Indonesian peoples thing..

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


Home Internasional Tantangan Besar Kedepan Bagi BRICS

Tantangan Besar Kedepan Bagi BRICS

Email Cetak PDF
Penilaian User: / 2
TerburukTerbaik 

Sebuah resepsi tahunan sedang dipersiapkan sebagai pertemuan puncak tahunan anggota-anggota BRICS terbaru di New Delhi pada tanggal 28-29. BRICS yang terdiri dari Brazil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan rencananya akan membangun sebuah konsep identitas bersama dan kerjasama yang dilembagakan.

Hal ini menjadi pembahasan penting mengingat negara-negara ini memiliki sistem politik yang sangat berbeda, ekonomi, dan tujuan nasional, dan terletak di bagian dunia yang sangat berbeda. Namun lima negara berkembang ini akan membentuk sebuah forum penting pertama yang non-Barat dan bersifat global.

Kurangnya kesamaan antara BRICS telah mendorong tantangan untuk penyatuan tujuan yang memiliki substansi jelas. Bagaimanpun juga ini merupakan sebuah reaksi dari pergesran kekuatan global saat ini dan akan turut membentuk suatu tatanan internasional yang baru.

Ekonomi BRICS cenderung menjadi sumber yang paling penting dari pertumbuhan global di masa depan. Mereka mewakili lebih dari seperempat dari daratan bumi, lebih dari 41 persen penduduk, hampir 25 persen dari GDP dunia, dan hampir setengah dari semua cadangan devisa dan emas.

Mungkin sebuah kebetulan tentang mata uang anggota-anggota BRICS, mungkin juga dijuluki R5 tepat adanya. Mata uang anggotanya yang diawali oleh huruf R semua; real rubel (Rusia), rupee (India), renminbi (China) dan rand (Afrika Selatan).

Pada KTT di New Delhi, para pemimpin BRICS akan membahas pembentukan lembaga bersama, khususnya bank pembangunan umum yang bisa membantu memobilisasi tabungan antara negara. Saat ini, negara-negara BRICS pembentukan blok yang masih agak informal. Namun kedepan kelembagaan resmi akan lebih memperkuat kelompok ini.

Pada tahun lalu BRIC awal yang baru terdiri BRIC (Brasil, Rusia, India, dan China) saat ini menjadi BRICS dengan penambahan Afrika Selatan. Konsep BRIC, dikandung pada tahun 2001 oleh Jim O'Neill dari Goldman Sachs, dipeluk oleh empat negara asli hanya pada tahun 2008, ketika para menteri luar negeri mereka bertemu di sela-sela pertemuan Rusia-India-China (KI) trilateral.

Penambahan negara Brasil membuka jalan bagi pertemuan puncak BRIC pertama tahun 2009, yang, menarik, piggybacked pada Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) pertemuan di Yekaterinburg, Rusia, tahun itu.

Untuk Brasil, Rusia, India, dan Afrika Selatan, pengelompokan BRICS berfungsi sebagai forum untuk menggarisbawahi pengaruh meningkatnya ekonomi mereka dan menampilkan kemunculan mereka sebagai pemain global. Walaupun hal ini bagi China yang tidak memerlukan pengakuan sebagai kekuatan dunia yang baru naik. Strategi China saat ini selalu menempatkan dirinya sebagai negara berkembang biasa untuk memberikan kesempatan dan porsi lebih bagi China untuk melakukan ekspansi ekonomi. China yang sangat taat menerapakan stragegi Sun Zhu selalu menjaga hal ini, terutama dalam kaitannya dengan isu-isu yang dilemparkan oleh Gedung Putih tentang mata uang China ini.

Disisi lain bagi China BRICS menawarkan sesuatu yang tidak hanya simbolis, tetapi memberi manfaat. Akibatnya, China memang telah berupaya untuk tetap sepakat dalam barisan ini, dengan balasan China menginginkan untuk mengontrol bank pembangunan kelembagaan BRICS nanti, tetapi hal ini adalah sesuatu yang India dan Rusia, khususnya, enggan untuk menerima.

Pada suatu waktu ketika China berada di bawah tekanan untuk memanipulasi nilai renminbi untuk mempertahankan daya saing ekspor, kerangka BRICS menawarkan sebuah platform untuk memperluas peran internasional mata uangnya itu. Sebagai bagian dari pencarian untuk mata uang global yang bisa menyaingi dolar atau euro, uang tunai kaya China berencana untuk memperpanjang pinjaman renminbi kepada anggota BRICS lainnya.

Pinjaman dan perdagangan di renminbi cenderung memperkuat mata uang ini untuk dalam kelembagaan keuangan internasional yang akan di bangun BRICS, tetapi nilai "undervalued" dalam mata renminbi yang tersembunyi secara sistematis akan melemahkan manufaktur di negara-negara BRICS lain, terutama di India dan Brasil. Ini hal yang paling tidak disukai oleh India dan Brasil.

Para pendukung konsep BRICS tetap optimis dan berharap bahwa kelompok inii dapat berfungsi sebagai katalis untuk reformasi kelembagaan global
dengan pengaturan internasional yang ada, walaupun kondisi ini belum berubah sejak pertengahan abad kedua puluh (bahkan sebagai non-Barat kekuatan ekonomi dan tantangan non-tradisional telah muncul), dunia membutuhkan lebih dari langkah-langkah setengah hati dan berketentuan diambil sejauh ini. Pembentukan G20, misalnya, adalah improvisasi dirancang untuk menunda reformasi keuangan asli.

Bahkan, langkah-langkah sederhana diimplementasikan sebagai tanggapan terhadap perubahan distribusi kekuasaan global yang telah terbatas pada bidang ekonomi, dengan hardcore hubungan internasional - perdamaian dan keamanan - yang tersisa ekslusif dari segelintir negara.

China tidak pada halaman yang sama sebagai negara-negara BRICS lain ketika datang untuk reformasi kelembagaan global. Ini adalah kekuatan revisionis tentang arsitektur keuangan global, mencari perbaikan dari sistem Bretton Woods. Tapi itu adalah status quo kekuasaan sehubungan dengan sistem PBB, dan dukungan untuk menentang perluasan anggota tetap Dewan Keamanan. China ingin tetap sebagaii satu-satunya di Asia yang duduk di kursi tetap Dewan Keamanan PBB yang merupakan hal yang bertentangan dengan keinginan India, Brasil dan Afrika Selatan.

Tetapi bagaimanapun mereka harus setuju pada apa yang mereka yakini sebagai tujuan politik dan ekonomi dicapai yang akan dicapai bersama. Misalnya, mereka umumnya bersatu dalam rasa frustrasi mereka pada status dolar sebagai mata uang cadangan dunia. Ini adalah bersamaan mereka yang sangat dirasakan.

Tentunya konsep BRICS harus mewakili atas semua keinginan lima negara tersebut, keinginan anggotanya untuk membuat tatanan global baru akibat kondisi global kini yang kurang menyenangkan. (Vi)


Artikel Terkait Lainnya :


+/-
Write comment
Name:
Email:
 
Website:
Title:
 
=)=D=(XD:dizzy:T_T:blush:^_^=_=-_-:pout::angry:
=Oo_O:snicker::eyebrow::sigh::sick::whisper::whistle::nuu::gah::flame::cool:
:shy::kawaii::notfunny::snooty::uhh:X_XXB:talkbiz::grr::onoes::psychotic::scared:
:evil::nomnom::zombie::want::drunk::love::meow::music:
 
Please input the anti-spam code that you can read in the image.
+/- Comments
Add New Search

Berita Terkait Lainnya :.

 

Media Sosial Menjadi Alat Penting Diplomasi Publik
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Media sosial merupakan instrument penting dalam diplomasi publik”, tegas Duta Besar A.M. Fachir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI dalam paparannya di  [ ... ]


Kerjasama IORA Untuk Kepentingan Nasional Indonesia
28/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

“Untuk mengoptimalkan manfaat kerjasama IORA bagi kepentingan nasional, Indonesia sebagai ketua pada periode 2015 – 2017 perlu menerapkan strategi multiplication of authrority, yakni adanya t [ ... ]


Nasional
Tony Abbott Resmi Dilantik sebagai Perdana Menteri Australia
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Tony Abbott disumpah sebagai Perdana Menteri Australia yang baru pada Rabu, secara resmi mengakhiri pemerintahan Partai Buruh --yang sudah berjalan selama enam tahun, dengan janji dari pihak Konser [ ... ]


Jepang dan Vietnam Meningkatkan Kerjasama Pertahanan
18/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh kemarin pagi (16/9/2013) menerima kunjungan Menteri Pertahanan Jepang Onodera Itsunori di Markar Besar Kementerian Pertahanan Vietnam. Kedua pihak bert [ ... ]


Asia
Aktivis Singapura Menolak Peningkatan Jumlah Imigran
19/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Walaupun penduduk Singapura sedikit ini tidak berarti tidak ada masalah di sana. Ternyata sedikitnya penduduk Singapura dengan proporsi populasi golongan manula semakin meningkat mengkhewatirkan Pemer [ ... ]


Ekonomi Vietnam Mendorong Negaranya Melakukan Devaluasi Mata Uang
07/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Menurut Harian Investment Report Vietnam, pimpinan perusahaan ekspor dan para ahli ekonomi Vietnam berpendapat, selama dua tahun ini Vietnam terus mempertahankan kestabilan kurs mata uang Repee V [ ... ]


Asia Tenggara
Kebijakan PM Jepang, Shinzo Abe Mengenai Pasukan Bela Diri Jepang Membuat Kontroversi
16/09/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Shinzo Abe kemarin (12/9/2013) di Tokyo mengatakan akan mendorong pembahasan terkait hak bela diri kolektif. Hal ini tentu akan merubah Undang-Undang Dasar sebelumnya yang hanya dipe [ ... ]


Korea Utara Protes Standar Ganda AS Atas Peluncuran Roket Korea Selatan
02/02/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara hari ini (2/2) ketika menjawab pertanyaan Kantor KNCA mengecam standar ganda dan logika perampok AS yang membela peluncuran roket Naro-1 Korea Selatan s [ ... ]


Asia Timur
Human Right Watch (HRW) Menilai Aparat Keamanan Mesir Telah Lakukan Pelanggaran HAM
25/08/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Human Right Watch (HRW) menyatakan menginvestigasi pembubaran aksi duduk Ikhwanul Muslimin di Rabba al Adawiya di Nasr City dan Lapangan Nahda di Giza yang kemudian dipublikasikan di laporannya di [ ... ]


Inggris Akan Menarik Separuh Tentaranya Dari Afghansitan pada Tahun 2013
21/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Inggris akan menarik 3.800 personel militer dari Afghanistan pada tahun 2013, dan menarik semua personel pada tahun 2014.

Perdana Menteri Inggris Cameron menyatakan hal ini di hadapan Majelis Rendah. D [ ... ]


Timur Tengah
Massa Islam Indonesia Kutuk Pembantaian Militer Mesir
30/07/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Sejumlah organisasi massa Islam di Indonesia berkumpul dan mengecam pembantaian yang dilakukan oleh militer Mesir terhadap sipil pengunjuk rasa pendukung mantan Presiden Muhamed Moursi. "Kami menge [ ... ]


Krisis Politik di Afrika Tengah Mendorong Perekrutan Anak-Anak Menjadi Serdadu
06/01/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Dewan Keamanan PBB kemarin (4/1) dalam pernyataan menekankan bahwa tidak boleh menyelesaikan krisis Republik Afrika Tengah melalui jalur militer, dan mengimbau berbagai pihak bentrokan itu mengupayaka [ ... ]


Afrika
Indonesia Dorong Kerjasama dengan Negara-Negara Amerika Latin Melalui FEALAC
20/04/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

FEALAC memiliki peran yang sangat strategis dalam mendorong peningkatan hubungan kerjasama perdagangan antara Indonesia dan negara-negara di kawasan Amerika Latin. Sebagai salah satu pendiri FEALAC [ ... ]


Polisi Meksiko Menghadapi Perang Antar Kartel Narkoba
10/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Perang antar kartel narkoba di Meksiko telah meluas, polisi semakin sering menemukan mayat demi mayat para korban persaingan antar kartel dinegara yang paling rawan pengedaran obat bius tersebut.

Gabri [ ... ]


Amerika Latin
Krisis Fiskal, Pemerintahan Amerika Serikat 'Shutdown'
03/10/2013 | Tim Admin Indonesian Voices

Pembicaraan antara Presiden Barack Obama dengan para pemimpin Republik gagal mengakhiri penghentian operasi pemerintah AS (shutdown).  Kedua kubu saling menuduh menolak mundur dari posisinya.

Oba [ ... ]


Direktur CIA, Jenderal David Petraeus Mengundurkan Diri
12/11/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada Jumat menerima pengunduran diri David Petraeus, direktur Central Intelligence Agency (CIA), menurut pernyataan dari Gedung Putih.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluar [ ... ]


Amerika Serikat
Krisis Gas di Eropa, Presiden Vladimir Putin Menjamin Pasokan Gas ke Eropa Aman
21/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Moskow akan menjamin pasokan yang stabil dan mulus gas alam untuk pelanggan di Eropa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Senin (22/10/2012). Pernyataan ini menjadi jaminan setelah Eropa dilanda  [ ... ]


Penghematan Pemerintah Yunani di Lawan Unjuk Rasa Massa
18/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Salah satu pengunjuk rasa meninggal karena serangan jantung dalam bentrokan yang meletus pada hari Kamis (18/10/2012) di pusat Athena pada akhir pawai anti-penghematan yang diselenggarakan oleh serika [ ... ]


Eropa Barat
Vladimir Putin Utarakan Kebijakan Dalam dan Luar Negerinya Kepada Para Wartawan
22/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis (20/12/2012) mengadakan konferensi pers tentang isu-isu domestik besar dan hubungan luar negeri dalam 12 tahun dan yang kali pertama dilakukannya sejak  [ ... ]


Konflik Rusia – Ukraina : Rentannya Stabilitas Energi Uni Eropa
04/12/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Oleh : Rosita Dewi

Masih terekam jelas dalam ingatan kita bahwa konflik antara Rusia dan Ukraina menyebabkan terjadinya ketidaklancaran pasokan gas dari Rusia ke Uni Eropa (UE) sebagai primary consumer [ ... ]


Eropa Timur
Kebangkitan Nasional 20 Mei Masih Relevan Sampai Masa Kini dan Masa Akan Datang
23/05/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Masa-masa penjajahan yang panjang bagi bangsa Indonesia telah menjadi cambuk keras bagi bangsa Indonesia untuk sadar tentang harga diri dan martabat bangsa. Bahwa bangsa Indonesia tidak mau lagi terj [ ... ]


Penyelesaian Masalah Papua Seharusnya Bukan dengan Pendekatan Keamanan
29/10/2011 | Tim Admin Indonesian Voices

LSM Imparsial menyebutkan dalam bulan Oktober ini eskalasi kekerasan meningkat di tiga daerah di Papua. Tiga daerah itu yakni, pertambangan Freeport (Timika), Padang Bulan (Abepura) dan di Mulia (Punc [ ... ]


Memperkokoh NKRI
Rusia Memperkuat Militernya dengan Peningkatan Jumlah Kapal Selam untuk Angkatan Laut
01/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Rusia sudah mulai mengembangkan pengaruh militernya untuk menyeimbangkan dengan penggelaran militer AS pada banyak lokasi di dunia. Upaya Rusia untuk menyeimbangkan kekuatan AS tersebut dengan peningk [ ... ]


Putin Belum Berencana Menghapuskan Wajib Militer
07/02/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, yang membuat ulang sebuah situs yang dikelola sebagai bagian dari kampanye calon presiden Rusia, menyatakan keraguan pada hari Senin (6/2/2012) bahwa Rusia akan d [ ... ]


Perkembangan Militer
AS Akan Menepatkan Littoral Combat Ship (LCS) di Singapura
04/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

Singapura telah secara prinsipal menyetujui penempatan empat buah kapal Littoral Combat Ship (LCS) oleh AS di Singapura. Kapal tempur tersebut untuk yang pertama akan ditempatkan pada triwulan kedua [ ... ]


ASEAN Fondation Bisa Menjadi Momentum Mewujudkan ASEAN yang Bermanfaat
29/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices

“ASEAN yang berorientasi pada masyarakat adalah ASEAN yang bermanfaat dan relevan bagi kehidupan sehari-hari, di tengah partisipasi aktif masyarakat. Satu tugas baru ASEAN Foundation, tidak cuku [ ... ]


ASEAN
TERBARU

Sejarah Kemerdekaan

Upaya Belanda Mempengaruhi Inggris Untuk Kembali Menjajah Indonesia dalam Civil Affairs Agreement
Tim Admin Indonesian Voices

Konferensi Singapura merupakan pelaksanaan bidang militer dan kebijakan Sekutu di Asia Fasifik. Sebenarnya dari mengupas apa yang terjadi pada saat itu kita akan mendapatkan berbagai hal yang terkait  [ ... ]


Pemberontakan Tentara KNIL yang Masih Setia Pada RI, Tahun 1945 di Sulawesi Selatan
Tim Admin Indonesian Voices

Pergolakan perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan RI di Sulawesi Selatan mempunyai cerita yang heroik juga. Kalau di Jawa banyak dari mantan Haiho dan PETA untuk kemudian menjadi pendukung perju [ ... ]


Perjuangan Melawan NICA dan Sekutu di Kotawaringin, Kalimantan Barat, 1945
Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pergolakan di Kotawaringin, Kalimantan Barat, antara para Pejuang RI dengan NICA yang dibantu Sekutu sangat tinggi intensitasnya, boleh dikatakan sangat sengit. Australia yang mendukung penjajah B [ ... ]


Agresi Militer Belanda Pertama Tahun 1947 dan 1948
Tim Admin Indonesian Voices

Tentara Sekutu baru datang ke Indonesia untuk menerima penyerahan tentara Jepang pada awal Oktober 1945. Di Sumatera dan Jawa
oleh tentara Inggris dan di Indonesia Timur oleh Australia. Tugas Sekutu ad [ ... ]


Peran PMI Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
Tim Admin Indonesian Voices

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. PMI selalu berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar Gerakan In [ ... ]


Sejarah Kemerdekaan

Internasional

Hukuman Mati Pengadilan Mesir Terhadap Tahanan Politik Melanggar HAM
17/04/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) menegaskan keputusan pengadilan Mesir melanggar tiga prasyarat vonis mati dari perspektif HAM. Pasalnya, kasus utama di Mesir merupakan perbedaan sik [ ... ]


Barack Obama Menawarkan Perubahan Pengawasan Telepon Domestik
18/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Presiden AS Barack Obama pada hari Jumat (17/01/2014) menawarkan serangkaian perubahan kepada Badan Keamanan Nasional ( NSA ) mengenai praktek pengawasan yang sekarang ini sangat kontroversial, tuju [ ... ]


Korea Utara Protes Latihan Militer Korea Selatan dan AS
17/01/2014 | Tim Admin Indonesian Voices

Komisi Pertahanan Korea Utara (Korut) kemarin (16/1) mengusulkan kepada Korea Selatan (Korsel) untuk menghentikan segala aksi permusuhan dan mencegah terjadinya perang nuklir. Korut mengusulkan k [ ... ]


Isu Internasional

Ekonomi

BUMN dan BUMS yang Beroperasi di Timor Leste Bentuk Asosiasi
Tim Admin Indonesian Voices

Pimpinan dan perwakilan BUMN dan BUMS yang mewakili operasi bisnis di Timor-Leste (TL) menyepakati pembentukan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Timor-Leste. Kesepakatan tersebut disetujui secara aklam [ ... ]


Minyak Sawit Indonesia Bisa Mendominasi Pasar Minyak Nabati Dunia
Tim Admin Indonesian Voices

Permintaan Minyak Sawit Indonesia akan terus meningkat dan ditengarai akan semakin mendominasi pasar dunia. Hal ini menjadi topik hangat dalam pembahasan bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia D [ ... ]


Bangun Industri yang Berkelanjutan adalah Strategi Mutlak
Tim Admin Indonesian Voices

Memanfaatkan momentum yang ada, Direktorat Perdagangan, Perindustrian, Investasi, dan HKI (PPIH) bekerjasama dengan Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI Wina menyelenggarakan Workshop Internasional berte [ ... ]


KPK Mengendus Kerugian Negara 6,7 Triliun pada Eksplorasi Batubara
Tim Admin Indonesian Voices

KPK mengindikasi adanya kerugian negara sebesar Rp6,7 trilun dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mineral dan batubara, seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di gedung [ ... ]


Walaupun Di Uni Eropa dan AS Krisis Ekonomi, tetapi Ekonomi Di Asia Sampai Penghujung Tahun 2012 Tetap Stabil
Tim Admin Indonesian Voices

Seakan menantang ramalan para ekonom Un Eropa yang akan memperkirakan krisis Uni Eropa akan berdampak besar bagi Asia, tetapi faktanya sampai penghujung tahun 2012, sejumlah negara emerging market  [ ... ]


Redonominasi Untuk Melindungi Mata Uang Rupiah
Tim Admin Indonesian Voices

Oleh Heri Hidayat Makmun Pemerintah akan melakukan pengamanan rupiah, salah satunya adalah redenominasi mata uang rupiah. Redenominasi ini adalah untuk menghapus tiga angka nol, yaitu Rp 1.000 menj [ ... ]


Isu Ekonomi Lainnya


Latest News

Popular

Pariwisata Indonesia

Keindahan Pantai Kuta Bali
22/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Pantai Kuta merupakan salah satu pantai di Bali yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domistik maupun mancanegara. Keindahan Pantai Kuta Bali yang mempesona. Photo : tourism.indonesianvoic [ ... ]


Festival Krakatau XII Tahun 2012 di Lampung Sangat Semarak
06/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Festival Krakatau adalah even pariwisata berupa seni, budaya, dan promosi keindahan alam di Provinsi Lampung. Festival ini merupakan event yang digelar dengan tujuan untuk promosi kebudayaan da [ ... ]


Kebun Sayur di Kecamatan Cianjur, Jawa Barat
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Perkebunan sayur yang berada di pegunungan di Kabupaten Cianjur. Lokasi yang tinggi, suhu dingin dan lahan yang subur menyebabkan tumbuhan sayaur dapat tumbuh dengan subur di kawasan ini. Selain seb [ ... ]


Tari Siger Penguntin pada Festival Krakatau 2012
12/10/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Lampung memiliki banyak sekali ragam budaya, sikap dan budaya masyarakat yang plural telah sangat terbuka dengan kedatangan suku lain ke Provinsi ini. Sikap terbuka ini dilambangkan dalam sebuah tar [ ... ]


Sungai Komering di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan
01/09/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sungai Komering adalah sungai yang berasal dari hulu di barat pulau Sumatra dan bermuara di timur Palau Sumatra di Provinsi Sumatra Selatan. Sungai ini melalui beberapa kabupaten di provinsi yang memi [ ... ]


Pariwisata Indonesia

Budaya Indonesia

Para Pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara
07/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Sunda Kelapa adalah nama sebuah pelabuhan dan tempat sekitarnya di Jakarta, Indonesia. Pelabuhan ini terletak di kelurahan Penjaringan, kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Sejarah pelabuhan ini s [ ... ]


Rumah Adat Komering, Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan
17/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Suku Komering adalah satu klan dari Suku Lampung yang berasal dari Kepaksian Sekala Brak yang telah lama bermigrasi ke dataran Sumatera Selatan pada sekitar abad ke-7 dan telah menjadi beberapa Kebuay [ ... ]


Patung Garuda Wisnu Kencana di Kuta Bali
07/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Patung Garuda Wisnu Kencana berlokasi di Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali. Patung ini merupakan karya pematung terkenal Bali, I Nyoman Nuarta. Monumen ini dikembangkan sebagai taman budaya dan menjadi  [ ... ]


Uang Lama 10 Rupiah Cetakan Dai Nippon Jepang
29/06/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Saat menjajah Indonesia, pemerintah Jepang (Dai Nippon) membuat UU No. 2 tanggal 8 Maret 2602 (tahun Jepang Kooki atau tahun 1942) tentang mata uang. Semua mata uang yang ada digantikan oleh uang ker [ ... ]


Suku Baduy di Banten
23/01/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

 Suku Baduy di Banten yang masih tinggal di pedalaman dan hidup dengan car-cara yang masih tradisional. "Hutan adalah rumah kami". Itu merupakan semoyan mereka untuk bertahan di pedalaman hutan.  [ ... ]


Budaya Batik sebagai Warisan Kemanusiaan Nusantara
23/08/2012 | Tim Admin Indonesian Voices
article thumbnail

Batik tidak sekedar kain bermotif, tetapi sudah menjadi ciri khas budaya nusantara. Dalam literatur internasional, teknik yang biasa di pakai para pengrajin di Yogyakarta ini dikenal sebagai wax-resi [ ... ]