari rakyat yang siap melakukan pertahanan semesta menjadi kunci kekuatan Vietnam.

AS yang datang dengan sangat percaya diri dan berkeyakinan dapat melumpuhkan Vietnam Utara dengan waktu cepat pada awalnya terpaksa harus kecewa, karena misi demi misi yang terjadi hanyalah aksi-aksi pembantaian tentara AS dihutan-hutan Vietnam. Strategi gerilya yang dilakukan oleh Giap tetap efektif untuk terus-menerus merongrong kekuatan lawan.

Inisiatif dalam medan pertempuran tetap berada di tangan tentara rakyat Vietnam yang lebih dikenal dengan tentara Vietkong ini. Tentara AS tidak memiliki posisi-posisi yang aman. Pergerakan dalam hutan harus dilakukan terus menerus siang dan malam. Kekurangan istirahat dan suplai makanan. Hutan-hutan Vietnam penuh dengan jebakan yang membunuh, sehingga harus terus-menerus terjaga dan waspada. Mereka menjadi sangat letih dan frustrasi.

Selain itu perjuangan diplomasi Vietnam di dunia menjadi semakin kuat. Apalagi di Amerika Serikat sendiripun terjadi kontroversi yang hebat terhadap misi tentara AS di Vietnam. Tekanan hebat didalam negeri AS sendiri benar-benar meruntuhkan moral tentara AS di Vietnam.

Akhirnya misi-misi AS dilakukan dengan operasi serangan udara besar-besaran. AS melakukan pengeboman dan pengguyuran zat kimia mematikan. Antara tahun 1662 dan 1971, AS menumpahkan 19 juta galon racun tanaman (herbisida) di Vietnam, dan yang paling ganas adalah 12 juta galon agent orange (herbisida dengan kadar racun yang sangat kuat), yang mengandung dioksin, racun yang merusak pusat susunan syaraf dan melumpuhkan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan kanker, diabetes, bronkhitis kronis, denyut jantung tak beraturan, kerusakan kalenjer gondok, IQ rendah pada anak-anak, bayi lahir cacat, kerusakan otak, sumbing, katarak, dan cacat kaki.

AS mengira dengan tindakan ini Vietnam Utara dapat menyerah, tetapi ternyata dugaan ini salah besar. Hal ini dikarenakan adanya banyak decoy (umpan) dan terowongan di distrik Chu Chi di mana tentara Vietnam langsung melakukan regroup dengan aman, lalu menyerang Prajurit AS di manapun mereka berada. AS keliru, karena tidak memperhitungkan semangat juang Prajurit Vietnam (walau dari sisi teknologi Vietnam kalah, tapi Vietnam sangat lihai memanfaatkan hutan-hutan mereka).

Pada tahun-tahun terakhir perang Vietnam, sudah sangat terlihat dengan sangat jelas ketidakberdayaan AS dalam membendung meningkatnya kekuatan Viet Cong. Banyak Prajurit AS yang kehilangan moral, dan akhirnya lari ke marijuana untuk menghilangkan stress.

Tak lama setelah itu, AS mulai melakukan apa yang disebut "vietnamisation", yaitu menarik pasukan AS dari Vietnam sedikit demi sedikit, secara perlahan-lahan menggantikannya dengan tentara Vietnam Selatan. Tekanan politik dari dalam negeri dan dunia semakin menambah beban berat bagi AS untuk meneruskan perang yang super mahal tersebut.

Hal ini dilakukan dengan alasan AS akan mulai memikirkan perdamaian Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, demi menutupki kekalahan demi kekalahan tentara AS di hutan-hutan Vietnam.

Apakah disana ada Rambo? Jelas tidak yang ada, yang ada hanyalah Dubes AS di Vietnam yang lari terbirit-birit menggunakan heli karena pasukan Giap sudah menguasai Vietnam Selatan yang didukung AS.


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search
pvt miller |2010-07-08 15:10:48
avatar HAhahahaha rambo , mana ada ... fiksi

Berita Terkait Lainnya :.

 

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Pers Mesir Dikendalikan Pihak Militer
21/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Aktivitas media di Mesir seperti berada di dalam neraka, tidak mudah bagi seorang redaktur untuk membuat sebuah ilustrasi suatu kejadian tanpa adanya verifikasi dari pihak militer. Ini yang menyeba [ ... ]


Massa Islam Indonesia Kutuk Pembantaian Militer Mesir
30/07/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Sejumlah organisasi massa Islam di Indonesia berkumpul dan mengecam pembantaian yang dilakukan oleh militer Mesir terhadap sipil pengunjuk rasa pendukung mantan Presiden Muhamed Moursi. "Kami menge [ ... ]


Afrika
Brasil Sambut Baik Kerja Sama Selatan-Selatan
08/11/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Tim Koordinasi Pengembangan Kerja Sama Selatan-Selatan yang dipimpin oleh Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan/Wakil Kepala Bappenas RI, Dr. Lukita Dinarsyah Tuwo, melakukan serangkaian pertemuan den [ ... ]


Potensi Masa Depan Hubungan Indonesia - Negara-Negara Kawasan Amerika Latin
26/12/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Hubungan RI-Amerika Latin masih bersifat low politics. Negara-negara Amerika Latin dipandang belum memiliki kepentingan langsung terhadap isu-isu politik dan keamanan di kawasan yang menjadi perhatian [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
RMS Berupaya Lakukan Internasionalisasi Gerakan
17/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

Gerakan dan aksi Republik Maluku Selatan (RMS) semakin lama semakin berani ini terbukti saat. Frans Sinmiasa diduga juga berperan penting dalam rencana pengibaran bendera "benang raja" saat puncak  [ ... ]


Kebangkitan Nasional 20 Mei Masih Relevan Sampai Masa Kini dan Masa Akan Datang
23/05/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Masa-masa penjajahan yang panjang bagi bangsa Indonesia telah menjadi cambuk keras bagi bangsa Indonesia untuk sadar tentang harga diri dan martabat bangsa. Bahwa bangsa Indonesia tidak mau lagi terj [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Peralatan Militer TNI Bisa Disediakan Oleh BUMN
13/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Pertahanan nasional adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah sebuah negara dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan neg [ ... ]


Arab Saudi Akan Tembak Pesawat Israel yang Melawati Udaranya
11/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Arab Saudi telah memperingatkan bahwa ia akan menembak jet tempur Israel yang masuk ke wilayah udaranya dalam perjalanan serangan ke Iran, kantor berita UPI melaporkan pada hari Kamis (9/8/2012) me [ ... ]


Perkembangan Militer
Indonesia - Tiongkok Akan Bahas COC
06/05/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menlu RI, Marty M. Natalegawa menyampaikan adanya kesepakatan antara dirinya dan Menlu Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Wang Yi, untuk mendorong pembahasan Code of Conduct (CoC) Laut Cina Selatan (LC [ ... ]


ASEAN Akan Tekan Para Pemilik Senjata Nuklir
14/11/2011 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sepuluh negara Asia Tenggara akan menggelar pertemuan dengan negara-negara pemilik senjata nuklir (P5) --China, Perancis, Inggris, Rusia, dan Amerika Serikat-- guna membahas usul teks Protokol Kawas [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Taman Siswa Sekolah Bumi Putra Pertama
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sejarah berdirinya SekolahTaman Siswa menjadi catatan penting bagi pendidikan bagi para bumiputra. Keterbatasan akses terhadap pendidikan yang diberikan oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk rakyat  [ ... ]


Abdul Halim Perdanakusuma, Pahlawan Nasional dan Tokoh AURI yang Gugur Dalam Tugas
Tim Admin Indonesian Voices

Abdul Halim Perdanakusuma lahir di Sampang, Madura, 18 Nopember 1922. Setelah menamatkan MULO (setingkat sekolah Lanjutan Pertama), atas kemauan orang tua, ia memasuki Sekolah Pamongpraja di Magelan [ ... ]


Kebiadaban Angkatan Perang Inggris dalam Perang Surabaya, 1945
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Letnan Jenderal Sir Phillip Christison dengan sombong dan angkuh mengeluarkan ancamannya agar para pemuda Surabaya menyerah. Untuk mencapai hal tersebut dalam waktu singkat Inggris menambah kekuatan m [ ... ]


Basuki Rahmat Pahlawan Nasional Ikut Andil Dalam Menghadap Agresi Belanda II
Tim Admin Indonesian Voices

Basuki Rahmat merupakan seorang figur tokoh pahlawan nasional. Ia tidak hanya seorang jenderal, tetapi juga seorang politikus yang piawai dalam mendukung pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pria kelahir [ ... ]


Pergerakan Organisasi PNI 1926-1927, Perjuangan Menempuh Kemerdekaan Indonesia
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sesudah PKI dinyatakan sebagai organisasi terlarang oleh Pemerintah akibat pemberontakannya maka pada tahun 1926/1927 dirasakan perlunya suatu wadah baru untuk menyalurkan hasrat dan aspirasi rakyat y [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Danau Ranau di Perbatasan Provinsi Lampung dan Sumatra Selatan
18/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba di Sumatra Utara. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Se [ ... ]


UNESCO Tetapkan Laut Wakatobi Masuk Cagar Biosfir Dunia
11/05/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurus masalah pendidikan dan kebudayaan, UNESCO, menetapkan kawasan Taman Nasional (TN) Laut Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), sebagai salah satu kaw [ ... ]


Masjid Agung Palembang menjadi Simbol Kebanggaan Masyarakat Sumatra Selatan
05/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Masjid Agung atau juga bernama Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I di Kota Palembang ini merupakan masjid kebanggaan masyarakat Palembang, Sumatra Selatan. Letaknya yang berada di jantung kota dan [ ... ]


Keindahan Pantai Klara, Ketapang Pesawaran Lampung yang Menakjubkan
29/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pantai Klara di dapat di Selatan Lampung, tepatnya di Ketapang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Sebenarnya nama Klara diambil dari kata kelapa rapat, yang memang sepanjang pan [ ... ]


Sejarah Jalur Kereta Api di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
29/07/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kabupaten Banyumas merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah dengan ibukota di Purwokerto. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes di utara; Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, da [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Manusia Purba Homo Erectus di Trinil, Jawa Tengah
02/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Homo Erectus adalah manusia yang hidup sejak 1 juta - 150.000 tahun yang lalu pada Masa Paleolitik dan Masa Mesolitik. Benda budaya yang dihasilkan mencakup Kapak Perimbas, Pahat Gemgam, Proto Kapak G [ ... ]


Suku Baduy di Banten
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

 Suku Baduy di Banten yang masih tinggal di pedalaman dan hidup dengan car-cara yang masih tradisional. "Hutan adalah rumah kami". Itu merupakan semoyan mereka untuk bertahan di pedalaman hutan.  [ ... ]


Jalan Layang di Jakarta
04/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kemacetan Jakarta mungkin alasan yang paling tepat, jika ditanyakan tentang adanya jalan layang di kota metropolitan seperti Jakarta. Kepadatan penduduk, banyaknya jumlah kendaraan, dan semakin banyak [ ... ]


Kendi/Kibuk Untuk Prosesi Pernikahan Adat Lampung
27/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Kendi dikenal di seluruh dunia dan berkembang di Mesir, China, Jepang, Thailand, dan Indonesia yang tersebar hampir diseluruh nusantara. Salah satunya adalah di masyarakat adat Lampung. Kendi memil [ ... ]


Aktivitas Penjual Balon Sabun di Lapangan Parkir Enggal, Bandar Lampung
05/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Lapangan Parkir Enggal merupakan alun-alun Bandar Lampung yang biasa menjadi pusat kegiatan berbagai macam kreasi anak muda Bandar Lampung. Lokasi ini berada di Kelurahan Enggal bersebelahan dengan  [ ... ]


Wayang Golek Teater Tradisional Masyarakat Sunda
11/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Wayang adalah bentuk teater rakyat yang sangat popular. Orang sering menghubungkan kata “wayang” dengan ”bayang”, karena dilihat dari pertunjukan wayang kulit yang memakai laya [ ... ]